x

5 Pemain ‘Veteran’ yang Kembali Dipanggil ke Timnas Indonesia

Jumat, 22 Februari 2019 06:59 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Ilustrasi tiga pemain 'veteran' yang akan tampil kembali di Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia akan menjalani pertandingan persahabatan yang masuk dalam agenda FIFA pada Maret mendatang. Nantinya, Skuat Garuda dijadwalkan bakal menghadapi Myanmar.

Mengingat adanya agenda pertandingan persahabatan tersebut, pelatih Simon McMenemy pun langsung mengambil langkah cepat untuk memanggil beberapa pemain pilihannya untuk mengikuti sesi latihan bersama Timnas Indonesia.

Terhitung, ada 27 pemain yang dipanggil oleh pelatih berkebangsaan Skotlandia tersebut. Dari daftar nama yang dipanggil Simon McMenemy, hadir sejumlah kejutan. Karena nama-nama yang biasanya langganan masuk Timnas Indonesia kini tak dipakai, dan sebaliknya.

Baca Juga

Simon McMenemy sepertinya lebih mempercayakan para pemain senior untuk mengisi skuat utama Timnas Indonesia. Itu terbukti ketika dirinya kembali memanggil beberapa pemain ‘veteran’ jelang laga kontra Myanmar.

Berikut INDOSPORT mencoba merangkum setidaknya lima pemain ‘veteran’ yang kembali dipanggil ke Timnas Indonesia di bawah arahan Simon McMenemy.


1. Ruben Sanadi

Ruben Sanadi ketika pemusatan latihan Timnas Indonesia.

Ruben Sanadi merupakan pemain bertahan yang memiliki kualitas. Tak heran jika dirinya masih menjadi pilihan utama di lini belakang Persebaya Surabaya pada Liga 1 2018 lalu.

Kualitas yang dimiliki pemain kelahiran Papua tersebut pun terbukti ketika dirinya mendapatkan kesempatan bermain bersama Timnas Indonesia pada 2013 lalu. Namun dirinya tak lagi terpakai di Timnas Indonesia sejak menjalani Kualifikasi Piala Asia pada tahun 2015 lalu.

Kini dirinya kembali mendapatkan kepercayaan pelatih Simon McMenemy untuk mengisi skuat utama Tim Garuda. Ruben Sanadi pun sepertinya bisa memberikan pengalamannya kepada Ricky Fajrin, yang beberapa kali dimainkan sebagai bek kiri.

Baca Juga

Yustinus Pae

Yustinus Pae.

Selain Ruben Sanadi, pemain asal Papua lainnya yang kembali mendapatkan kesempatan menggunakan jersey Timnas Indonesia adalah Yustinus Pae.

Yustinus Pae sendiri sempat dipanggil ke Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Asia pada 2015 lalu. Namun setelah itu, pemain yang berposisi sebagai bek kanan tersebut tak lagi menjadi pilihan di Skuat Garuda.

Simon McMenemy nampaknya ingin mengubah sistem yang diterapkan pelatih-pelatih sebelumnya dengan mempercayakan pemain muda. Pasalnya, bek kanan Timnas Indonesia biasanya diisi oleh I Putu Gede dan Gavin Kwan Adsit.


2. Manahati Lestusen

Manahati Lestusen saat cetak gol untuk Timnas.

Pemain yang kembali mendapatkan satu tempat di skuat Timnas Indonesia adalah penggawa andalan sekaligus kapten PS TIRA Persikabo, Manahati Lestusen.

Seperti yang diketahui, Manahati Lestusen sempat menjadi bagian penting bagi Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 lalu. Bagaimana tidak, dirinya berhasil mencetak satu gol krusial saat menyingkirkan Vietnam di babak semifinal.

Kini perannya pun kembali dibutuhkan oleh Simon McMenemy. Kekuatan yang dimiliki pemain berusia 25 tahun tersebut nampaknya sangat dibutuhkan Timnas Indonesia untuk menahan gempuran pemain lawan.

Greg Nwokolo

Simon McMenemy juga kembali mempercayakan pemain naturalisasi asal Nigeria, Gregr Nwokolo untuk mengisi lini serang Timnas Indonesia.

Pemain milik Madura United tersebut terakhir kali memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia pada 2015 lalu. Setelah itu, dirinya tak lagi menjadi pilihan di Tim Merah Putih.


3. Samsul Arif

Samsul Arif mengenakan seragam Timnas Indonesia ketika berhadapan dengan Palestina.

Samsul Arif menjadi satu-satunya penyerang lokal yang konsisten mencetak gol paling banyak dalam dua musim terakhir di Liga 1. Terhitung, dirinya selalu mencetak 10 gol lebih dalam dua musim berturut-turut.

Baca Juga

Pada Liga 1 2017, dirinya sukses menyumbangkan 16 gol bersama Persela Lamongan. Lalu pada musim 2018, mantan pemain Persib Bandung tersebut sukses menyarangkan 14 gol.

Melihat catatan tersebut, tak heran mengapa Samsul Arif kembali mendapatkan tempat di lini serang Timnas Indonesia.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT

Samsul ArifGreg NwokoloRuben SanadiManahati LestusenTimnas IndonesiaLiga IndonesiaSimon McMenemyTRIVIA

Berita Terkini