x

5 Stadion yang Layak Jadi Tuan Rumah Piala Presiden 2019

Rabu, 30 Januari 2019 17:28 WIB
Editor: Juni Adi

INDOSPORT.COM - Turnamen pramusim bergengsi Piala Presiden akan kembali bergulir pada tahun ini, tepatnya Maret 2019 mendatang. 

Kini, PSSI selaku penyelenggaran pun langsung melakukan pematangan konsep turnamen agar lebih baik dari edisi-edisi sebelumnya.

Untuk format, PSSI tidak mengubah. Mereka tetap akan menggunakan babak penyisihan terbagi dalam lima grup yang akan diikuti oleh 20 tim, terdiri dari 18 klub Liga 1 dan 2 klub dari Liga 2.

Baca Juga

"Ke-20 tim peserta Piala Presiden akan dibagi ke dalam 5 (grup) tuan rumah. Siapa saja tim (tuan rumah maupun pesertanya) itu, kita lihat nanti," kata Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto kepada jurnalis di Malang.

Selain itu, PSSI juga terbuka bagi setiap klub yang ingin mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah nanti dari lima grup yang ada.Tak hanya klub-klub Liga 1, tambahan 2 klub yang turun di kompetisi Liga 2 juga berpeluang.

Lima stadion ini pun berpotensi untuk jadi tuan rumah Piala Presiden 2019. Berikut INDOSPORT merangkumnya:


1. Stadion GBLA

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) masih layak untuk kembali menggelar pertandingan babak penyisihan grup Piala Presiden 2019.

Apalagi stadion ini juga sempat digunakan untuk menggelar beberapa pertandingan babak grup, cabang olahraga Asian Games 2018 lalu.

Jika kembali ditunjuk jadi tuan rumah babak penyisihan grup Piala Presiden 2019 nanti, ini akan jadi kedua kalinya Persib jadi tuan rumah.

Sebelumnya, pada edisi 2018 lalu Stadion GBLA juga jadi tuan rumah Grup A yang dihuni oleh Persib, PSMS, PSM, dan Sriwijaya FC.

Namun sayang, kala itu Persib gagal melaju ke fase selanjutnya karena hanya mendulang tiga poin, dari hasil satu kali kemenangan dan dua kali kekalahan.


2. Stadion Ratu Pamelingan

Stadion Ratu Pamelingan.

Stadion Ratu Pamelingan kini telah bersolek seiring menetapnya Madura United, yang menjadikannya sebagai homebase mereka.

Stadion yang dahulu bernama Pamengkasan ini juga menjadi salah satu stadion kebanggaan masyarakat Pulau Garam.

Karenanya, stadion berkapasitas 35 ribu penonton ini layak kembali menjadi tuan rumah babak penyisihan grup Piala Presiden 2019 nanti. Sebelumnya, tahun 2017 mereka telah merasakannya.

Ratu Pamelingan sendiri menggunakan jenis rumput Zoysia Matrella yang diklaim sebagai rumput terbaik untuk lapangan sepak bola. Selain itu, sejumlah fasilitas juga telah direnovasi oleh pihak manajemen Madura United.


3. Stadion Gelora Sriwijaya

Stadion Gelora Sriwijaya.

Stadion Gelora Sriwijaya jadi salah satu venue pertandingan sepak bola terbaik yang dimiliki oleh Indonesia.

Bertempat di kawasan komplek olahraga Jakabaring, stadion tersebut kerap menggelar beberapa event internasional salah satunya adalah Asian Games 2018 lalu.

Stadion berkasitas 38 ribu penonton itu, sempat dijadikan tempat untuk penyelenggaraan cabang olahraga sepak bola putri di Asian Games lalu.

Maka dari itu, dengan infrastruktur yang sudah berstandar FIFA, sangat layak stadion kebanggaan masyarakat Palembang ini jadi salah satu tuan rumah Piala Presiden 2019 mendatang.

Apalagi dalam dua edisi yang sudah diselenggarakan, Pulau Sumatera belum pernah merasakan jadi tuan rumah babak penyisihan grup selama turnamen ini berlangsung untuk pertama kalinya pada tahun 2015 lalu.

Pada edisi 2018, sempat terbesit keinginan menggunakan Stadion Teladan Medan, sebagai salah satu tuan rumah dari Pulau Sumatera, namun karena pada saat itu sedang direnovasi, pihak penyelenggara mengurungkan niatnya.

"Sebenarnya kami ingin ada salah satu kota di Pulau Sumatera. Tapi, sepertinya belum siap. Seperti diketahui stadion di Medan, masih direnovasi," ujar OC Piala Presiden 2018, Berlinton Siahaan.


4. Stadion Kapten I Wayan Dipta

Stadion Kapten I Wayan Dipta

Stadion Kapten I Wayan Dipta nampaknya masih layak, diperhitungkan untuk menjadi salah satu tuan rumah babak penyisihan grup Piala Presiden 2019 mendatang.

Sebab, stadion berkapasitas 25 ribu penonton ini selalu memberikan atmosfer luar biasa. Selain itu, sejumlah fasilitas juga telah diperbaiki menjadi standar internasional seperti tribun penonton, ruang ganti, bench pemain, dan rumput lapangan.

Sebelum Bali United, beberapa klub sempat bermarkas di sini, yakni PS Gianyar, Persires Cirebon, dan Bali Persegi FC. Namun kini Serdadu Tridatu menggunakan sepenuhnya jadi home base.

Stadion Kapten I Wayan Dipta juga telah menyelenggarakan tiga edisi Piala Presiden sebelumnya, yakni tahun 2015, 2017 dan 2018. Semuanya berjalan lancar.


5. Stadion Mandala Jayapura

Stadion Mandala Jayapura.

Selain Sumatera, Pulau Ujung Timur Indonesia yakni Papua juga belum pernah merasakan sebagai tuan rumah penyelenggaran Piala Presiden. 

Tahun ini, layak rasanya jika PSSI mempertimbangkan Stadion Mandala Jayapura untuk jadi salah satu tuan rumah babak penyisihan grup Piala Presiden edisi 2019 ini.

Dari segi infrastruktur, stadion berkapasitas 30 ribu penonton itu cukup bagus. Bahkan, stadion tersebut juga sudah pernah menggelar pertandingan berstandar internasional, yakni saat Persipura berlaga di Piala AFC tahun 2014 lalu.

Piala PresidenStadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)Liga IndonesiaTRIVIA

Berita Terkini