x

Negara Kurang Terkenal Ini Mampu Sumbang Pemain di Liga 1 Musim 2018 Lalu

Sabtu, 19 Januari 2019 21:32 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Negara Kurang Terkenal ini Pernah Sumbang Pemain di Liga 1 Musim 2018/19

INDOSPORT.COM - Gelaran kompetisi sepak bola kasta tertinggi Liga IndonesiaLiga 1 musim 2018 telah berakhir, namun sejumlah fakta dan data unik berhasil tercipta salah satunya adalah para pemain asing yang berasal dari negara yang sangat jarang di dengar.

Siapa dan dari mana sajakah pemain-pemain tersebut?

Seperti diketahui sebelumnya jika pada gelaran kompetisi Liga 1 musim lalu, mampu menyedot banyak pemain dari berbagai negara bahkan pemain dari negara yang kurang di dengar bagi sebagian masyarakat Tanah Air.

Sebagai contoh penyerang Persib BandungEzechiel N'Douassel yang diketahui berasal dari negara Chad sebuah negara yang sangat jarang terdengar bahkan mungkin baru pertama kali diketahui oleh para bobotoh.

Baca Juga

Dilansir dari berbagai sumber, diketahui jika Chad merupakan sebuah negara dari benua Afrika tepatnya pada bagian Afrika Barat dengan luas sekitar 1.284.000 km2.

Sepak bola di negara tersebut pun tak begitu maju, bahkan peringkat FIFA mereka jauh dibawah Indonesia dengan menempati urutan 175 dunia.

Tak hanya Ezechiel N'Douassel dan Negara Chad, beberapa negara yang kurang terdengar berikut nyatanya mampu menyumbang bintang sepak bola mereka di kasta tertnggi Liga Indonesia.

Lantas negara unik mana sajakah yang mampu menyumbang pemainya di Liga 1 musim lalu? Berikut tim INDOSPORT coba merangkumnya.


1. Namibia

Dua pemain asing PSMS Reinaldo Lobo (Brasil) dan Sadney Urikhob (Namibia).

Negara pertama adalah Namibia, sebuah negara kecil dari benua Afrika yang berhasil menyumbang satu pemain bernama Sadney Urikhob.

Bergabung bersama PSMS Medan, pemain berusia 27 tahun tersebut hanya mampu bertahan setengah musim dengan catatan 11 penampilan dan hanya mencetak sebiji gol.

Torehan minim itulah yang mungkin menjadi alasan manajemen untuk mendepak mantan pemain klub Thailand, BEC Tero Sasana tersebut.

Sebagai informasi, Namibia merupakan negara di kawasan Afrika dan saat ini tengah menempati peringkat 111 dunia, dengan capaian terbaik masuk di babak penyisihan grup Piala Afrika.


2. Sierra Leone

Ibrahim Conteh (kanan), pemain PSIS Semarang.

Negara berikutnya yang tak kalah unik dan jarang di dengar namun berhasil menyumbangkan pemainnya di Liga 1 adalah Sierra Leone, dengan pemain bernama Ibrahim Conteh.

Sebagai informasi, Sierra Leone merupakan negara dari benua Afrika dengan luas sekitar 71,740 km2. Hingga saat ini, Timnas Sierra Leone menduduki peringkat 115 ranking FIFA dengan capaian terbaik masuk babak penyisihan grup Piala Afrika.

Ibrahim Conteh sendiri merupakan pemain tengah yang musim lalu memperkuat tim promosi PSIS Semarang, ketenangan dalam bermain mampu membawa PSIS bertahan di Liga 1 musim depan.


3. Nepal

Rohit Chand pemain terbaik Liga 1 Indonesia.

Terakhir adalah Nepal, dan mungkin sudah cukup familiar bagi para pecinta Bollywood ataupun The Jakmania era 2000an. Sebab hanya ada satu pemain Nepal yang pernah merumput di Liga Indonesia dan tepatnya di Persija Jakarta dan PSPS Pekanbaru.

Adalah Rohit Chand, gelandang serba guna tersebut pertama kali mencoba peruntungannya di Liga Indonesia saat bergabung dengan PSPS Pekanbaru pada musim 2012/13.

Semusim kemudian, Persija Jakarta kepincut dan meminang dirinya. Sempat berpisah namun pada 2017 lalu Rohit Chand kembali ke pelukan Persija sekaligus membawa Macan Kemayoran meraih gelar juara Liga 1.

Baca Juga

Dirinya pun menjadi satu-satunya pemain asal Nepal yang pernah membawa tim yang ia bela meraih juara di luar negaranya sendiri, sekaligus pemain pertama Nepal yang meraih gelar pemain terbaik di kompetisi asing.

Nepal sendiri merupaka sebuah negara di Asia Selatan dengan luas sekitar 147,181 km2, dan saat ini sedang berada di peringkat 161 FIFA.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persib BandungPersija JakartaPSMS MedanPSIS SemarangLiga IndonesiaLiga 1Ezechiel N'DouasselTRIVIA

Berita Terkini