x

4 Fakta Menarik yang Akan Terjadi di Laga Liga Champions Ajax Amsterdam vs Real Madrid

Rabu, 13 Februari 2019 15:35 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
Ajax Amsterdan vs Real Madrid

INDOSPORT.COM - Juara bertahan Real Madrid harus bertandang ke markas Ajax Amsterdam Johan Cruijff Arena dinihari nanti di leg pertama babak 16 besar kompetisi sepak bola Liga Champions 2018/19, Kamis (13/02/19).

Buat Real Madrid pertandingan tersebut kemungkinan tak akan berjalan mudah, mengingat sang pemilik stadion belum sekalipun mengalami kekalahan di kandang sendiri selama gelaran Liga champions musim ini.

Selain itu, dengan dominasi pemain muda, Ajax tentu punya smenagat dan kualitas yang cukup untuk bisa merepotkan Real Madrid.

Baca Juga

Semangat anak-anak muda de Godenzonen juga semakin besar karena pertandingan nanti merupakan kali pertama mereka menembus babak 16 besar Liga Champions sejak lebih dari sedekade silam.

Selain dihiasi dengan fakta kembalinya Ajax ke babak 16 besar tersebut, INDOSPORT juga mencatat setidaknya tiga fakta lainnya yang ceoba kami rangkum dalam '4 Fakta Menarik yang Akan Terjadi di Laga Liga Champions Ajax Amsterdam vs Real Madrid' berikut.


1. Babak 16 Besar Pertama Ajax

Selebrasi para pemain Ajax Amsterdam.

Seperti disinggung di atas, pertandingan nanti menjadi kesempatan perdana Ajax Amsterdam di babak 16 besar Liga Champions dalam satu dekade terakhir.

Terakhir Ajax Amsterdam melaju hingga 16 besar, terjadi di musim 2005/06 silam. Sial bagi Ajax saat itu mereka harus rela tersingkir dari klub Italia, Inter Milan dengan skor akhir 3-2 secara agregat.

Baca Juga

Selepas musim itu, prestasi Ajax seakan menurun drastis hingga sempat absen di beberapa gelaran Liga Champions. Baru pada musim 2010/11 mereka bisa kembali ke ajang tersebut dan hanya bertahan hingga babak penyisihan grup.


2. Real Madrid Selalu Menang di 16 Besar dalam 8 Musim Terakhir

Pemain utama Real Madrid di final Liga Champions 2017/18.

Berbanding terbalik dengan Ajax Amsterdam, Real Madrid justru merupakan langganan di babak 16 besar ini. Tercatat sejak format babak 16 besar di perkenalkan di Liga Champions, Real Madrid tak sekalipun absen.

Bahkan dalam delapan tahun terakhir, Real Madrid selalu mampu menyudahi babak ini dnegan kemenangan agregat dan lolos hingga ke semifinal.

Baca Juga

Jika nantinya Real Madrid gagal mengalahkan Ajax Amsterdam, mereka akan mengulangi kegagalan di musim 2009/10, saat mereka kandas dari klub asal Prancis Lyon dengan agregat 1-2.


3. Laga ke-600 Sergio Ramos

Sergio Ramos memegang trofi Liga Champions.

Pertemuan Ajax Amsterdam vs Real Madrid malam nanti juga sekaligus menjadi laga spesial kapten Los Galaticos, Sergio Ramos.

Ramos akan menandai laga ke-600 bersama Real Madrid di semua ajang sejak bergabung tahun 2005 silam. 

Menjadi spesial buat Ramos karena dalam 600 laga yang dilalui, hampir semua gelar pernah dirasakannya bersama Real Madrid.

Baca Juga

Termasuk juga torehan individu, yang salah satunya membuat namanya menjadi pemain belakang paling produktif dalam sejarah Liga Champions dengan torehan 11 gol sejauh ini.


4. VAR

Video Assistant Referee di Piala Dunia 2018.

Pertandingan Ajax Amsterdam vs Real Madrid nanti semakin spesial karena juga akan menjadi penanda perdana digunakannya teknologi video assistant refree (VAR) di ajang Liga Champions.

Seperti diketahui, baru di babak 16 besar Liga Champions inilah, Federasi Sepak  Bola Eropa, UEFA akhirnya memutuskan untuk menggunakan VAR di Liga Champions.

Baca Juga

Buat Real Madrid maupun Ajax Amsterdam, VAR sendiri bukan barang baru buat mereka. Karena di kompetisi domestik Liga Spanyol dan Belanda mereka juga sudah menggunakan VAR dalam setiap pertandingannya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Champions dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

Real MadridLiga ChampionsSergio RamosAjax AmsterdamVideo Assistant Referees (VAR)TRIVIA

Berita Terkini