x

3 Kerugian Persib Bandung bila Datangkan Fabiano Beltrame dari Madura United

Rabu, 30 Januari 2019 09:37 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Tiga pemain lokal yang cocok untuk Persib Bandung, diantaranya Fabiano Beltrame

INDOSPORT.COM - Bursa transfer jelang kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2019 semakin seru untuk disaksikan. Kabar terbaru datang dari Persib Bandung yang dikaitkan dengan Fabiano Beltrame.

Setelah merekrut sebanyak enam pemain, Persib Bandung kini menunggu kepastian dari bek Madura United, Fabiano Beltrame.

Persib Bandung memang baru saja ditinggalkan bek tengah andalannya, Victor Igbonefo. Kini, baru Bojan Malisic yang dipastikan bertahan di Maung Bandung.

Baca Juga

Demi mencari tandem yang pas untuk Malisic, Persib Bandung pun berusaha menggoda Fabiano Beltrame. Yang saat ini sedang menjalani proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Fabiano Beltrame memang bek berpengalaman di sepak bola Indonesia. Namun, sejatinya ada tiga kerugian yang bisa dirasakan Persib Bandung bila datangkan Fabiano Beltrame.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT sudah rangkum dan sajikan kepada para pembaca setia apa saja kerugian tersebut. Simak di bawah ini.


1. Usia Fabiano Beltrame

Fabiano Beltrame

Banyak yang bilang jika sepak bola terkadang tidak kenal usia. Namun, usia tidak pernah bohong dan itu kerap kali berlaku untuk pesepak bola.

Fabiano Beltrame sendiri saat ini sudah berusia 36 tahun. Dengan usia 36 tahun, Fabiano Beltrame diyakini sebagai salah satu pemain tua di Liga 1.

Bahkan, menurut catatan Transfermarkt, Fabiano Beltrame merupakan pemain tertua urutan kelima di Liga 1 2018. Dengan usia seperti itu, Persib Bandung harus mempertimbangkannya lagi.

Baca Juga

Apalagi, Persib Bandung disebut-sebut sedang peremajaan skuat saat ini. Dengan mendatangkan sejumlah alumni skuat PON Jabar, seperti Abdul Aziz, Erwin Ramdani dan Frets Butuan.


2. Bek Lokal Tersisih

Fabiano Beltrame dielu-elukan melakukan selebrasi kemenangan bersama suporter.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa Fabiano Beltrame sedang menjalankan proses naturalisasi. Dan sebentar lagi kabarnya akan segera selesai.

"Buat teman-teman yang tanya soal proses naturalisasi, sudah 99%. Tinggal satu surat yang saya akan ambil di Embassy Brasil dan setelah itu saya resmi jadi orang Indonesia," tulis Fabiano Beltrame di akun Instagram pribadinya.

Jika sudah resmi naturalisasi dan bergabung dengan Persib Bandung, tentu ini jadi nilai plus untuk Maung Bandung.

Baca Juga

Namun, yang perlu kita ketahui, Fabiano Beltrame tetap saja pemain asing kelahiran Brasil. Kedatangannya bisa membuat para bek tengah lokal terbatas waktu bermainnya.

Seperti Wildansyah yang baru saja menyelesaikan masa pinjamannya di Borneo FC, lalu ada juga bek jangkung, Sabil yang mencuri perhatian Mario Gomez di musim lalu.

Baca Juga

Belum lagi bek tengah muda, Indra Mustafa yang baru masuk skuat senior Persib Bandung. Padahal Indra salah satu pemain dalam skuat Timnas Indonesia U-19 yang berhasil tembus 8 besar Piala Asia U-19 tahun lalu.


3. Keuangan Persib Bandung

Logo Persib Bandung.

Yang terakhir mungkin paling penting untuk diperhatikan Persib Bandung jika ingin mendatangkan Fabiano Beltrame dari Madura United.

Keuangan Persib Bandung ternyata cukup memprihatinkan setelah Liga 1 2018 berakhir. Direktur Utama PT PBB, Glenn Sugita mengkonfirmasi kabar ini bahwa klubnya rugi besar musim lalu.

Baca Juga

"Saya pusing. Ruginya besar. Saya belum hitung karena laporannya belum masuk. Tapi, kami habis lebih dari Rp50 miliar," ujar Glenn Sugita.

Fabiano Beltrame bukanlah pemain sembarangan, dia termasuk kategori pemain kelas bintang di sepak bola Indonesia. Mendatangkannya akan membuat Persib harus mengeluarkan biaya besar untuk gaji pemain.

Baca Juga

Bahkan, Madura United disebut-sebut rugi lebih dari lima miliar rupiah usai Liga 1 2018. Hal tersebut karena tim bertabur bintang. Salah satunya adalah Fabiano Beltrame, yang masih berstatus pemain asing musim lalu.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Bursa TransferBrasilPersib BandungFabiano BeltrameNaturalisasiMadura United FCLiga IndonesiaLiga 1TRIVIA

Berita Terkini