x

Hasil Piala AFC 2019 Shan United vs Persija: Tiga Poin Perdana Macan Kemayoran

Selasa, 12 Maret 2019 18:01 WIB
Editor: Juni Adi
Shan United vs Persija Jakarta

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta berhasil menaklukan tuan rumah Shan United dengan skor 3-1 di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, dalam laga kedua Grup G Piala AFC 2019, Selasa (12/03/19) sore WIB.

Ini merupakan tiga poin perdana Persija di kompetisi kasta kedua antara klub di Asia tersebut. Sebelumnya, Persija hanya bisa bermain imbang 0-0 melawan Becamex Binh Duong pada akhir Februari lalu.

Dalam prosesnya, Macan Kemayoran sempat tertinggal terlebih dahulu dari Shan United berkat gol Reo Nakamura. Keunggulan 1-0 pun berhasil dipertahankan Shan United.

Baca Juga

Di babak kedua, Persija berhasil melakukan comeback. Mereka memborong tiga gol melalui Bruno Matos (2 gol) dan Steven Paulle. Persija pun mengakhiri laga dengan kemenangan 3-1.

Hasil ini membuat Persija naik di peringkat kedua klasemen sementara Grup G, dengan empat poin menggeser posisi Becamex Binh Duong dengan satu poin, yang baru akan bertanding melawan Ceres pada malam hari ini.


1. Babak I

Shan United vs Persija Jakarta

Persija coba langsung menekan di awal-awal babak pertama, melalui kombinasi Heri dan Dany untuk menerobos kotak penalti lawan. Namun sayang, upayanya masih belum membuahkan hasil.

Pada menit ke-8 giliran Riko Simanjuntak yang coba mengancam. Sepakan sudutnya mengarah kepada Paulle dan diteruskan ke Heri. Tetapi tandukannya masih melebar.

Baca Juga

Shan United yang bertindak sebagai tuan rumah mencoba keluar dari tekanan. Peluang berbahaya mereka dapat pada menit ke-12 lewat sepakan ambisius Set Phyo Wai, tapi masih melambung.

Kebuntuan akhirnya pecah. Meski minim serangan, Shan United justru mampu unggul lebih dahulu atas Persija, melalui gol Reo Nakamura yang dicetak menit ke-16. Shan United unggul 1-0.

Baca Juga

Tertinggal satu gol membuat agresivitas serangan Persija meningkat. Sejumlah peluang berhasil diciptakan, namun belum membuahkan hasil salah satunya datang dari kaki Bruno Matos.

Pada menit ke-42, Matos mengeksekusi tendangan bebas di luar kotak penalti. Persija nyaris menyamakan kedudukan, andai bola tendangan Matos tidak membentur tiang gawang.

Memasuki tiga menit jelang turun minum, tak banyak peluang berbahaya lagi yang diciptakan oleh Persija, sehingga skor 1-0 tak berubah di babak pertama hingga jeda.


2. Babak II

Shan United vs Persija Jakarta

Upaya untuk menyamakan kedudukan membuat Persija langsung tancap gas di awal babak kedua. Peluang coba diciptakan oleh Dany di menit ke-49.

Tetapi umpan silang Dany justru membuat Ramdani dan Riko bertabrakan di udara dan kehilangan kesempatan melesatkan bola ke gawang.

Pada menit ke-58 peluang emas didapat Persija. Ismed Sofyan cs memperoleh tendangan bebas di dalam kotak penalti, usai kiper Shan United dianggap melakukan pelanggaran karena menangkap bola backpass.

Baca Juga

Tapi sayang, tembakan bebas yang dieksekusi oleh Bruno Matos membentur wajah Hedipo dengan keras. Sepakan sudut bagi Persija, sementara Hedipo tampak butuh perawatan medis.

Serangan bertubi-tubi yang dilakukan Persija akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-66. Bruno Matos menuntaskan peluang emas dari umpan terobosan. Skor berubah jadi 1-1.

Hasil imbang tampaknya bukan target utama Persija di laga ini. Usai gol Bruno Matos, Macan Kemayoran terus melakukan serangan.

Benar saja, gol kedua pun akhirnya lahir. Persija comeback dan berbalik unggul menjadi 2-1, lewat gol Steven Paulle menit ke-77.

Lima menit jelang waktu bubaran, Persija kembali menabha gol dan memperbesar keunggulan melalui gol Bruno Matos lagi menit ke-85. Skor pun jadi 3-1 untuk Persija.

Shan United pun coba mengejar ketertinggalan di sisa waktu yang ada. Namun, hingga wasit meniup peluit panjang, skor 3-1 tak berubah untuk kemenangan Persija. 


3. Susunan Pemain

Persija Jakarta vs Shan United

Berikut Susunan Pemain Shan United vs Persija:

Shan United

Myo Min Latt; H.H.Aung, David Htan, H.T.H. Zaw, Y.M.Thu; Yan Naing, Reo Nakamura, Set Phyi Wai; Zin Min Tun, Maycon Rogerio Calijuri, Hedpipo Gustavo

Persija Jakarta

Persija JakartaPiala AFCBola InternasionalPiala AFC 2019

Berita Terkini