x

Timnas Indonesia U-22 Bisa Ekspoitasi 2 Kelemahan Vietnam ini di Piala AFF U-22 2019

Minggu, 24 Februari 2019 11:30 WIB
Editor: Coro Mountana
Vietnam vs Timnas Indonesia U-22

INDOSPORT.COM – Piala AFF U-22 2019 merupakan ajang sepak bola bergengsi yang sangat ingin dimenangi oleh Timnas Indonesia U-22. Untuk mencapai target tersebut, Timnas Indonesia U-22 perlu melewati hadangan Vietnam terlebih dahulu.

Vietnam sendiri merupakan tim terkuat di Asia Tenggara saat ini sehingga tentu tidak akan mudah untuk menyingkirkan mereka. Mereka telah membuktikannya dengan juara grup A yang berisi Thailand, Filipina, dan Timor Leste.

Baca Juga

Oleh karena itu saat ini pelatih Indra Sjafri tengah mempersiapkan Timnas Indonesia jelang babak semifinal Piala AFF U-22 2019. Salah satu bentuk persiapannya adalah dengan mempelajari pola permainan Vietnam.

Juara grup A itu memang sangat kuat dalam hal set piece, high press, dan serangan dari sisi sayap, pola itu yang perlu diantisipasi oleh skuat asuhan Indra Sjafri. Akan tetapi Vietnam juga memiliki kelemahan yang bisa dieksploitasi oleh Timnas Indonesia U-22.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT mencoba untuk mengulasnya dalam 2 kelemahan Vietnam yang bisa dieksploitasi oleh Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF U-22 2019.


1. Set Piece

Todd Rivaldo Ferre saat berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Qatar U-19.

Vietnam memang handal dalam melakukan set piece baik itu tendangan bebas ataupun sepak pojok. Akan tetapi uniknya mereka juga seperti lemah dalam mengantisipasi bola mati. Hal itu terlihat dari satu-satunya gol yang bersarang di gawang Vietnam berasal dari tendangan bebas.

Adalah Jeremiah Borlongan yang sempat membawa Filipina unggul terlebih dahulu atas Vietnam di laga perdana. Tentu ini menjadi fakta yang menggembirakan mengingat Timnas Indonesia U-22 handal dalam mengeksekusi bola mati.

Baca Juga

M. Luthfi dan Todd Rivaldo Ferre merupakan dua penggawa Timnas Indonesia U-22 yang sangat handal dalam mengeksekusi tendangan bebas. Kemampuan Luthfi dan Todd Rivaldo terlihat jelas saat Timnas Indonesia U-19 bertemu Qatar di Piala Asia U-19 tahun lalu.


2. Mudah Frustasi

Timnas Vietnam U-22

Satu faktor lagi yang bisa dimanfaatkan oleh Timnas Indonesia U-22 adalah semangat muda dari para pemain Vietnam. Layaknya masih muda, para pemain Vietnam ini mudah frustasi ketika timnya mengalami kebuntuan.

Itu terlihat saat menghadapi Filipina di laga perdana grup A yang dimenangkan oleh Vietnam dengan skor 2-1. Meski menang, Vietnam meraihnya dengan sangat sengsara karena Filipina bermain sangat baik di lini pertahanan.

Baca Juga

Apalagi Filipina saat itu sempat unggul 1-0 hingga menit ke-73 yang semakin membuat para pemain Vietnam panik. Hal itu bisa ditiru Timnas Indonesia U-22 untuk secepat mungkin cetak gol lalu memperkuat lini pertahanan yang nantinya akan membuat Vietnam kehilangan akal.

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Timnas Indonesia U-22 dan Piala AFF U-22 2019 di INDOSPORT.COM.