x

Dua dari Indonesia, Ini 5 Pemain Terbaik Piala AFF U-22 2019 versi Media Internasional

Rabu, 27 Februari 2019 06:04 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Juni Adi
Aksi selebrasi pemain Timnas Indonesia U-22

INDOSPORT.COM - Gelaran Piala AFF U-22 2019 menghasilkan Timnas Indonesia U-22 sebagai juara usai menaklukan Thailand di partai puncak, Selasa (26/02/19).

Menang dengan skor tipis 2-1, Timnas sepak bola Indonesia U-22 juga mampu mengirimkan pemainnya Marinus Wanewar sebagai salah satu pencetak gol terbanyak di turnamen Piala AFF U-22 2019 yang berlangsung di Kamboja itu.

Marinus total mencetak tiga gol sepanjang turnamen, sama dengan raihan Saringkan Promsupa asal Thailand dan pemain Vietnam, Tran Danh Trung.

Baca Juga

Capaian Marinus itupun membuat namanya banyak menjadi sorotan sepanjang turnamen. Bahkan media olah raga yang berbasis di Amerika Serikat, Fox Sports tak segan memasukan nama Marinus ke dalam deretan lima pemain terbaik di Piala AFF U-22 2019 versi mereka, berikut ulasannya:


1. 5. Marco Ballini (Thailand)

Marco Ballini, bek andalan Timnas Thailand

Di urutan kelima pemain terbaik Piala AFF U-22 2019 ada palang pintu Thailand ketururnan Italia, Marco Ballini.

Dengan postur tinggi menjulang, Ballini layak menjadi salah satu pemain terbaik di Piala AFF U-22 2019 seiring capaiannya yang mampu menjaga rapatnya pertahanan Thailand sepanjang turnamen.

Bahkan dengan keberadaan Ballini di jantung pertahanan, Thailand tak sekalipun kebobolan hingga babak semifinal. Sebelum akhirnya kemasukan dua gol saat jumpa Timnas Indonesia U-22 di partai puncak.


2. 4. Firza Andika (Indonesia)

Firza Andika (kanan) duel dengan pemain Malaysia untuk mendapatkan bola

Di urutan selanjutnya ada bek kiri Timnas Indonesia U-22, Firza Andika. Nama pemain yang musim lalu memperkuat PSMS Medan itu dipilih karena kemampuannya yang komplit sebagai seorang bek sayap kiri.

Firza bukan hanya mampu menjaga pertahanan hingga berujung cleansheet di dua pertandingan Indonesia pada fase grup, namun dirinya juga cukup rajin menyisir sektor sayap kiri untuk membantu penyerangan.

Hal yang membuat namanya layak untuk masuk ke dalam daftar pemain terbaik Piala AFF U-22 2019 adalah karena sepanjang turnamen, Firza tak segan untuk menunjukan kualitas skill-nya di pertandingan, juga sesekali melepaskan tembakan jarak jauh yang membahayakan gawang lawan.


3. 3. Tran Danh Trung (Vietnam)

Striker Timnas Vietnam yang produktif di Piala AFF U-22 2019, Tran Danh Trung.

Berikutnya ada penyerang Timnas Vietnam, Tran Danh Trung yang masuk kedalam tiga besar pemain terbaik Piala AFF U-22 2019.

Alasannya jelas, karena Tran Danh Trung merupakan salah satu dari tiga pencetak gol terbanyak di turnamen yang berlangsung di Kamboja ini. Berposisi sebagai penyerang sayap kiri, Tran Danh Trung memiliki tipikal permainan cepat. 

Dengan posisinya itu, Tran Danh Trung juga cukup sering melakukan tususkan ke kotak penalti lawan, hingga memungkinkan dirinya bisa mencetak total tiga gol sepanjang Piala AFF U-22 2019.


4. 2. Marinus Wanewar (Indonesia)

Aksi selebrasi pemain Timnas Indonesia usai Marinus mencetak gol

Penyerang Timnas Indonesia U-22, Marinus Wanewar ada di urutan kedua pemain terbaik Piala AFF U-22 2019 versi Fox Sports. Alsannya tentu tak lepas dari catatan tiga gol yang mampu dikemas pemain asal Papua itu.

Selain itu Marinus selalu bisa menjadi sosok kunci di setiap pertandingan Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF U-22 2019. Dengan segala kontorversinya, Marinus selalu menjadi pemain yang mendapatkan perhatian lebih dari para lawannya di atas lapangan.

Kendati demikian, Marinus tetap mampu untuk menjaga emosinya sepanjang turnamen dan tak sedikitpun merugikan Timnas Indonesia U-22.


5. 1. Saringkan Promsupa (Thailand)

Saringkan Promsupa bek Timnas Thailand U-23

Sama seperti Marinus Wanewar dan Tran Danh Trung, pemain Thailand Saringkan Promsupa juga mampu menjadi top skor dengan catatan tiga gol.

Namun dengan alasan posisinya yang merupakan pemain belakang, layak rasannya jika Saringkan Promsupa lebih dikedepankan sebagai pemain terbaik Piala AFF U-22 2019.

Mencetak salah satu-satunya gol Thailand di partai puncak, Saringkan Promsupa juga merupakan aktor penting keberhasilan tim Gajah Putih itu mencatatkan cleean sheet di empat laga hingga babak semifinal.

Nilai lebih seorang Saringkan Promsupa, dirinya juga merupakan kapten tim. Pemain yang selalu mampu memimpin rekan-rekannya di Timnas Thailand sepanjang bergulirnya Piala AFF U-22 2019.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Timnas U-22 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Bola InternasionalMarinus WanewarFirza AndikaTRIVIAPiala AFF U-22 2019Timnas Indonesia U-22

Berita Terkini