x

3 Pemain Lulusan La Masia yang Terlupakan

Minggu, 10 Februari 2019 20:00 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Yohanes Ishak

INDOSPORT.COM- Dalam beberapa tahun terakhir, Barcelona dikenal sebagai salah satu klub tersukses dalam di dunia dalam urusan mencetak pemain muda. 

Sebut saja nama-nama seperti Xavi Hernandez, Andres Iniesta hingga sang fenomenal Lionel Messi. Bisa dibilang, ketiga pemain tersebut merupakan bukti nyata akan kehebatan akademi Barcelona yang bernama La Masia.

Baca Juga

Selain Xavi, Iniesta dan Messi, sejatinya terdapat beberapa pemain lainnya yang tidak bisa dipandang kehebatannya dalam urusan mengolah si kulit bundar. Pedro, Carles Puyol hingga Victor Valdes menjadi contoh lainnya akan keabsahan La Masia ini. 

Walau terkenal kehebatannya, La Masia nyatanya tak selalu melahirkan pemain-pemain hebat di setiap angkatannya. Bahkan, karena dinilai terlalu 'gagal' sebagai lulusan akademi Barcelona, terdapat beberapa pemain yang secara tidak dianggap sebagai pemain akademi Blaugrana ini.

Baca Juga

Siapa saja kah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum 3 pemain kurang terkenal yang ternyata lulusan La Masia, akademi Barcelona.
 


1. Adama Traore

Adama Traore (Middlesbrough)

Sempat menjadi buah bibir penikmat sepak bola berkat kemampuannya saat masih berseragam Barcelona B. Karier Adama Traore justru terjun bebas ketika hengkang ke Aston Villa pada tahun 2015 silam.

Baca Juga

Ya, Traore seakan-akan mulai kehilangan tajinya sebagai penyerang ketika meninggalkan La Masia. Hal tersebut dibuktikan dengan enggannya klub-klub yang dibela oleh Traore untuk mempertahankannya.

Tercatat, sejak meninggalkan Barcelona, Traore sudah berganti-ganti klub sebanyak tiga kali dalam kurun waktu tiga tahun. Mulai dari Aston Villa, Middlesbrough dan yang terakhir adalah Wolverhampton.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Traore merupakan salah satu produk dari La Masia. Dirinya diketahui pertama kali menginjakan kakiknya di Barcelona pada tahun 2004, ketika didatangkan dari CE L'Hospitalet, klub kecil asal Spanyol.
 


2. Keita Balde

Pemain andalan Lazio, Keita Balde.

Bagi penikmat Liga Italia, nama Keita Balde tidaklah asing di telinga. Ya, pemain 23 tahun ini memang sudah malang melintang bermain di kasta tertinggi Negeri Pizza ini bersama Lazio dan Inter Milan.

Baca Juga

Balde sendiri sempat digadang-gadang sebagai salah satu gelandang potensial milik benua Afrika, ketika masih berseragam Lazio. Akan tetapi, keputusannya bergabung dengan AS Monaco di tahun 2017, justru menghancurkan embel-embel tersebut.

Kini pemain berpaspor Senegal tersebut, tengah berusaha keras mengembalikan performa terbaiknya bersama Inter Milan. Tercatat pada musim 2018/19, ia telah bermain sebanyak 22 kali di semua ajang dan telah berkontribusi atas 7 gol.

Disisi lain, walau dikenal sebagai lulusan dari akademi Lazio. Balde sejatinya merupakan pemain asli dari La Masia. Tercatat ia berada di akademi Barcelona ini selama tujuh tahun, mulai dari tahun 2004 hingga 2011. Setelahnya, ia pun pindah ke akademi milik Lazio.
 


3. Andre Onana

Andre Onana, salah satu pemain dari La Masia.

Dalam beberapa musim terakhir, Andre Onana mampu membuat para penggemar Ajax Amsterdam jatuh hati kepadanya, setiap kali penjaga gawang ini bermain di lapangan hijau.

Bagaimana tidak? Onana kerap kali menjadi kunci utama dibalik kemenangan Ajax melalui penyelamatan-penyelamatan krusialnya. Tak ayal pujian demi pujian disematkan kepadanya. Tak sedikit pula yang mengatakan bahwa Onana akan menjadi salah satu pemain binaan Ajax yang akan mendunia seperti sebelum-sebelumnya.

Baca Juga

Menariknya, walau dikenal sebagai jebolan dari Ajax. Onana sejatinya bukan pemain asli dari akademi Ajax, melainkan dari La Masia.

Berdasarkan situs transfer internasional, Transfermarkt, Onana mengawali kariernya sebagai pesepakbola dari akademi Barcelona ini. Kala itu, ia bergabung dengan Blaugrana pada tahun 2010 dari akademi milik Eto'o.

Dari lima tahun masa pembelajarannya, Onana diketahui hanya bermain sebanyak enam kali bersama Barcelona. Hingga pada akhirnya, Ajax pun meminangnya di bulan Januari 2015 silam.

Terus Ikuti Update Sepak bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT.

BarcelonaLaLiga SpanyolAdama TraoreLa MasiaKeita Balde DiaoLiga SpanyolBola Internasional

Berita Terkini