x

3 Fakta AFC Tubize Klub Baru Firza Andika di Eropa

Jumat, 25 Januari 2019 08:08 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Firza Andika dan logo Tubize

INDOSPORT.COM - Firza Andika akhirnya berhasil mewujudkan mimpinya bermain di Eropa. Firza Andika resmi mendapatkan kontrak dari salah satu klub Belgia, AFC Tubize

Firza Andika menjadi pemain Indonesa pertama yang bermain di Liga Belgia. Penggawa Timnas U-19 ini memang sudah dari akhir tahun lalu menjalani trial di sejumlah klub Eropa. 

AFC Tubize sendiri merupakan klub Belgia yang berkompetisi di kasta kedua (Belgian First Division B). 

Baca Juga

Untuk mengenal lebih jauh klub baru Firza Andika, berikut ini kami rangkum tiga fakta menarik seputar AFC Tubize. 


1. 1. Hasil Merger

Logo klub Belgia AFC Tubize.

AFC Tubize merupakan klub Belgia yang berkompetisi di kasta kedua (Belgian First Division B). Klub ini didirikan pada tahun 1990 sebagai merger dari dua klub, yaitu FC Tubize dan Amis Reunis de Tubize. 

Dalam sejarahnya, di Kota Tubize terdapat klub CSE Tubize dan CS Tubizien. Kemudian keduanya membentuk Tubize Football Club pada 1963 silam.

Akan tetapi ada pula orang-orang yang tak suka dengan penggabungan klub tersebut. Sehingga mereka mendirikan klub bernama Amis Reunis Tubize pada 1974.

Seringnya kedua klub yang saling bentrok, akhirnya pada 1990 baik FC Tubize dan Amis Reunis Tubize dimerger oleh Presiden Raymond Langendries.

Kemudian, disepakatilah nama AFC Tubize dengan julukan klub Les Sang et Or (Si Merah Darah dan Emas). Klub ini juga pernah bermain di kasta tertinggi pada musim 2008/2009 tetapi di saat yang sama kembali degradasi.


2. 2. Milik Perusahaan Korea

AFC Tubize saat menjalin kesepatakan dengan pengusaha Korea Selatan.

Pada musim 2014/2015 AFC Tubize diakuisisi perusahaan olahraga asal Korea Selatan bernama Sportizen. 

Perusahaan ini menjadi penyokong AFC Tubize hingga sekarang. Menurut laman resmi klub, Kim Taehyung didapuk sebagai General Manager AFC Tubize.

Sportizen memiliki ambisi untuk menjadikan AFC Tubize sebagai klub internasional ternama yang mampu mengguncang dunia. Selain itu, tentua mereka juga mengenalkan produk Sportizen ke daratan Eropa.


3. 3. 'Rumah' Pemain Asia

Pemain-pemain asal Korea Selatan banyak merumput di AFC Tubize.

Usai diakuisisi oleh Sportizen, AFC Tubize secara besar-besaran mengundang beberapa pemain sepak bola asal Asia, khususnya Korea Selatan, untuk bermain di Belgia. Hal ini dilakukan untuk menjembatani pemain Asia berkarier di Eropa.

Nama-nama seperti Hwang Jin-Sung, Lim Yoon-Taek, Nam Seung-Woo, Park Changil, Yang Ting, hingga Kim Eun-Jung pernah ditarik AFC Tubize untuk berkiprah di Belgia.

Baca Juga

Bergabungnya Firza Andika ke AFC Tubize bisa membuka kesempatan pemain Asia kembali berkarier di Belgia. Pasalnya, pada musim 2018, skuat AFC Tubize belum ada pemain asal Asia lagi.

Terus Ikuti Berita Boal Internasional dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM
 

BelgiaBola InternasionalFirza AndikaTRIVIAAFC Tubize

Berita Terkini