x

Perbandingan Steven Paulle dan Negute, Mana yang lebih Layak Memperkuat Persija Jakarta?

Minggu, 24 Februari 2019 16:30 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Neguete Digabungin dan Steven Paulle.

INDOSPORT.COM - Tanpa ada rumor berembus, secara mengejutkan juara Liga 1 2018, Persija Jakarta kembali mendatangkan pemain asing baru, Steven Paulle.

Jika melihat statusnya sebagai pemain belakang berkewarganegaraan Prancis, kedatangan Paulle terasa janggal karena Persija Jakarta sejatinya sudah tak lagi memiliki kuota pemain asing. Apa lagi, untuk pos pemain belakang, sudah ada bek asal Brasil, Neguete.

Dengan fakta tersebut, kedatangan Paulle ini kemungkinan besar membuat posisi Neguete terancam di Persija Jakarta sebelum bergulirnya Liga 1 2019 Mei mendatang.

Baca Juga

Mempertimbangkan fakta Paulle sudah sejak dua musim lalu bermain di Indonesia bersama PSM Makassar, Neguete jelas kalah dalam hal pengalaman.

Namun, di sisi lain, memang sulit untuk membandingkan kualitas keduannya secara langsung. Untuk itu, berikut INDOSPORT merangkumkan head to head Paulle dan Neguete dari berbagai aspek yang mungkin bisa menjadi pertimbangan kualitas keduanya.


1. Faktor Fisik

Neguete (kiri) berebut bola dengan Riko Simanjuntak.

Sebagai pemain belakang, baik Steven Paulle maupun Neguete jelas memiliki postur yang cukup mumpuni.

Memiliki usia yang lebih muda, 28 tahun, Neguete memiliki keunggulan dalam tinggi badan yang mencapai 190 cm. Sementara Steven Paulle, yang berusia 33 tahun, sedikit lebih pendek, dengan tinggi 187 cm.

Namun, jika lebih teliti, Paulle memiliki tubuh yang lebih berisi dibandingkan Neguete. Meski dengan tubuh yang lebih kurus, Neguete terlihat memiliki pergerakan yang lebih cepat.


2. Pengalaman Karier

Steven Paulle (Dijon FCO)

Steven Paulle memiliki keunggulan dalam pengalaman karier di Indonesia yang telah berjalan sejak dua musim lalu. Namun, lebih dari itu, rasanya pengalaman Paulle secara keseluruhan juga mengungguli Neguete.

Paulle tak memiliki banyak klub yang pernah diperkuat sebelumnya. Namun, dalam daftar itu, ada nama dua klub masyhur di sepak bola Prancis, yaitu Cannes dan Dijon. Hanya dua klub itulah yang pernah diperkuat Paulle sebelum akhirnya hijrah ke PSM Makassar.

Di sisi lain, Neguete dengan usia yang lebih muda justru memiliki catatan klub yang lebih banyak. Setidaknya ada tujuh klub yang pernah diperkuat Neguete sebelum ke Persija Jakarta.

Dari tujuh klub tersebut, hanya klub kasta tertinggi Liga Brasil Cruzeiro lah yang relatif memiliki nama di persepak bolaan dunia.


3. Statistik Penampilan

steven paulle

Bukan hanya klub yang lebih punya nama dari Neguete, Paulle juga tampak unggul dalam statistik jumlah permainan sepanjang kariernya.

Dalam data pertandingan resmi yang dimuat di halaman transfermarkt, Paulle tercatat sudah bermain sebanyak 175 pertandingan dan mampu mencetak lima gol serta dua assist. Jumlah tersebut dilakukan Paulle selama kiprahnya di Ligue 1 dan 2 Prancis, Coupe de la Ligue dan juga Liga 1.

Catatan tersebut berkali lipat dari jumlah pertandingan Neguete yang baru melakoni 26 pertandingan dan mengemas satu gol di Serie A dan B Brasil dan juga Liga Iran.

Namun, dengan statistik dan catatan yang lebih mentereng, Persija Jakarta harus rela merogoh kantong lebih dalam untuk mendatangkan Paulle.

Saat ini, menurut data Transfermarkt, Neguete hanya memiliki nilai pasar 75 ribu euro atau setara Rp1,1 miliar. Sebaliknya, Paulle berkali lipat lebih mahal, seharga 275 ribu Euro atau setara Rp4,3 miliar.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 dan Persija Jakarta Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persija JakartaLiga IndonesiaLiga 1TRIVIASteven PaulleNeguete

Berita Terkini