x

Kabar Marquee Player Liga 1 2017, Essien ke Australia Hingga Sissoko ke Liga Prancis

Kamis, 17 Januari 2019 11:10 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Isman Fadil
Michael Essien, Carlton Cole, Peter Odemwingie dan Mohamed Sissoko.

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola Indonesia sempat diramaikan dengan nama-nama tenar bintang dunia saat PT. Liga Indonesia Baru (LIB) menerapkan aturan marquee player di Liga 1 2017.

Nama-nama bintang sepak bola dunia mulai dari Michael Essiem, Mohamed Sissoko hingga Peter Odemwingie satu per satu merapat ke klub-klub Liga 1 2017.

Meski berlabel bintang, nyatanya karier para marquee player di Liga 1 tak semuanya berjalan mulus. Tak sedikit di antara mereka yang kemudian tak diperpanjang kontraknya, terlebih di kompetisi Liga 1 2018 aturan marquee player itu tak lagi diterapkan.

Baca Juga

Namun meski begitu tak semua marquee player gagal. Di antara mereka ada yang cukup sukses bahkan dipertahankan klubnya sepeti Wiljan Pluim, Douglas Packer, Paulo Sergio hingga Peter Odemwingie yang statusnya sebagai pencari bakat Madura United saat ini.

Yang gagal pun tak lantas meredup, di antara mereka yang kemudian meninggalkan Indonesia, justru bisa kembali meniti karier di benua Eropa.

Untuk itu berikut INDOSPORT.com merangkumkan kabar terbaru karier marquee player Liga 1 2017, khususnya mereka yang kini masih terus berkarier di luar kompetisi Indonesia. Berikut di antaranya.


1. Michael Essien

Michael Essien kala masih berseragam Persib Bandung.

Tak bisa dibilang yang terbaik, namun tak bisa dipungkiri bahwa nama Michael Essien merupakan marquee player yang paling mencuri perhatian di Liga 1 2017.

Tampil di 29 pertandingan dan mengemas lima gol, sayangnya karier Essien di klubnya saat itu Persib Bandung hanya bertahan satu musim. Setelah di lepas Persib, Essien yang tak lantas pensiun, hingga kini tak kunjung mendapatkan klub.

Namun kabar baru yang berhembus, Essien yang kini berusia 36 tahun dikabarkan semakin dekat dengan klub asal Sleandia Baru yang bermain di Liga Australia, Wellington Phoenix.

Klub yang pernah disambangi Bambang Pamungkas untuk trial itu dikabarkan sudah dalam tahap negosiasi akhir dengan Essien untuk membawanya segera bergabung sebelum ditutupnya jendela transfer.

Jika nantinya terwujud bergabung dnegan Wellington, maka karier Essien akan menjadi lebih bagus dibandingkan kompatriotnya sesama marquee player Persib Bandung Carlton Cole yang tak kunjung mendapatkan klub hingga akhirnya pensiun.


2. Mohamed Sissoko

Mohammed Sissoko cetak gol ke gawang Persegres Gresik United.

Jika Essien masi tahap negoisasi, marquee player  yang sempat memperkuat Mitra Kukar, Mohamed Sissoko justru secara resmi telah bergabung dengan klub divisi dua Liga Prancis FC Sochaux.

Mantan pemain yang pernah berkostum Liverpool dan Juventus itu didatangkan Sochaux dengan status bebas transfer setelah di lepas klub Liga hongkong Kitchee SC pada oktober 2018 lalu.

Usai kontraknya berkahir bersama Mitra Kukar pada desember 2017, karier Sissoko memang cenderung merosot meski dirinya sempat merasakan pindah klub ke Liga Meksiko bersama San Luis.

Di San Luis Sissoko hanya bermain delapan kali dan mengemas satu gol sebelum akhirnya hijrah ke Kitchee SC dan kemudian menyusul ke Sochaux.


3. Lain-lain

Juan Pablo Pino

Selain Essien dan Sissoko, beberapa mantan marquee player  Liga 1 juga diketahui baru mengalami perpindahan klub pada bursa transfer saat ini.

Misalnya eks marquee player Arema FC Juan Pablo Pino.Sempat berpindah ke Barito Putera hingga dilepas pada juli 2018. Pino yang sempat menganggur kini bergabung bersama klub Liga Meksiko yang bermain di kompetisi Categoria Primera A, Cucuta Deportivo.

Sementara itu gelandang berpaspor Prancis yang pernah jadi marquee player Sriwijaya FC Tijani Belaid juga baru saja hijrah ke klub Liga Qatar Al-Muhararaq.

Sebelum akhirnya ke Al-Muhararaq, Belaid sempat memperkuat Club Africain Tunisia. Termasuk juga merasakan Liga 1 2018 bersama Borneo FC.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persib BandungMitra KukarSriwijaya FCMichael EssienMohamed SissokoLiga IndonesiaArema FCLiga 1Juan Pablo Pino PuelloTijani BelaidMarquee PlayerTRIVIA

Berita Terkini