x

Belum Pensiun, Ini 5 Pemain Tertua di Liga 1 2019

Jumat, 8 Februari 2019 08:23 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Pemain senior Persija, Ismed Sofyan pada laga sore hari tadi

INDOSPORT.COM - Liga 1 2019 diwarnai pemain-pemain tua. Berikut 5 pemain tertua di Liga 1 2019. 

Kompetisi sepak bola Liga 1 2019 akan dimulai pada bulan Mei mendatang. 20 tim peserta saat ini sedang mematangkan diri dan merekrut pemain-pemain baru. 

Meski sejumlah klub merekrut pemain-pemain baru, namun ada juga klub yang merekrut atau mempertahankan pemain-pemain yang sudah memasuki usia senja dalam sepak bola. 

Salah satunya adalah Madura United yang merekrut pemain naturalisasi, Alberto Goncalves. Beto Goncalves kini berusia 38 tahun dan menjadi salah satu pemain tertua di Liga 1 2019. 

Baca Juga

Namun Beto Goncalves bukan pemain yang paling tua diantara pemain tua. Masih ada Cristian Gonzales yang sudah berusia 42 tahun. 

Akan tetapi, Cristian Gonzales belum resmi menjadi pemain tertua di Liga 1, karena belum bisa dipastikan dimana Gonzales akan bermain musim ini, apakah di Liga 1 atau Liga 2. 

Untuk itu, Cristian Gonzales belum masuk dalam daftar ini. Berikut 5 pemain dengan usia tertua di Liga 1 2019. 


1. Beto Goncalves

Beto Goncalves mengontrol bola dari kejaran pemain Filipina

Seperti sudah diungkapkan di atas bahwa Alberto Goncalves menjadi salah satu pemain tertua di Liga 1 2019 dengan usia 38 tahun. 

Di Liga 1 2019, Beto akan membela Madura United. Selama berkarier di Indonesia sejak musim 2008/09, Beto merupakan pemain yang cukup subur. 

Beto juga pernah menjadi top skor di Indonesia Super League muasim 2011-2012 lalu bersama Persipura Jayapura. Patut dinanti apakah dengan usianya yang sudah 38 tahun, Beto masih tetap akan tajam.


2. Herman Dzumafo

Herman Dzumafo.

Pemain yang di musim lalu membela Bhayangkara FC ini lahir di tahun 1980 dan akan berusia 39 tahun pada tahun 2019 ini. Pemain yang besar bersama PSPS Pekanbaru ini menjadi salah satu pemain tertua di Liga 1.

Musim lalu bersama Bhayangkara FC Dzumafo meski sudah tua masih bisa menjadi pemecah kebuntuan bagi The Guardian dan mencetak 11 gol serta memberikan 8 assist. 


3. Bambang Pamungkas

Selebrasi khas pemain senior Persija, Bambang Pamungkas setelah mencetak 1 gol untuk Persija

Sebagai gambaran, Bambang Pamungkas adalah bagian dari Persija Jakarta saat juara pada tahun 2001 lalu. Dan saat Persija Jakarta juara Liga 1 2018, Bambang Pamungkas juga masih bermain. 

Bambang Pamungkas sendiri lahir pada tahun 1980 dan akan berusia 39 tahun di musim ini. Namun Bambang Pamungkas belum menunjukkan tanda-tanda akan pensiun. 

Meskipun pada musim lalu Bambang Pamungkas lebih sering bermain sebagai pemain cadangan. 


4. I Made Wirawan

I Made Wirawan (Persib)

I Made Wirawan baru saja berusia 38 tahun pada bulan Januari lalu. Meskipun untuk ukuran kiper, usia Made Wirawan masih belum terlalu tua. 

Tetapi, Made Wirawan musim lalu sudah jarang mendapat kepercayaan dari pelatih. Musim lalu ia hanya bermain dalam 8 pertandingan saja. 


5. Ismed Sofyan

Pemain senior Persija, Ismed Sofyan pada laga sore hari tadi

Jika Cristian Gonzales tak jadi bermain di Liga 1, maka yang akan menjadi pemain tertua di Liga 1 adalah Ismed Sofyan. Ismed Sofyan sendiri lahir pada tahun 1979. 

Baca Juga

Artinya, di tahun 2019 ini Ismed Sofyan akan berusia 40 tahun. Meski begitu, Ismed masih tetap menjadi pilihan di lini belakang Persija dan menjadi kapten saat Persija meraih tiga gelar musim lalu. 

Ikuti Terus Berita Liga 1 dan Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Bambang PamungkasI Made WirawanIsmed SofyanHerman DzumafoBeto GoncalvesLiga IndonesiaLiga 1TRIVIA

Berita Terkini