x

3 Alasan Terselubung Persija Meminjam Jaimerson dan Beto dari Madura United

Rabu, 30 Januari 2019 10:57 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Jaimerson & Beto Dipinjamkan Ke Persija

INDOSPORT. COM - Klub sepak bola Indonesia, Persija Jakarta secara mengejutkan meminjam dua bintang milik Madura United, yakni Jaimerson dan Beto Goncalves.

Bila coba diterka, sekiranya akan ada beberapa alasan terselubung di balik kebijakan peminjaman tersebut.

Ya, sebuah kabar mengejutkan terjadi pada bursa jual beli pemain Liga 1 2019. Persija dikabarkan telah resmi meminjam dua pemain sekaligus dari Madura United, yakni Jaimerson dan Beto Goncalves.

Kepastian terkait kabar ini bahkan juga telah dikonfirmasi langsung oleh pihak Madura United. Manajer Madura Untited, Haruna Soemitro mengungkapkan kalau tujuan Madura United meminjamkan kedua pemain tadi adalah demi kepentingan negara.

Baca Juga

"Seusai pertandingan ini kita ingin menjawab surat permintaan Persija Jakarta terkait peminjaman Jaimerson dan Beto Goncalves," ujar Haruna.

"Hari ini kita pastikan bahwa kedua pemain itu kita pinjamkan secara ikhlas untuk kepentingan negara," tambah Haruna seperti tertera pada video unggahan akun Instagram resmi Madura United.

Kabar ini sejatinya cukup mengejutkan jagat sepak bola Tanah Air. Sebab sebelumnya, tak ada sama sekali isu terkait kemungkinan transfer ini akan terjadi.

Meski demikian, Persija tentu punya tujuan tersendiri hingga akhirnya mengambil kebijakan seperti ini. Bila mau diterka, kemungkinan ada beberapa alasan terselubung Persija di balik peminjaman Jaimerson dan Beto dari Madura United.

Lalu, apa saja alasan-alasan terselubung yang dimaksudkan tersebut? INDOSPORT mencoba merangkumnya ke dalam ulasan singkat berikut ini.


1. Kepentingan di Liga Champions Asia

Aksi selebrasi Marko Simic dan Riko Simanjuntak

Persija Jakarta punya alasan terselubung pada peminjaman Jaimerson dari Madura United. Khususnya bila melihat kepentingan Macan Kemayoran yang akan berlaga di Liga Champions Asia 2019.

Ya, Persija diketahui tak bisa memainkan kesemua pemain asing barunya ketika berlaga di kualifikasi Liga Champions Asia 2019 nanti. Hal ini disebabkan Persija terhalang masalah International Transfer Cerificate (ITC) oleh AFC.

Kehadiran Jaimerson diyakini dapat sedikit mengatasi masalah tersebut. Pasalnya, Jaimerson kemungkinan besar bisa turut tampil membela Persija di Liga Champions Asia, dan masalah kehilangan pemain asing baru tadi sudah bisa tertutupi.

Baca Juga

Mengapa demikian? Jaimerson musim lalu memang tercatat sebagai pemain Persija. Data itulah yang hingga kini diakui AFC, sehingga akhirnya Persija tetap bisa menurunkan Jaimerson pada kualifikasi Liga Champions Asia 2019.


2. Pelapis Sepadan Marko Simic

Aksi selebrasi Simic setelah mencetak gol untuk Persija

Persija Jakarta punya alasan terselubung pada peminjaman Beto Goncalves dari Madura United. Khususnya bila melihat kualitas lini depan Persija saat ini.

Sebelum kehadiran Beto, Persija praktis hanya memiliki dua orang striker saja, yakni Marko Simic dan Bambang Pamungkas. Namun, dari kedua nama tadi, hanya Simic yang diyakini akan jadi andalan utama Persija.

Tanpa mengurangi segala respek, Bambang Pamungkas kini sudah tak dalam bentuk permainan terbaiknya. Jadi, hanya Simic saja yang mungkin diandalkan Persija soal menggedor jala gawang lawan.

Setelah kedatangan Beto, Simic sepertinya akan mempunyai pelapis yang sepadan. Walau umurnya sudah tak muda lagi, kecepatan dan naluri mencetak gol Beto masih cukup tinggi.

Baca Juga

Buktinya musim lalu, Beto mampu menjadi top skor bagi klubnya, Sriwijaya FC. Ia berhasil mencetak total 11 gol dari 25 kali penampilan.


3. Kedalaman Skuat

Skuat Persija Jakarta

Mungkin alasan yang satu ini menjadi inti utama dari peminjaman Jaimerson dan Beto dari Madura United. Liga Champions Asia dan pelapis sepadan Marko Simic, kemungkinan besar akan berujung pada sektor kedalaman skuat Persija.

Ya, Persija akan bertarung dalam dua kompetisi sekaligus musim depan. Setidaknya ada dua kompetisi yang pasti, yaitu Liga Champions Asia dan Liga 1.

Belum lagi gelaran Piala Presiden yang akan digelar dalam waktu dekat. Bahkan masih ada Piala Indonesia yang belum juga kelar sejak 2018 lalu.

Persija pun harus memiliki kedalaman skuat mumpuni demi bisa bersaing di semua ajang itu. Kehadiran Jaimerson dan Beto pun lantas menambah kedalaman serta kualitas skuat Persija.

Baca Juga

Jaimerson kemungkinan akan difokuskan untuk Liga Champions Asia. Sementara sosok Beto diyakini bakal lebih diutamakan Persija dalam kompetisi lokal saja.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persija JakartaBeto GoncalvesMadura United FCLiga IndonesiaJaimerson da Silva XavierTRIVIA

Berita Terkini