x

3 Klub Besar yang Sukses Pertahankan Bintang Asingnya di Liga 1 2019

Rabu, 16 Januari 2019 08:47 WIB
Editor: Coro Mountana
Logo Klub Liga 1 2019

INDOSPORT.COM – Tak bisa dipungkiri jika pemain asing adalah salah satu cara instan untuk meningkatkan peforma sebuah klub. Oleh karena itu, tak mengherankan banyak tim Liga 1 berlomba-lomba merekrut pemain asing yang menjadi incarannya.

Pemain asing di Liga Indonesia suka tidak suka menjadi sosok yang sangat didewakan karena dianggap memiliki kualitas diatas pemain lokal. Akibatnya, banyak pemain asing banyak yang dibuang begitu saja ketika kualitasnya ternyata tak beda jauh dengan pemain lokal.

Baca Juga

Di bursa transfer Liga 1 2019 sendiri sudah banyak klub yang mendepak para pemain asing yang mengabdi sejak musim lalu. Para pemain asing yang terkena imbas dari ‘bedol desa’ itu dikarenakan tidak mampu bermain sesuai ekspektasi dari manajemen.

Eksodus besar-besaran di Liga 1 juga terjadi pada 3 klub besar Liga Indonesia yang terpaksa harus mengevaluasi kinerja pemain asingnya agar dapat bersaing di musim depan. Untuk tiga klub besar itu, banyak juga pemain asing yang sebenarnya layak untuk bertahan tetapi memilih pindah ke klub lain.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT mencoba untuk mengulas 3 klub besar yang sukses pertahankan pemain asingnya di Liga 1 2019.


1. Persija Jakarta

Pemain Persija Jakarta, Marko Simic saat mengangkat Tropi.

Juara bertahan Liga 1 2018, Persija Jakarta termasuk dalam peserta yang melakukan perombakan besar-besaran menjelang musim berikutnya dimulai. Meski berhasil menjadi juara Liga 1, ternyata mereka juga mendepak sejumlah bintang asingnya.

Baca Juga

Satu-satunya pemain asing yang sukses dipertahankan adalah Marko Simic yang berposisi sebagai ujung tombak serangan. Menjadi andalan di ajang Liga 1 dan Piala AFC, Marko Simic mencatatkan capaian yang sangat impresif.

Berdasarkan data dari Transfermarkt, Simic telah bermain dalam 37 pertandingan di berbagai kompetisi. Dirinya juga tercatat telah mencetak 26 gol yang tentunya sangat diharapkan oleh Persija Jakarta agar perbendaharaan golnya dapat terus meningkat.


2. Persib Bandung

Striker Persib Bandung, Ezechiel Ndouassel.

Berbeda dengan Persija Jakarta yang hanya mampu mempertahankan satu bintang asingnya saja, Persib Bandung justru berhasil menahan kepergian 2 pemain asing sekaligus yaitu Ezechiel N’Douassel dan Bojan Malisic.

Bahkan penyerang berkebangsaan Chad, Ezechiel N’Douassel sudah bertahan di Persib Bandung sejak musim 2017. Total selama dua musim bermain di Persib Bandung, penyerang yang sempat mendapat julukan sebagai ‘Aliando’ itu berhasil mencetak 21 gol dalam 36 pertandingan.

Baca Juga

Sementara itu Bojan Malisic yang masuk dalam pemain asing yang bertahan di Persib Bandung itu merupakan batu karang yang sangat kokoh di lini pertahanan. Saking vitalnya permainan dari Malisic, dirinya sering dimainkan sebagai pemain utama dalam 26 pertandingan.


3. PSM Makassar

Wiljam Pluim melakukan selebrasi usai berhasil mencetak gol pertama saat melawan PSIS Semarang.

Tiga klub besar saat ini di Indonesia ditutup oleh PSM Makassar yang konsisten selalu berada di jalur persaingan juara dalam dua musim terakhir. Prestasi selalu berada di papan atas nyatanya tak lepas dari dua pemain asing yang sudah mengabdi setia pada PSM Makassar yaitu Wiljan Pluim dan Marc Klok.

Wiljan Pluim merupakan pemain yang sempat merasakan atmosfer Liga Belanda, oleh karena itu gaya permainannya sangat tenang sebagai tanda bahwa ia sudah makan banyak asam garam. Bermain dalam 61 pertandingan dengan torehan 17 gol dan 19 assists dalam 2 musim adalah buktinya.

Baca Juga

Setali tiga uang, Marc Klok adalah teman setia Wiljan Pluim di PSM Makassar sejak dua tahun yng lalu. Bermain dalam 57 laga dengan catatan 10 gol sudah cukup membuat pecinta sepak bola Indonesia meminta Marc Klok untuk mengikuti program naturalisasi agar bisa membela Timnas Indonesia kelak.

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Liga 1 dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM.

Bursa TransferPersib BandungPersija JakartaPSM MakassarLiga IndonesiaLiga 1Ezechiel N'DouasselMarko SimicWillem Jan PluimTRIVIA

Berita Terkini