x

4 Fakta Mencengangkan Godstime Ouseloka, Calon Pemain Naturalisasi PSSI

Rabu, 16 Januari 2019 16:52 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT.COM – Induk sepak bola Indonesia, PSSI, sedang mengurus proses naturalisasi pemain asal Nigeria, Godstime Ouseloka Egwuatu atau biasa dipanggil Olisa.

Kabar proses naturalisasi tersebut diketahui melalui rilis Kemenpora saat Rapat pimpinan (Rapim) pembahasan persiapan Raker dengan Komisi X DPR RI pada Senin (14/01/19) di Ruang Rapat Lantai 10 Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta.

"Rapat ini untuk menyiapkan bahan-bahan sebelum kita rapat dengan DPR RI minggu ini tentang evaluasi penyelenggaraan Asian Games, Asian Para Games, serta rencana naturalisasi kewarganegaraan pemain sepak bola Egwuatu Godstime Ouseloka dari Nigeria," ujar Menpora Imam Nahrawi dikutip dari rilis yang diterima portal berita olahraga INDOSPORT.

Baca Juga

Imam Nahrawi sempat mengutarakan pendapatnya soal proses naturalisasi yang akan dilakukan oleh PSSI. Ia berharap pemain tersebut masih produktif dan dapat berkontribusi untuk negara.

“Demikian pula untuk PSSI untuk memberikan pertimbangan jika ingin menaturalisasi pemain harus betul-betul masih produktif dan ujungnya untuk memperkuat Timnas Indonesia," tambahnya.

Nama Godstime Ouseloka memang terasa asing di kancah sepak bola Indonesia. Namun demikian, ia pernah berkiprah di Divisi Utama atau sekarang Liga 2 saat masih diperbolehkan menggunakan jasa pemain asing.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkum 4 fakta mencengangkan Godstime Ouseloka.


1. Sempat ke Aceh United

Aceh United

Godstime Ouseloka sempat dibidik oleh Aceh United untuk mengarungi Liga 2 2018 lalu. Saat itu, ia masih berstatus pemain asing dan baru akan menjalani proses naturalisasi.

Tidak hanya sendiri, pemain yang kerap disapa Olisa itu ditargetkan oleh Aceh United bersama dua pemain calon naturalisasi lainnya, yakni Osas Saha dan Cristian Alejandro Febre Santis asal Chile.

Presiden klub Aceh United, H M Zaini Yusuf, pernah mengungkapkan upayanya agar Olisa, Osas Saha dan Cristian bisa menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Baca Juga

"Saya sedang mengurus Olisa dan Osas Saha asal Nigeria serta Cristian Alejandro asal Chile agar menjadi WNI di Kemenkumham. Kalau mereka berhasil saya urus, maka ketiganya akan main di Aceh United," ujarnya pada Rabu (21/02/18) silam dikutip dari situs berita Antara Aceh.

"Mereka sudah menikah dengan wanita Indonesia, mempunyai anak, dan sudah tinggal di Indonesia lebih 10 tahun."


2. Bawa Persebaya DU Juara

Caption

Godstime Ouseloka tercatat pernah bermain untuk klub Divisi Utama (Liga 2) Persebaya Surabaya DU pada musim 2013. Ia sukses membawa timnya juara pada waktu itu.

Baca Juga

Persebaya DU sukses promosi ke kasta tertinggi bersama Perseru Serui dan Persik Kediri. Dulunya klub yang kini berganti nama menjadi Bhayangkara FC itu diperkuat pemain asing, di antara Godstime Ouseloka dan Jean Paul Boumsong yang bertindak sebagai top skor dengan 18 gol.

Selain itu, Godstime Ouseloka diketahui juga pernah memperkuat PSBK Blitar dan PSMS Medan pada musim kompetisi 2014.


3. Beristri Orang Medan

Aceh United

Godstime Ouseloka telah lama berada di Indonesia sehingga sudah memenuh salah satu syarat untuk bisa dinaturalisasi. Selain itu, ia juga memiliki istri orang Medan.

Pemain kelahiran Nigeria yang berposisi sebagai bek tengah itu pernah menyatakan komitmennya untuk Aceh United saat dibidih oleh klub yang pada Liga 2 2018 gagal di babak 8 besar.

Baca Juga

"Saya siap membantu Bapak Zain memperkuat Aceh United dan meraih target promosi ke Liga I," ujar bek bertinggi 186 itu dikutip dari situs resmi Aceh United (20/02/18) silam.


4. Tercatat di Situs Kemenristekdikti

Universitas Budi Luhur.

Egwuatu Godstime Ouseloka ternyata tidak hanya beredar di kancah sepak bola Indonesia. Namanya juga tercatata di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PPDIKTI) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Olisa tercatat pernah mengenyam pendidikan di Universitas Budi Luhur pada tahun 2012. Ia mengambil program studi Ilmu Hubungan Internasional S-1.

Baca Juga
Godstime Ouseloka tercatat di situs PPDIKTI

Godstime Ouseloka tercatat hanya aktif selama satu semester. Ia kemudian mengambil cuti dan mengundurkan diri pada tahun berikutnya.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

NigeriaPSSINaturalisasiOsas SahaLiga IndonesiaAceh UnitedTRIVIA

Berita Terkini