x

5 Momen Olahraga Dunia yang Bersamaan dengan Debat Capres 2019

Kamis, 17 Januari 2019 14:59 WIB
Editor: Rafif Rahedian

INDOSPORT.COM – Seperti yang diketahui, 2019 menjadi tahunnya politik. Karena pada tahun ini, seluruh masyarakat Indonesia diharuskan memilih presiden untuk lima tahun ke depan. Karena kepemimpinan Joko Widodo dan Jusuf Kalla akan segera berakhir.

Pada hari ini, Kamis (17/01/19) malam, akan mempertemukan dua pasangan calon presiden dan wakil presiden, yakni Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, dalam acara debat capres perdana.

Bukan hanya debat capres 2019, namun tanggal 17 Januari juga menjadi momen spesial di dunia olahraga internasional. Oleh karena itu tanggal 17 Januari pun mendapatkan tempat tersendiri di hati penikmat olahraga.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT mencoba untuk merangkum lima momen olahraga dunia yang bertepatan dengan debat capres 2019, yang berlangsung pada malam ini.


1. 1. Korea Selatan dan Korea Utara Bersatu di Olimpaide Musim Dingin

Olimpiade Korea Utara dan Selatan

Korea Selatan dan Korea Utara memang diketahui memiliki tensi yang cukup tinggi dalam hal politik. Namun pada Olimpiade Musim Dingin 2018 lalu, keduanya memutuskan untuk bergabung menjadi sebuah tim.

Kedua negara ini menyepakati usulan untuk membentuk tim gabungan olahraga hoki es wanita. Ini pun menandakan bahwa hubungan Korea Selatan dan Korea Utara dalam keadaan baik-baik saja.

2. Hari Kelahiran Muhammad Ali

Tepat hari ini kelahiran Muhammad Ali

Seluruh penikmat olahraga tentunya mengenal sosok petinju ternama di dunia, Muhammad Ali. Bagaimana tidak, Muhammad Ali merupakan petinju fenomenal yang inspiratif, kontroversial dan sangat berpengaruh di dalam ring maupun di luar. Tak heran jika mendiang Muhammad Ali mendapatkan julukan The Greatest.

Bagi petinju terbaik di dunia tersebhut, tanggal 17 Januari 1942 menjadi hari yang special. Karena tanggal tersebut merupakan hari lahirnya Muhammad Ali di dunia. Oleh karena itu tanggal 17 Januari mendapatkan satu tempat di hati pecinta olahraga di seluruh penjuru dunia.


2. 3. Penonton Terbanyak di Liga Inggris

Ilsutrasi penonton terbanyak di Inggris

Tanggal 17 Januari juga memiliki arti bagi pecinta sepak bola Inggris. Karena pada tanggal tersebut, Liga Inggris mampu menciptakan rekor baru dalam hal jumlah penonton.

Pertandingan antara Manchester United vs Arsenal pun menjadi yang paling banyak di tonton penikmat sepak bola Inggris. Terhitung, sebanyak 83.260 penonton memadati Stadion Maine Road.

4. Pesepakbola Pertama yang Dihukum karena Unggahan Twitter

Ryan Babel, mantan striker Liverpool.

Pemain Liverpool Ryan Babel menjadi pemain sepak bola pertama yang didenda karena komentar yang diunggahnya di Twitter. Dia didenda 10 ribu pounds (Rp182 juta) karena mengunggah foto wasit Howard Webb yang mengenakan kaus Manchester United.

Karena beberapa saat sebelumnya, wasit Howard Webb dianggap memerikan keputusan yang merugikan Liverpool saat pertandingan kontra Manchester United. Sekedar informasi, Howard Webb memang salah satu orang yang menyukai permainan Manchester United.


3. 5. Oman Raih Torfi Pertama di Ajang Arabian Gulf Cup

Piala Teluk Arab.

Beralih ke dunia sepak bola, Timnas Oman nyatanya berhasil mencatatkan sejarah di ajang Arabian Gulf Cup pada 17 Janruai 2009 lalu. Karena pada tanggal tersebut, Oman berhasil menorehkan torfi pertama di Arabian Gulf Cup sepanjang sejarah negara.

Torehan itu mereka raih setelah berhasil menumbangkan Arab Saudi di partai puncak melalui drama adu penalti. Oman dan Arab Saudi sendiri sebelumnya mengakhiri pertandingan 0-0 hingga diharuskan mengakhiri laga lewat babak adu penalti.

Baca Juga

Sekedar infomrasi, Timnas Kuwait masih mendominasi ajang Arabian Gulf Cup. Pasalnya, ia telah berhasil keluar sebagai juara sebanyak 10 kali di ajang tersebut. Sementara itu, Arab Saudi dan Iraq menjadi negara kedua terbanyak yang berhasil menjadi juara dengan torehan tiga trofi.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT 

Korea SelatanMuhammad AliKorea UtaraLiga Primer InggrisOmanRyan BabelBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini