x

Ngeri! Ini Perkiraan Formasi Timnas Indonesia U-23 Jika Diperkuat Pemain Keturunan

Minggu, 10 Maret 2019 17:29 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Ngeri! ini Perkiraan Formasi Timnas Indonesia Jika Diperkuat Pemain Keturuan di Ajang AFC U-23

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 akan melakoni laga perdana babak penyisihan Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 pada 22 sampai 26 Maret 2019 mendatang.

Jelang laga sepak bola tersebut skuat Garuda Muda dikabarkan bakal diperkuat beberapa pemain keturunan yang bermain di luar negeri.

Rumor tersebut pertama kali muncul dari pemberitaan salah satu media berita olahraga terbesar asal Vietnam, Bongda, yang menulis bahwa Timnas Indonesia U-23 akan memanggil delapan pemain sepak bola yang tengah berkarier di luar negeri.

Baca Juga

Nama-nama yang akan dipanggil Timnas Indonesia U-23 besutan Indra Sjafri dalam laman tersebut adalah Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk, Polandia), Ezra Walian (Almere City, Belanda), dan Saddil Ramdani yang memperkuat Pahang FA.

Selain itu, ada juga pemain yang memiliki darah Indonesia yakni dan dianggap bisa memperkuat Timnas Indonesia, antara lain Keziah Veendorp (FC Emmen, Belanda), Shayne Pattynama (FC Utrecht, Belanda), Thomas Gardner (Pacific, Kanada), Jaeel Hattu (PSV Endhoven), serta Darren Sidoel (Reading).

Dengan sejumlah pemain yang memiliki pengalaman cukup banyak di Liga Eropa, kemungkinan Timnas Indonesia U-23 akan memiliki skuat mengerikan dan bisa berbicara lebih di babak kualifikasi kali ini.

Baca Juga

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT coba menerka formasi yang akan terjadi jika seluruh pemain keturunan yang disebutkan di atas, berhasil masuk kedalam skuat Timnas Indonesia U-23.

Sesuai dengan kebiasaan taktik coach Indra Sjafri yang gemar menggunakan strategi 4-3-3, maka perubahan paling mencolok akan terasa di lini tengah.


1. Wanewar Ujung Tombak, Thomas Gardner Pengatur Serangan

Aksi selebrasi Timnas Indonesia U-22 merayakan kemenangan sebagai juara Piala AFF U-22

Meski begitu, barisan pertahanan bakal mendapat suntikan tenaga usai Keziah Veendorp dipastikan mengisi sektor bek tengah yang kerap menjadi masalah selama gelaran AFF U-22 lalu.

Berduet dengan Darren Sidoel, pertahanan Timnas Indonesia U-23 kemungkinan akan sangat sulit untuk ditembus meski para lawan memainkan bola-bola atas yang merupakan kelemahan Timnas lantaran postur tubuh pemain belakang yang kurang tinggi.

Baca Juga

Di sektor tengah, Timnas bakal kebanjiran gelandang bertenaga dan bertalenta, namun duet Gian Zola, Shayne Pattynama serta Thomas Gardner dianggap yang terbaik.

Thomas Gardner yang sering menjadi andalan Pacific FC dalam engawal rekannya di Liga Kanada, akan menjadi pengatur serta pemutus serangan di sektor tengah.

Sedangkan Gian Zola dan Shayne Pattynama bermain sedikit melebar, untuk membuka ruang agar para pemain sayap mendapat celah dalam menerima bola dan melakukan akselerasi ke kotak penalti lawan.

Posisi pemain depan Timnas Indonesia sendiri akan dihuni oleh trio Egy Maulana Vikri, Witan Sulaiman dan Marinus Wanewar yang memang tampil gemilang dalam ajang AFF U-22 lalu.

Baca Juga

Egy dan Witan akan bertindak sebagai sayap untuk memberikan umpan silang kepada Marinus, sekaligus second striker yang bertugas menarik pemain lain keluar dari kotak penalti agar Marinus dapat bergerak bebas menerima umpan.

Lebih lengkapnya berikut perkiraan formasi Timnas jika diperkuat para pemain keturunan di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020:

Kiper
Awan Setho (GK)

Belakang
Keziah Veendorp (FB)
Darren Sidoel (CB)
Asnawi Mangkualam (CB)
Firza Andika (FB)

Tengah
Gian Zola (CMF)
Shayne Pattynama (MF) 
Thomas Gardner (MF)

Penyerang
Egy Maulana Vikri (WF)
Witan Sulaiman (WF)
Marinus Wanewar (CF)

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

Indra SjafriTimnas Indonesia U-23NaturalisasiLiga IndonesiaPiala AsiaKualifikasi Piala Asia U-23 2020

Berita Terkini