x

Termasuk Teco, Ini 5 Pelatih Liga 1 2019 yang Pernah Juara di Indonesia

Sabtu, 9 Februari 2019 07:12 WIB
Editor: Coro Mountana
Logo Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM – Genderang perang ajang sepak bola paling bergengsi di Indonesia, Liga 1 2019 baru akan bertabuh pada awal bulan Mei. Meski masih lama, tetap saja nyaris semua klub Liga 1 benar-benar mempersiapkan diri dengan serius untuk kompetisi sepak bola kasta teratas di Indonesia.

Salah satu bentuk persiapannya adalah dengan menunjuk pelatih yang tepat agar bisa meraih sebuah prestasi di Liga 1 2019. Tak bisa dipungkiri, peran pelatih sangat vital yang dapat mendongkrak peforma dari materi pemain yang mungkin pas-pasan.

Baca Juga

Oleh karena itu tak jarang, sejumlah klub benar-benar menghabiskan banyak waktu dan energi untuk merekrut pelatih berkualitas tersebut. Ada banyak indikator yang membuat seorang pelatih dapat dikategorikan berkualitas, salah satunya adalah dengan pernah juara di Liga Indonesia.

Pernah juara Liga Indonesia akan membuat sang pelatih memiliki mental pemenang yang dapat ditularkan kepada pemain. Masalahnya sosok pelatih berpengalaman seperti itu sangat sedikit di Indonesia, tercatat untuk Liga 1 saat ini hanya ada 5 pelatih saja, siapa mereka?.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT.com mencoba merangkumnya dalam 5 pelatih Liga 1 2019 yang pernah juara di Indonesia.


1. Stefano Cugurra

Pelatih Bali United asal Brasil Stefano Cugurra Teco.

Pelatih terbaik Liga 1 tahun lalu itu kini telah berganti klub dari Persija Jakarta menjadi Bali United. Tentu menjadi sebuah keuntungan luar biasa bagi Bali United yang berhasil merekrut salah satu pelatih yang pernah menjuarai ajang Liga Indonesia.

Hal itu akan mempermudah keinginan Bali United untuk menjadi yang terbaik di Indonesia. Terlebih materi pemain yang ada di Bali United saat ini memang memiliki kualitas untuk sukses sehingga seharusnya dapat bersinergi dengan Stefano Cugurra Teco.

Jacksen F Tiago

Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago.

Pelatih asal Brasil ini merupakan salah satu sosok yang memiliki CV mentereng dengan gelimang gelar juara Liga Indonesia. Tercatat Jacksen F Tiago pernah merasakan menjadi juara Liga Indonesia bersama Persipura Jayapura sebanyak 3 kali.

Barito Putera tentu sangat beruntung memiliki sosok bermental juara seperti Jacksen F Tiago. Terlebih Barito Putera di musim ini diperkuat oleh para pemain bermental juara lainnya seperti Evan Dimas yang pernah meraih gelar bersama Bhayangkara FC.


2. Alfredo Vera

Pelatih anyar Bhayangkara FC, Alfredo Vera

Alfredo Vera merupakan sosok pelatih yang sangat fenomenal pada ajang Liga Indonesia 2016 yang lalu. Bagaimana tidak, Alfredo Vera yang masuk di pertengahan musim berhasil membawa Persipura Jayapura menjadi juara Liga Indonesia.

Kini Alfredo Vera berada di Bhayangkara FC yang juga pernah menjadi juara Liga 1 pada tahun 2017. Tentu akan sangat dinantikan bagaimana sepak terjang Alfredo Vera apakah ia mampu membawa Bhayangkara FC menjadi juara lagi atau tidak.


3. Djajang Nurdjaman

Djajang Nurdjaman saat konferensi pers jelang laga Persebaya vs PSIS, Jumat (07/12/18).

Menjadi juara Liga Indonesia bersama Persib Bandung telah melambungkan namanya dalam belantika sepak bola nasional. Djajang Nurdjaman adalah salah satu pelatih jenius yang ada di Indonesia karena mampu bermain dengan berbagai variasi taktik.

Tangan dinginnya bahkan sudah mulai terlihat ketika ia mengambil alih Persebaya Surabaya di pertengahan musim lalu. Kala itu Persebaya berhasil dibawanya menjadi pembunuh raksasa seperti Persija, Persib, dan Persib, tentu hal itu diharapkan dapat berlanjut oleh Bonek.

Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan Latih PS TIRA

TIRA-Persikabo di musim ini benar-benar mempersiapkan timnya dengan serius agar bisa meraih hasil maksimal di musim ini. Mereka tentu tidak ingin berakhir di papan bawah seperti yang terjadi di musim lalu.

Oleh karena itu TIRA-Persikabo menunjuk seorang pelatih yang sangat berpengalaman di Liga Indonesia seperti Rahmad Darmawan. Pelatih yang akrab disapa dengan RD merupakan sosok bertangan dingin yang pernah membawa Persipura Jayapura menjadi juara Liga Indonesia pada tahun 2005.

Ikuti Terus Perkembangan Liga 1 dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM.