x

Mulai Kalah, Dapatkah Klopp Berikan Gelar Liga Primer Pertama untuk Liverpool?

Minggu, 6 Januari 2019 20:41 WIB
Editor: Juni Adi
Liverpool saat merayakan kemenangan melawan Wolves

INDOSPORT.COM - Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, Liverpool mulai berubah menjadi klub menakutkan sejak diambil latih oleh Jurgen Klopp pada tahun 2015 silam.

Ditangan pria asal Jerman itu, permainan Liverpool berubah lebih enerjik dengan trio mautnya di lini depan yakni Roberto Firmino, Mohamed Salah, dan Sadio Mane.

Ketiganya berhasil membawa The Reds tampil perkasa musim ini di ajang Liga Primer Inggris. Bahkan, yang bermarkas di Stadion Anfield itu jadi salah satu tim yang difavoritkan juara.

Baca Juga

Hal tersebut dikarenakan, Liverpool berhasil mempertahankan puncak klasemen dengan catatan fenomenal, yaitu tanpa kekalahan hingga Natal atau pekan ke-20.

Namun konsistensi Liverpool sebagai kandidat juara mulai goyah. The Reds gagal melanjutkan torehan impresifnya itu, ketika bertemu Manchester City di pekan ke-21.

Benjamin Mendy melakukan selebrasi bersama Sergio Aguero, Bernardo Silva dan Ilkay Gundogan
Baca Juga

Bermain di Etihad Stadium, anak asuh Jurgen Klopp takluk dengan skor 2-1, pada Jumat (04/01/19). Meski begitu, Liverpool tampil cukup baik.

Mereka sempat menyamakan kedudukan menjadi 1-1, sebelum akhirnya Leroy Sane mencetak gol kemenangan untuk The Citizens.

Kekalahan ini pun membuat publik mulai sedikit ragu, kalau Liverpool bisa mempertahankan puncak klasemen dan meraih gelar Liga Primer Inggris pertamanya.


1. Kutukan Natal

Roberto Firmino berselebrasi usai mencetak gol.

Mulai merasakan kekalahan tentunya membuat Liverpool juga merasa takut, jika kutukan natal kembali mereka alami.

Sebelumnya, Liverpool sempat melewati natal atau paruh musim sebagai pemuncak klasemen di musim 2008/09 dan 2013/14. Namun seperti mendapat kutukan, mereka gagal mengakhiri kompetisi sebagai juara di dua kesempatan tersebut.

Liverpool kalah dari Manchester United pada musim 2008-2009, sementara pada musim 2013-2014 mereka harus finis di bawah Manchester City.

Baca Juga

Kini, Liverpool tentu tidak ingin kegagalan tersebut kembali mereka ulangi, pada kesempatan ketiga ini dan bertekad untuk mengkahiri puasa gelar liga domestik, yang terakhir kali diraihnya pada tahun 1990 silam.

Meski telah merasakan kekalahan untuk pertama kalinya, namun harapan The Kop untuk meraih gelar juara Liga Primer Inggris musim ini masih tetap ada.

Sebab saat ini mereka masih memuncakli klasemen sementara, dengan koleksi 54 poin hasil dari 17 kali kemenangan dan tiga kali hasil imbang. Mereka terpaut empat poin dari pesaing terdekatnya, Manchester City diurutan kedua.

LiverpoolJurgen KloppLiga Primer InggrisLiga Inggris

Berita Terkini