x

3 Negara Asia yang Paling Banyak Kirim Pemainnya di Liga 1 2019

Minggu, 27 Januari 2019 14:53 WIB
Editor: Coro Mountana
Logo Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM – Pemain asing kerap dianggap sebagai solusi pintas untuk sebuah klub Liga 1 yang ingin adanya peningkatan peforma. Oleh karena itu, banyak klub-klub Indonesia yang berbondong-bondong merekrut pemain asing untuk posisi penting di bursa transfer.

Posisi-posisi yang biasanya diisi oleh pemain asing biasanya merupakan poros dari formasi permainan. Contoh posisi yang sering diisi oleh pemain asing adalah penyerang tengah, gelandang, serang, gelandang bertahan, dan bek tengah.

Baca Juga

Kuota pemain asing sendiri di Liga 1 aturannya hanya boleh 4 slot saja, di mana 1 diantaranya harus diisi oleh pemain Asia. Untuk itu, banyak klub Liga 1 yang mencari pemain asingnya di benua Asia guna melengkapi kuota pemain asing.

Sejumlah Negara-negara Asia pun disasar oleh klub-klub Indonesia untuk mencari pemain asing yang tepat. Di antara Negara-negara itu, terdapat beberapa yang terbanyak dalam menyumbang pemainnya ke Liga Indonesia, Negara mana sajakah itu?

Baca Juga

Berikut INDOSPORT.com mencoba untuk merangkumnya dalam 3 negara Asia yang paling banyak kirim pemainnya di Liga 1 2019.


1. Uzbekistan

Jakhongir Abdumuminov pemain Persija Jakarta.

Dalam daftar pemain asing yang akan berlaga di Liga 1 2019, Negara Uzbekistan menjadi yang terbanyak dalam mengirimkan pemain asingnya. Tercatat terdapat 4 pemain berkebangsaan Uzbekistan yang bermain di Liga Indonesia saat ini.

Mulai dari Pavel Smolyachenko yang memperkuat Arema FC, Javlon Guseynov di Borneo FC, Jakhongir Abdumominov (Persija Jakarta), hingga penggawa anyar Semen Padang yaitu Shukurali Pulatov.

Baca Juga

Boleh jadi Negara Uzbekistan dipilih memang karena postur pemainnya yang tinggi besar sehingga menjadi nilai lebih jika dibandingkan dengan pemain Indonesia. Selain itu, Uzbekistan memang saat ini sedang berkembang menjadi salah satu kekuatan dengan menjadi juara Piala Asia U-23 2018.


2. Korea Selatan

Oh In-kyun dengan jersey putih.

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau pemain yang berasal dari Korea Selatan begitu disukai oleh klub-klub yang ada di Indonesia. Alasannya sederhana, pemain Korea Selatan memiliki stamina yang sangat luar biasa, mungkin karena ginseng yang dapat meningkatkan vitalitas.

Oleh karena itu, banyak sekali oppa-oppa Korea Selatan yang mengadu nasib di Liga 1 Indonesia. Selain daya tahan fisik yang sangat baik, kemampuan teknik olah bola dan kecepatan lari yang dipertunjukan juga cukup memesona.

Baca Juga

Setidaknya sejauh ini sudah ada 2 pemain Korea Selatan yang bermain di Liga 1 2019. Mereka adalah Lee Yoo-joon di Bhayangkara FC dan Oh In-kyun yang membela Persipura Jayapura yang kini sudah ditangani oleh pelatih baru, Luciano Leandro.


3. Australia

Aaron Evans saat berseragam Barito Putera

Sejatinya Australia bukan masuk dalam federasi sepak bola Asia karena mereka awalnya merupakan bagian dari oseania. Hingga pada akhirnya sejak 2006, Australia memutuskan untuk mengikuti percaturan sepak bola Asia.

Baca Juga

Fisik pemain Australia yang mirip dengan orang Eropa adalah nilai plus yang dicari oleh klub Indonesia. Selain itu para pemain Australia terkenal dengan visi permainan yang mumpuni sehingga tak jarang tercipta sebuah umpan-umpan cemerlang.

Untuk itu Madura United dan PSM Makassar rela memberikan kuota pemain Asianya untuk orang Australia. Mereka adalah Aaron Evans di PSM Makassar dan Dane Milovanovic yang bermain untuk Madura United.

Terus Ikuti Perkembangan Bursa Transfer dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM.