x

3 Alasan Liverpool Sebaiknya 'Sengaja' Kalah dari Bayern Munchen di Liga Champions

Rabu, 13 Maret 2019 19:28 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Bayern munchen vs Liverpool.

INDOSPORT.COM - Untuk mendapatkan tiket ke perempatfinal, Liverpool harus berhadapan dengan Bayern Munchen pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2018/19, Kamis (14/03/19).

Hanya bermain imbang tanpa gol di kandang sendiri pada pertemuan leg pertama, Liverpool sebenarnya cukup bisa menahan imbang Bayern Munchen dengan memasukan catatan harus memasukan gol, berapa pun skor akhirnya. 

Hal ini jelas bukan sesuatu yang mustahil untuk di lakukan Liverpool. Terlebih mereka memiliki pemain-pemain sepak bola di lini depan yang terbukti tajam. 

Baca Juga

Namun dibalik peluang yang terbuka untuk Liverpool bisa terus melaju ke perempatfinal, muncul pertanyaan seberapa layakkah mereka untuk terus berjuang di Liga Champions 2018/19.

Bukan perihal kualitas pemain, namun karena di saat yang sama mereka juga masih berpeluang besar juga meraih juara di Liga Primer Inggris 2018/19.

Untuk itu, berikut portal berita olahraga INDOSPORT coba merangkumkan beberapa alasan sebaiknya Liverpool lebih baik mengalah dari Bayern Munchen dan mengikhlaskan tiket prempatfinal Liga Champions 2018/19.


1. Fokus Liga Primer Inggris

Liverpool vs Man City.

Alasan utama Liverpool sebaiknya mengalah dari Bayern Munchen di Liga Champions 2018/19 adalah agar mereka bisa fokus di Liga Primer Inggris 2018/19.

Selepas disalip oleh Manchester City di puncak klasemen tentu Liverpool butuh fokus lebih untuk bisa kembali mengambil alih posisi tersebut. Apa lagi Manchester City kini sudah dipastikan melaju ke babak perempatfinal Liga Champions 2018/19.

Baca Juga

Jika Liverpool mengikhlaskan diri kala dari Bayern Munchen dan tersingkir di Liga Champions saat ini, maka mereka akan memiliki jumlah laga yang lebih sedikit dari Manchester City. 

Jumlah tersebut tentu akan sangat berarti bagi para pemain, di tengah jadwal kompetisi yang semakin padat menjelang akhir musim.

Apa lagi jadwal perempatfinal Liga Champions 2018/19 akan sangat memberatkan untuk Liverpool andai mereka nantinya lolos.

Berlangsung diantara tanggal 9–10 April 2019 dan 16–17 April 2019, waktu pertandingan tersebut terjadi di antara laga berat Liverpool di Liga Primer Inggris menghadapi Chelsea (14/04/19).


2. Peluang Juara Liga Champions Berat

Liverpool vs Bayern Munchen, Pertandingan Liga Champions

Hal lainnya yang mendukung alasan sebaik Liverpool mengalah atas Bayern Munchen adalah terkait peluang mereka di Liga Champions 2018/19 itu sendiri. Dibanding Liga Champions, gelar juara Liga Primer Inggris jelas lebih realistis buat Liverpool saat ini.

Jika ingin menjadi juara Liga Primer Inggris Liverpool hanya perlu fokus ke tim mereka sendiri dan bersaing dengan Manchetser City. Sementara di Liga Champions, perjalanan masih sangat jauh dan berat untuk Liverpool hingga berujung gelar juara.

Baca Juga

Jikapun mereka bisa melewati Bayern Munchen, masih ada nama-nama besar yang siap menghadang mereka untuk kembali mengangkat trofi Si Kuping Besar. Mulai dari Manchester United, Manchester City, Juventus, hingga Barcelona.

Dan dibandingkan kalah dan tersingkir di babak-babak berikutnya tanpa gelar juara, kalah dari Bayern Munchen jelas lebih menguntungkan buat anak asuh Jurgen Klopp nanti karena bisa membuat mereka tak perlu buang banyak tenaga lebih.

Demi Gengsi Suporter

Alasan berikutnya Liverpool lebih baik mengalah dari Bayern Munchen adalah demi suporter setia mereka, Liverpudlian, Kopites maupun Wools.

Hal itu dikaitkan dengan keinginan besar para suporter untuk bisa melihat tim pujaannya meraih gelar prestisus Liga Primer Inggris. Gelar yang hingga saat ini belum pernah merapat ke kota Merseyside. Gelar yang sering kali menjadikan mereka bulan-bulanan suporter klub besar lainnya di Inggris.

Bahkan sebelum laga melawan bayern Munchen, penyerang andalan Liverpool Mohamed Salah dengan terang-terangan menyebut ikhlas melepas peluang di Liga Champions demi memberikan gelar Liga Primer Inggris untuk suporter Liverpool.

Baca Juga

"Sejujurnya bagi saya yang lebih prestisius adalah Liga Champions. Tapi impian kota dan klub Liverpool adalah Liga Inggris. Jadi saya siap untuk mengorbankan impian saya demi impian mereka," kata Salah, seperti dikutip Reuters.

Selaras dengan peryataan Salah tersebut, maka akan sangat baik jika Liverpool langsung saja merelakan posisisnya di Liga Champions demi gelar Liga Primer Inggris sedini mungkin.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Champions Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

LiverpoolLiga ChampionsBayern MunchenTRIVIA

Berita Terkini