x

Kiprah Tim Liga 3 di Piala Indonesia 2018, Ada yang Taklukan Jawara Liga Indonesia

Kamis, 31 Januari 2019 19:12 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Logo Piala Indonesia musim 2018/2019.

INDOSPORT.COM - Gelaran turnamen sepak bola Piala Indonesia 2018 kali ini banyak sekali memberi kejutan, salah satunya adalah kiprah para tim Liga 3 yang mampu melangkah hingga babak 32 besar. 

Seperti diketahui sebelumnya, gelaran Piala Indonesia 2018 merupakan salah satu kompetisi sepak bola paling besar di Indonesia lantaran mencakup klub dari tiga kasta Liga Indonesia sebagai pesertanya.

Meski terlihat tak sebanding saat tim sepak bola kasta teratas berhadapan dengan tim Liga 2 ataupun Liga 3, namun beberapa pertandingan berhasil memberikan kejutan lantaran tim-tim yang diunggulkan justru tersisih di babak awal.

Baca Juga

Terbutki dari 24 tim dari Liga 2, hanya 10 tim yang mampu bertahan dan lolos ke babak 32 besar Piala Indonesia 2018. Sisanya, hanya sampai di babak 64 besar bahkan parahnya tim-tim tersebut mampu ditaklukan oleh tim Liga 3.

Sebagai contoh adalah Persinga Ngawi yang sukses mengkandaskan salah satu tim penuh sejarah Indonesia, Persegres Gresik di babak 64 besar pada 27 Desember 2018 lalu, dimana tim asal Ngawi tersebut menang telak 3-0.

Baca Juga

Tak hanya Persinga Ngawi, melansir dari laman resmi PSSI (induk tertinggi bola Indonesia) tercatat ada lima tim dari kasta ketiga Liga Indonesia-Liga 3 yang mampu tampil impresif dan akhirnya menembus babak 32 besar. 

Lalu siapa sajakah tim-tim tesebut? dan bagaimana perjalanan mereka hingga sampai ke 32 besar? Berikut portal berita olahraga INDOSPORT coba merangkum ulasannya.


1. PSBL Langsa

Skuat Persinga Ngawi yang berlaga di Liga 3

Tim pertama adalah PSBL Langsa, dimana tim asal Aceh tersebut berhasil menaklukan rekan seprovinsinya Aceh United dan Persiraja yang musim lalu tampil di Liga 2 Indonesia.

Pada putaran pertama kontra Persiraja, tim PSBL berhasil menang lewat adu penalti setelah dalam waktu normal bermain imbang 1-1. 

Baca Juga

Di putaran kedua PSBL berhadapan dengan Aceh United, dan kali ini mereka kembali menang namun bukan lewat adu penalti melainkan kemenangan telah 4-1.

Babak 32 besar ini PSBL berhadapan dengan tim kuat, Bhayangkara FC yang musim 2017 lalu menjadi kampiun di Liga 1 Indonesia. Meski berhadapan dengan mantan juara, namun PSBL Langsa tak ciut nyali bahkan di Leg pertama mereka hanya kalah tipis 1-2.

Persinga Ngawi
Klub kejutan dari Liga 3 berikutnya adalah Persinga Ngawi, dimana tim asal Jawa Timur itu juga melakukan hal serupa seperti PSBL Langsa yang sukses menaklukan beberapa tim Liga 2.

Saat putaran pertama, PSBL Langsa sukes menaklukan juara 7 kali Liga Perserikatan Persis Solo dengan skor tipis 1-0. Sedangkan di putaran kedua mereka kembali menaklukan salah satu tim besar Indonesia, Persegres Gresik dengan skor telak 3-0.

Baca Juga

Di babak 32 besar kali ini, Persinga Ngawi berhadapan dengan sesama wakil Jawa Timur Persebaya. Namun kedua tim belum melakoni partai leg pertama, lantaran tak mendapat izin keamanan untuk menggelar pertandingan.


2. Persidago

PSMS Medan vs 757 Kepri Jaya FC di Piala Indonesia.

Persidago menjadi satu-satunya tim asal Gorontalo yang berhasil lolos ke babak 32 besar Piala Indonesia 2018. Perjalanan tim yang bermarkas di Gelora 23 Januari Stadium itu sejatinya tak begitu fantastis, sebab mereka hanya menang atas tim Liga 3 lain di putaran pertama dan kedua.

Pada putaran pertama Persidago menang 2–1 atas PS Matra, sedangkan di putaran kedua laga antara Persipal vs Persidago tak dimainkan sehingga Persidago lolos ke babak 32 besar.

Namun di babak 32 besar ini kejutan baru muncul, dimana Persidago berhasil menumbangkan salah satu tim kuat bahkan peraih 4 kali gelar Liga Indonesia Persipura dengan skor tipis 1–0.

Baca Juga

PS Keluarga USU

Berikutnya ada tim yang mungkin kurang familiar bagi pecinta sepak bola Tanah Air, PS Keluarga USU. Tim asal Sumatera Utara tersebut sejatinya mempunyai kisah cukup sama dengam Persidago, dimana mereka lolos ke babak 32 besar setelah mengalahkan sesama tim Liga 3.

Namun tampil di babak 32 besar tentu merupakan capaian besar. Sayangnya kualitas para pemain mereka tak sebanding dengan harapan para suporter, dimana saat berhadapan dengan Sriwijaya FC di leg pertama mereka dicukur habis 6-2.

757 Kepri Jaya
Klub Liga 3 terakhir yang membuat kejutan di Liga 3 adalah 757 Kepri Jaya, dimana tim asal Riau tersebut sukses menaklukan PSMS Medan yang notabene tampil dua kasta diatas mereka.

Tepatnya terjadi dalam putaran kedua 13 Desember 2018 lalu, saat itu pertandingan berakhir sama kuat 1-1 di waktu normal sehingga laga dilanjutkan dengan babak adu penalti.

Baca Juga

Di babak adu tos-tosan inilah 757 Kepri Jaya menuai keberuntungan dengan meraih kemenangan 4-3. Sayangnya keberuntungan mereka tak berlanjut di babak 32 besar, berhadapan dengan kampiun Liga 1 musim 2018 757 Kepri Jaya langsung keok 8-2 di leg pertama.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

Kratingdaeng Piala IndonesiaLiga IndonesiaLiga 1Liga 2Liga 3TRIVIA

Berita Terkini