x

3 Eks Persib yang Bisa Gantikan Jaimerson untuk Persija di Liga Champions Asia

Senin, 4 Februari 2019 10:57 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
3 Eks Persib yang Bisa Gantikan Jaimerson untuk Persija di Liga Champions Asia.

INDOSPORT.COM - Jelang tampil di gelaran Liga Champions Asia 2019, klub sepak bola Indonesia Persija Jakarta mendapat kabar buruk usai salah satu pemain andalannya, Jaimerson da Silva hampir dipastikan batal tampil di laga perdana.

Beberapa pemain pun telah disiapkan untuk mengisi slot tersebut, termasuk diantaranya 3 mantan pemain Persib Bandung.

Melansir dari laman berita Antara, Jaimerson da Silva harus absen lantaran dirinya masih dalam masa sanksi usai musim lalu di gelaran Piala AFC mendapatkan kartu merah.

Berdasarkan data yang dimiliki PSSI dari AFC dengan nomor AFC/20207/legal/lrr per 16 Mei 2018, Jaimerson da Silva mendapatkan kartu merah saat pertandingan Persija melawan Home United Singapura pada Piala AFC, 15 Mei 2018.

Baca Juga

Hal tersebut membuatnya absen hingga laga perdana kualifikasi Liga Champions Asia kontra Home United pada Selasa, 5 Febuari 2019 mendatang.

Meski kehilangan Jaimerson sangat disayangkan, namun Persija Jakarta masih memiliki beberapa pemain pelapis yang mampu mengisi slot tersebut dan berikut INDOSPORT coba merangkum 3 eks Persib yang bisa gantikan Jaimerson untuk Persija di Liga Champions Asia.


1. Maman Abdurahman

Maman Abdurahman dalam sesi konferensi pers jelang laga melawan PSM Makassar, di Bantul, Yogyakarta. Kamis (05/07/18).

Nama pertama adalah Maman Abdurahman, dimana pemain berusia 36 tahun itu juga kerap menjadi andalan Persija Jakarta di berbagai kompetisi musim lalu.

Dirinya bahkan selalu tampil di babak penyisihan Grup Piala AFC 2018 lalu, dan sukses membuat Persija Jakarta lolos dari fase group dengan catatan lima kemenangan termasuk menumbangkan JDT, serta hanya satu kali kekalahan.

Baca Juga

Dengan pengalaman yang cukup banyak di kompetisi Asia, pemain yang pernah berseragam Persib Bandung pada 2008 hingga 2013 lalu ini bisa menjadi alternatif yang pas untuk menggantikan Jaimerson da Silva.


2. Tony Sucipto

Tony Sucipto (Persija Jakarta)

Berikutnya adalah pemain yang baru saja direkrut Persija musim ini, Tony Sucipto. Meski posisi aslinya adalah bek sayap, namun dalam beberapa kesempatan saat bersama Persib Bandung dirinya pernah menempati posisi bek tengah.

Terlebih mantan pemain Persib Bandung musim 2011 hingga 2018 ini sempat tampil dua kali di ajang Liga Champions Asia, tepatnya pada musim 2010 dan 2015.

Baca Juga

Pada musim 2010 dirinya membantu Sriwijaya FC saat berhadapan dengan Armed Forces FC di babak kualifikasi ronde pertama Liga Champions Asia, sayang dalam pertandingan itu Sriwijaya FC kalah 0-3.

Di musim 2015 dirinya pun kembali turun di babak kualifikasi kedua Liga Champions Asia, namun kali ini Tony Sucipto telah berseragam Persib Bandung. Menjamu Ha Noi FC, Persib harus tersingkir usai dibekuk 0-4 oleh tim asal Vietnam itu.


3. Ryuji Utomo

Ryuji Utomo (kedua dari kiri) bersama rekan-rekannya dalam latihan.

Nama terakhir adalah Ryuji Utomo, yang juga menjadi rekutan anyar Persija Jakarta awal musim ini. Meski awalnya sempat diragukan dapat tampil lantaran statusnya belum disahkan oleh federasi sepak bola Asia (AFC).

Namun kini Macan Kemayoran dapat bernafas lega, usai mantan Pemain PTT Rayong tersebut dipastikan dapat membela Persija Jakarta di laga perdana kualifikasi Liga Champions Asia 2019.

"Selain tiga pemain pinjaman, kami juga mendapatkan kabar baik karena Ryuji disahkan oleh AFC sehingga sudah bisa diturunkan pada pertandingan nanti," kata Chief Executive Officer Persija M Rafil Perdana dikutip dari Antara.

Baca Juga

Meski tak puya pengalaman tampil di Liga Champions Asia, namun mantan pemain Diklat Persib Bandung angkatan pertama ini terbilang paling layak untuk menggantikan Jaimerson ketimbang dua nama sebelumnya.

Selain usia yang lebih muda, Ryuji Utomo kerap menjadi andalan bersama PTT Rayong hingga mampu membawa tim tersebut meraih gelar Thai League 2 dan promosi ke kasta tertinggi Liga Thailand.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persib BandungPersija JakartaLiga Champions AsiaLiga IndonesiaLiga 1Jaimerson da Silva XavierTRIVIA

Berita Terkini