x

Edy Rahmayadi Mundur, Ini 3 Mantan Pemain Timnas yang Cocok Menggantikannya

Minggu, 20 Januari 2019 12:45 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Kurniawan Dwi Yulianto

INDOSPORT.COM - Edy Rahmayadi resmi mengundurkan diri dari jabatan Ketum PSSI. Berikut 3 mantan pesepak bola yang cocok menggantikannya. 

Kongres Tahunan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), diwarnai sebuah kejutan. Kejutan tersebut adalah Edy Rahmayadi resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketum PSSI. 

Padahal, sebelumnya Edy Rahmayadi pernah menyatakan bahwa ia tetap akan menjalankan tugasnya sebagai Ketum PSSI hingga masa jabatannya habis pada tahun 2020 mendatang. 

Mundurnya Edy Rahmayadi membuat Joko Driyono menggantikan tugasnya sebagai ketua. Namun, naiknya Joko Driyono dianggap belum menjadi revolusi di tubuh PSSI. 

Baca Juga

PSSI disebut membutuhkan sosok baru di posisi pimpinan. Berikut INDOSPORT merangkum 3 mantan pemain Timnas yang cocok menggantikan Edy Rahmayadi menjadi Ketum PSSI. 


1. Firman Utina

Firman Utina dalam jumpa pers APPI

Firman Utina merupakan sosok pertama yang cocok menjadi Ketum PSSI. Karena saat ini, Firman Utina sendiri adalah Presiden Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI). 

Firman Utina menjabat Presiden APPI sejak 2017 lalu dan masa jabatannya sendiri akan berakhir pada 2021 mendatang. 

Pengalamannya sebagai pesepak bola, dan pengalamannya dalam mengurus organisasi, menjadi modal bagi Firman Utina untuk menjabat sebagai Ketum PSSI.


2. Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto dan istrinya menonton Timnas U-16.

Kurniawan Dwi Yulianto, saat ini menjabat sebagai anggota Executive Committe APPI periode 2017-2021. Kurniawan sendiri sudah menjadi calon Ketum PSSI pada tahun 2016 lalu. 

Namun, saat pemilihan suara, Kurniawan tak mendapat dukungan satu suara pun. Kurniawan sendiri punya keinginan agar PSSI diisi orang-orang yang paham sepak bola. 


3. Ponaryo Astaman

Eks Pemain Timnas Sepak bola Indonesia, Ponaryo Astaman

Ponaryo Astaman merupakan salah satu mantan pesepak bola yang cukup vokal dalam menyuarakan perubahan di sepak bola nasional. Terutama saat terjadinya dualisme di tubuh PSSI. 

Ponaryo menjadi salah satu orang yang ikut memperjuangkan hak-hak pemain dan hal lainnya terkait sepak bola Indonesia. 

Baca Juga

Tak heran jika Ponaryo Astaman menjadi Presiden pertama di APPI. Ponaryo menjabat Presiden APPI pada 2011-2017, pengalaman yang cukup untuk membawanya menjadi Ketum PSSI.

Ikuti Terus Berita Liga Indonesia dan Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

PonaryoPonaryo AstamanPSSIFirman UtinaKurniawan Dwi YuliantoEdy RahmayadiLiga IndonesiaKongres PSSITRIVIA

Berita Terkini