x

Starting XI Eks Pemain Monaco yang Terjual Rp9,6 Triliun

Rabu, 23 Januari 2019 17:50 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Kiri-kanan: Tiemoue Bakayoko, Kylian Mbappe, dan James Rodriguez

INDOSPORT.COM - Mantan pemain AS Monaco yang terjual dengan harga mahal, bisa membentuk sebuah tim. Berikut Starting XI eks AS Monaco yang terjual dengan harga mahal.

Klub sepak bola AS Monaco mengalami pasang surut dalam dua dekade terakhir. AS Monaco sempat mencuri perhatian dunia di tahun 2004 saat menjadi runner up Liga Champions Eropa. 

Namun di tahun 2011 AS Monaco terpuruk dan terdegradasi ke Ligue 2 Prancis. Usai terdegradasi, AS Monaco bangkit setelah dibeli miliuner Rusia, Dmitry Rybolovlev.

Tahun 2013 AS Monaco membeli pemain seperti Radamel Falcao dan James Rodriguez. AS Monaco juga mulai menghubah strategi dengan membangun tim berisi pemain muda. 

Baca Juga

Tujuannya adalah membeli pemain potensial dengan harga murah, dan menjual dengan harga lebih tinggi. Strategi ini berhasil.

Pada musim 2016/17 AS Monaco menjuarai Ligue 1 Prancis unggul 8 poin dari Paris Saint-Germain. Namun setelah itu AS Monaco menjual hampir semua pemain yang ambil bagian dalam gelar tersebut. 

Pemain-pemain yang dijual oleh AS Monaco, bisa dibentuk sebuah kesebelasan. Berikut Starting XI eks AS Monaco yang terjual dengan harga mahal. 


1. Kiper dan Bek

Benjamin Mendy, bek sayap kiri Manchester City.

Kiper - Stephane Ruffier

Stephane Ruffier dijual AS Monaco ke Saint-Etienne pada tahun 2011. Ruffier adalah pemain jebolan akademi AS Monaco. 

Ruffier bermain dalam 130 pertandingan dan menjadi kapten tim. Saat dijual, Ruffier berharga 8 juta Euro atau 128 miliar rupiah. 

Bek Kanan - Layvin Kurzawa

Layvin Kurzawa juga adalah produk akademi AS Monaco. Layvin Kurzawa dijual AS Monaco ke Paris Saint-Germain pada tahun 2015 dengan harga 23 juta Euro atau 370 miliar rupiah. 

Bek Kiri - Benjamin Mendy

Benjamin Mendy dibeli AS Monaco dengan harga 13 juta Euro (Rp209 miliar). Dan Benjamin Mendy dijual ke Manchester City  seharga 57,5 juta Euro (Rp925 miliar). 

Bek Tengah - Abdou Diallo dan Fabinho

Abdou Diallo dijual AS Monaco ke Mainz seharga 5 juta Euro (Rp80 miliar). Sedangkan Fabinho lebih fantastis lagi, Fabinho dijual ke Liverpool dengan harga 50 juta Euro (Rp804 miliar).


2. Gelandang

James Rodriguez (Real Madrid).

- Tiemoue Bakayoko

Bakayoko dijual ke Chelsea dengan harga 40 juta Euro (Rp644 miliar).

- James Rodriguez

James Rodriguez dibeli AS Monaco dari Porto seharga 45 juta Euro (Rp724 miliar), dan dijual ke Real Madrid seharga 76 juta Euro (Rp1,2 triliun). 

- Bernardo Silva

Bernardo Silva dijual ke Manchester City dengan harga 50 juta Euro (Rp804 miliar). Padahal, AS Monaco membeli Silva hanya seharga 15,75 juta Euro (Rp253 miliar). 


3. Penyerang

Kylian Mbappe saat menerima piala Trophee Kopa di acara Ballon d'Or.

- Thomas Lemar

Atletico Madrid membayar 70 juta Euro (Rp1,1 triliun) ke AS Monaco untuk merekrut Lemar. Padahal, AS Monaco hanya membayar 4 juta Euro (Rp64 miliar). 

- Anthony Martial

Manchester United rela membayar 51 juta Euro (Rp821 miliar) untuk Anthony Martial. Padahal modal AS Monaco untuk membeli Martial hanya 5 juta Euro (Rp80 miliar). 

Baca Juga

- Kylian Mbappe 

Mbappe menjelma menjadi remaja termahal di dunia. Pasalnya PSG harus membayar total 180 juta Euro (Rp2,8 triliun) untuk menebusnya dari AS Monaco. 

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Internasional dan Berita Sport Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

AS MonacoJames RodriguezFabinhoBola InternasionalTiemoue BakayokoKylian MbappeBenjamin Mendy

Berita Terkini