x

Momen Klasik: Ketika Gawang Manchester United Dijaga 'Kucing'

Senin, 4 Februari 2019 08:30 WIB
Editor: Indra Citra Sena
Sir Alex Ferguson meminta Rio Ferdinand mengisi pos kiper Manchester United dalam pertandingan melawan Tottenham Hotspur (4/2/07).

INDOSPORT.COM - Posisi kiper di dalam sepak bola membutuhkan keahlian khusus yang terasah berkat latihan keras selama bertahun-tahun. Apa jadinya bila sebuah tim kehilangan kiper di tengah laga akibat cedera, tapi sudah tak bisa lagi melakukan pergantian pemain?

Klub teras Inggris, Manchester United, pernah mengalami situasi ini 12 tahun lalu, tepatnya dalam pertandingan Liga Primer Inggris kontra Tottenham Hotspur, 4 Februari 2007. 

Baca Juga

Kubu Setan Merah mesti menerapkan strategi dadakan guna menyiasati ketiadaan Edwin van der Sar yang menderita patah hidung usai berbenturan keras dengan striker lawan, Robbie Keane, pada menit ke-81.

Kiper alternatif, Tomas Kuszczak, barangkali tersedia di bangku cadangan, tapi pasukan Sir Alex Ferguson sudah kadung menghabiskan jatah pergantian pemain. Dia perlu memikirkan cara lain.

Setelah berdiskusi dengan asisten dan kapten tim, Gary Neville, Ferguson lantas memanggil Rio Ferdinand dan memberinya tugas dadakan mengawal gawang Man United dari serbuan Tottenham di sisa waktu pertandingan.


1. Bukan Ferdinand, tapi O'Shea

Aksi John O'Shea ketika mengemban tugas dadakan menjadi kiper Manchester United dalam pertandingan melawan Tottenham Hotspur (4/2/07).

Sebelum sampai di bawah mistar, langkah Ferdinand terhenti sejenak dan tampak melakukan perbincangan singkat dengan Neville. Ternyata, sang kapten meminta ia menyerahkan tugas kiper dadakan kepada John O'Shea. 

Keputusan itu barangkali diambil karena tenaga Ferdinand sebagai bek tengah bersama Nemanja Vidic lebih diperlukan untuk mengamankan area pertahanan Man United. Terbukti, O'Shea sanggup bermain baik dan tak kemasukan gol hingga bubaran.

Baca Juga

Alhasil, keunggulan empat gol Man United yang tercipta masing-masing melalui eksekusi penalti Cristiano Ronaldo pada menit ke-45, tandukan Vidic (48'), sodoran Paul Scholes (54'), dan sepakan Ryan Giggs (77') tetap terjaga.

Usai laga, Ferguson berkelakar soal penampilan O'Shea. Pelatih legendaris Man United ini memberikan julukan yang nyeleneh buat sang pemain.

"Sekarang kami punya julukan baru buatnya, yaitu The Cat (Si Kucing). John ‘The Cat’ O'Shea," ucap Ferguson seperti dikutip dari situs resmi klub. 

Terus Ikuti Berita Liga Inggris Lainnya di INDOSPORT

Manchester UnitedSir Alex FergusonRio FerdinandLiga Primer InggrisLiga Inggris

Berita Terkini