x

3 Alasan Kalidou Koulibaly Layak Jadi 'The Next Nemanja Vidic' Bagi Manchester United

Kamis, 17 Januari 2019 19:17 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Koulibaly dekat Ke Manchester United

INDOSPORT. COM - Klub sepak bola Liga Primer Inggris, Manchester United pada musim 2018/19 mengalami masalah serius di lini pertahanannya. Hal itu bisa terlihat dalam perolehan Manchester United pada tabel klasemen.

Setan Merah yang kini menempati urutan enam klasemen memiliki angka torehan kebobolan yang terbilang cukup banyak. Buktinya, dari 22 laga Liga Primer Inggris yang telah dijalani, Manchester United telah 32 kali menderita kebobolan.

Angka ini bahkan lebih buruk dari Newcastle United yang berada di zona degradasi. Newcastle United saja hingga laga pekan ke-22 jumlah kebobolannya berada di angka 31.

Baca Juga

Manchester United sendiri belakangan memang menunjukan peningkatan. Sudah dalam dua laga terakhir, Manchester United di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer berhasil mencatatkan clean sheet.

Meski demikian, Manchester United tetap wajib membenahi kekurangan di lini belakangannya tersebut. Pembelian bek baru, seperti penggawa Napoli, Kalidou Koulibaly jadi opsi yang cukup menjanjikan.

Baca Juga

Terlebih Koulibaly punya kapabilitas mumpuni. Bahkan jika merapat ke Manchester United, Koulibaly layak menyandang status 'The Next Nemanja Vidic'.

Lalu, apa saja kira-kira alasan yang membuat Koulibaly layak menjadi 'The Next Nemanja Vidic' bagi Manchester United? Portal berita olahraga INDOSPORT mencoba mengulasnya ke dalam pembahasan singkat berikut ini.


1. Kekuatan Fisik

Kalidou Koulibaly, bek milik Napoli.

Dahulu, Manchester United memiliki seorang bek tangguh di dalam diri Nemanja Vidic. Sosok Vidic terkenal sebagai bek tahan banting yang memiliki kekuatan fisik mumpuni.

Bahkan Vidic tak ragu untuk beradu badan dengan lawannya demi bisa mengamankan jala gawang MU dari kebobolan. Sosok seperti Vidic itulah yang sampai saat ini belum hadir lagi di lini belakang Setan Merah.

Baca Juga

Jika Koulibaly merapat, sepertinya kekosongan itu akan bisa kembali terisi. Apalagi, Koulibaly punya kemampuan yang tak kalah baiknya dibanding Vidic soal kekuatan fisik.

Sebagai bukti, Koulibaly sepanjang kariernya hanya 12 pertandingan saja absen akibat cedera. Sisanya, Koulibaly tetap mampu menjaga kebugaran fisik dan selalu bisa diandalkan timnya.

Baca Juga

Soal tinggi badan, Koulibaly bahkan lebih mumpuni ketimbang Vidic. Jika Vidic memiliki tinggi badan 184 cm, Koulibaly mampu unggul dengan 187 cm.


2. Kemampuan Bertahan

Kalidou Koulibaly saat menghadang pemain lawan.

Vidic dahulu jelas menjadi salah satu bek tertangguh yang pernah dimiliki Manchester United. Perannya di lini belakang bahkan mampu membawa Setan Merah menjuarai dua gelar sekaligus, yakni Liga Primer Inggris dan Liga Champions pada musim 2007/08.

Kelebihan Vidic dalam melakukan pertahanan ialah pengambilan keputusan yang tepat dan tingkat agresifnya. Ia tak jarang melakukan sapuan bersih yang terlihat berbahaya namun ternyata sangat bersih.

Baca Juga

Koulibaly pun nampak memiliki kemampuan serupa. Koulibaly juga punya ketenangan dan agresivitas yang mampu mengintimidasi pemain lawan. Ia bahkan kini mulai disegani sebagai salah satu bek berkelas di dunia bersama Napoli.

Jika Koulibaly jadi merapat, Manchester United tentu tak perlu lagi menahan rindu akan kualitas Vidic di masa lampau. Pasalnya, Koulibaly diyakini punya kapablitas yang setara atau bahkan melebihi Vidic.


3. Kepemimpinan

Kalidou Koulibaly (Napoli).

Manchester United dahulu selalu punya sosok pemimpin di barisan lini belakang. Setelah Rio Ferdinand, Setan Merah memiliki sosok pemimpin lainnya yakni Nemanja Vidic.

Kebetulan, Ferdinand dan Vidic merupakan duet bek tangguh MU pada masanya. Jadi, kekuatan lini belakang Manchester United kala itu kualitasnya jelas tak perlu ditanyakan lagi.

Koulibaly sendiri punya jiwa pemimpin juga sama seperti Vidic. Meski belum didaulat sebagai kapten utama Napoli, jiwa kepemimpinan Koulibaly sangat terlihat jelas dalam gestur tubuhnya kala bertanding.

Ia kerap memberikan motivasi kepada rekan-rekannya dari lini belakang. Saat menghadapi pertandingan yang penuh tekanan, Koulibaly tetap mampu tampil tenang dan menjaga peformanya.

Baca Juga

Kapabilitas inilah yang menjadikan Koulibaly layak untuk disebut 'The Next Nemanja Vidic'. Jiwa kepemimpinannya yang seakan terbentuk secara alami akan sangat bermanfaat untuk menambah kekuatan lini belakang Setan Merah.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya di INDOSPORT.COM

Manchester UnitedNapoliNemanja VidicKalidou KoulibalyLiga InggrisTRIVIA

Berita Terkini