x

5 Pemain Man United yang Masih Bertahan Sejak Era Sir Alex Ferguson

Minggu, 17 Februari 2019 14:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Sir Alex Ferguson (kiri) saat berpamitan di laga terakhirnya bersama Manchester United.

INDOSPORT.COM – Pelatih legenda Sir Alex Ferguson memang sudah menyatakan pensiun dari dunia kepelatihan pada 2013. Total ia mengoleksi 38 trofi sepanjang pengabdiannya di Manchester United.

Sejak ditinggal Ferguson, Man United secara bergantian mengontrak pelatih-pelatih kenamaan seperti David Moyes, Louis van Gaal, Jose Mourinho, dan kini Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajer interim.

Baca Juga

Para pemain pun datang dan pergi silih berganti, namun setidaknya ada lima pemain yang masih bertahan di klub sejak era Sir Alex, setelah Michael Carrick memutuskan untuk gantung sepatu pada akhir Juni 2018 lalu. Lantas, siapa saja mereka?

Berikut portal olahraga INDOSPORT merangkum lima pemain Man United yang masih bertahan sejak era Ferguson.

Baca Juga

1. David De Gea

Kiper asal Spanyol tersebut bergabung dari klub La Liga Spanyol, Atletico Madrid, dengan nilai transfer sebesar 18,9 juta pound (sekitar 350 miliar rupiah) pada Juni 2011. Ferguson merekrut David De Gea untuk menggantikan Edwin van der Sar yang pensiun pada pengujung 2010/11.

Baca Juga

De Gea sempat dianggap gagal saat menjalani musim pertama di Man United. Dia tampil mengecewakan lantaran belum mampu beradaptasi sepenuhnya dengan budaya sepak bola Inggris saat itu.

Musim berikutnya, De Gea mulai membaik dan semakin bersinar hingga ia menjadi incaran klub-klub besar seperti Real Madrid, Barcelona, dan Paris Saint-Germain (PSG).


1. 2. Phil Jones

Phil Jones dan Solksjaer

Phil Jones datang dari Blackburn Rovers pada musim panas 2011 dengan nilai transfer sebesar 16,5 juta pound (sekitar 300 miliar rupiah). Bek timnas Inggris ini langsung mendapat kepercayaan di musim pertamanya dan tampil sebanyak 41 kali di semua ajang.

Namun, Jones belakangan sering dihantui cedera sehingga kesempatan bermainnya ikut berkurang. Musim ini, dia bahkan baru diturunkan dalam tiga pertandingan, itu pun berstatus sebagai pemain pengganti untuk Chris Smalling, Eric Bailly, dan Victor Lindelof.

Baca Juga

3. Chris Smalling

Ferguson mendatangkan Chris Smalling dari Fulham pada musim panas 2010 dengan tujuan memperbaiki struktur pertahanan di masa depan menyusul usia Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic yang mulai menua.

Baca Juga

Namun, Smalling tampil tidak konsisten seperti yang diharapkan sehingga sempat tersisih dari tim utama Man United.

Meski demikian, klub toh masih berkeinginan mempertahankannya dan menyetujui perpanjangan kontrak berdurasi 3,5 tahun plus opsi lanjutan untuk tahun berikutnya.


2. 4. Ashley Young

Ashley Young kembali bermain di Liga Champions.

Ashley Young adalah pemain tertua kedua di kubu Manchester United saat ini. Pemain berusia 33 tahun tujuh bulan tersebut memulai karirnya di Old Trafford pada tahun 2011 setelah dibeli dari Aston Villa.

Kemampuan menjadi pembeda dalam permainan tim memungkinkannya untuk tetap bertahan sejauh kini. Teranyar, mantan pemain timnas Inggris tersebut memperpanjang kontrak berdurasi satu tahun ke depan.

Baca Juga

5. Antonio Valencia

Antonio Valencia bertanggung jawab sebagai kapten Setan Merah setelah Michael Carrick memutuskan pensiun. Ia telah memperkuat Man United selama 10 tahun yang kemudian membuatnya layak untuk memimpin rekan setim di atas lapangan.

Ferguson merekrut Valencia dari Wigan Athletic untuk menggantikan posisi sayap kanan yang ditinggalkan Cristiano Ronaldo pada 2009.

Baca Juga

Pemain timnas Ekuador tersebut sempat kesulitan dan hampir memutuskan untuk meninggalkan Man United setelah disisihkan oleh Jose Mourinho, tapi belakangan ia mengurungkan niat itu setelah Ole Gunnar Solskjaer memegang kendali dan memastikan bahwa Valencia akan tetap menjadi kapten tim.

Ikuti Terus Update Informasi Seputar Sepak Bola Liga Inggris Hanya di INDOSPORT

Manchester UnitedAntonio ValenciaSir Alex FergusonDavid de GeaChris SmallingAshley YoungPhil JonesLiga Inggris

Berita Terkini