x

5 Pemain Kesayangan Bobotoh di Persib Bandung, dari yang Lokal Hingga Internasional

Kamis, 14 Maret 2019 19:40 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni

INDOSPORT.COM - Persib Bandung berulang tahun ke-86 pada hari ini, Kamis (14/03/19). Ya, pada tanggal 14 Maret 1933, lahirlah klub yang berjuluk Maung Bandung dan terus eksis mewarnai sepak bola Indonesia.

Persib Bandung merupakan salah satu klub klasik yang sudah sangat lama mewarnai sepak bola Indonesia. Mereka sudah ada sejak zaman perserikatan, Galatama hingga saat ini, Liga Indonesia.

Berbagai gelar pun sudah berhasil diraih oleh Persib Bandung. Yaitu gelar juara perserikatan atau Liga Indonesia sebanyak tujuh kali (1937, 1961, 1986, 1990, 1994, 1994/95 dan terakhir Indonesia Super League (ISL) 2014 lalu.

Baca Juga

Sejak awal terbentuk tahun 1933, hingga usianya yang ke-86 tahun, Persib Bandung pun tidak henti-hentinya menelurkan para pemain berbakat, entah itu pemain lokal atau asing.

Oleh karena itu, berikut INDOSPORT coba rangkum sebanyak lima pemain yang menjadi idola Bobotoh, suporter setia Persib Bandung. Dari pemain lokal hingga yang internasional.

1. Robby Darwis 

Robby Darwis legenda Persib Bandung.

Robby Darwis sendiri merupakan pemain asli Bandung yang mampu membawa tanah kelahirannya berjaya di persepakbolaan Indonesia. Oleh karena itu status legenda pun melekat di dalam namanya.

Karena kehebatannya yang tak terbendung, pemain yang mendapat julukan Bima saat masih aktif bermain ini mendapatkan kesempatan mengisi skuat Timnas Indonesia pada 1987 silam.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Robby Darwis telah membawa Persib Bandung meraih beberapa gelar prestisius. Terhitung, dirinya empat kali membantu Persib meraih gelar di kasta teratas Liga Indonesia.

Baca Juga

Itu terjadi ketika Persib masih bersaing di Perserikatan. Robby Darwis berhasil meraih gelar Perserikatan pada musim 1986, 1989/90 dan 1993/94.

Saking dirinya dekat dengan Bobotoh, usai pensiun, Robby Darwis juga memutuskan melatih Persib Bandung pada tahun 2010 silam. Sebenarnya sejak 2007, namun dia sebagai asisten pelatih.


1. 2. Djajang Nurdjaman

Pelatih Persebaya, Djajang Nurdjaman

Jika berbicara Persib Bandung, tidak lengkap jika melewatkan nama Djajang Nurdjaman. Sosok yang kini menjadi pelatih itu, merupakan pahlawan untuk Maung Bandung.

Saat masih berkarier sebagai pemain, Djanur menyumbang sebanyak tiga gelar juara saat era Perserikatan untuk Persib Bandung. Tahun 1986, 1990, 1994 silam.

Kecintaan Bobotoh pada Djanur juga semakin bertambah saat dirinya membawa Persib Bandung menjuarai Indonesia Super League 2014 dan Piala Presiden 2015 sebagai pelatih.

3. Sinthaweechai 'Kosin' Hathairattanakool

Sinthaweechai ‘Kosin’ Hathairattanakool

Berbicara pemain kesayangan Bobotoh, Sinthaweechai Hathairattanakool merupakan legiun asing pertama yang mampu merebut hati Bobotoh. Pemain yang akrab disapa Kosin itu pernah gabung Persib Bandung sebagai kiper pada tahun 2006 dan 2009.

Kiper yang juga pemain Timnas Thailand itu langsung menjadi andalan Persib saat bergbaung tahun 2006 silam. Dia tampil lebih dari 40 kali untuk Persib Bandung dan aksi-aksinya sangat dikenang oleh Bobotoh.

Baca Juga

Salah satu bukti kecintaannya pada Bobotoh juga tampak pada pertandingan terakhir Kosin sebagai pemain Timnas Thailand sebelum pensiun.

Dirinya sangat sumringah saat di Stadion Suphanburi terpampang jelas bendera logo Persib Bandung dan menyapa para Bobotoh yang hadir langsung ke Thailand pada Oktober 2018 lalu.


2. 4. Michael Essien

Michael Essien tepuk tangan pada laga perdana Piala Presiden 2018. Herry Ibrahim

Nama selanjutnya adalah Michael Essien, eks bintang Chelsea dan Real Madrid yang menolak tawaran dari klub raksasa Australia dan memutuskan gabung ke Persib Bandung pada Maret 2017 lalu.

Sikap Essien yang murah senyum dan juga humoris, membuatnya menjadi pemain yang cukup dieluk-elukkan oleh Bobotoh. Sayang, dia hanya satu musim bersama Maung Bandung.

Meski akhir karier Essien di Persib tidak terlalu bagus, dia tetap berharap para pemain kelas dunia akan bersedia untuk mencoba atmosfer sepak bola Indonesia.

Baca Juga

5. Ezechiel N'Douassel

Selebrasi membidik kamera yang dilakukan Ezechiel N’Douassel usai mencetak gol ke gawang Semen Padang.

Ezechiel N'Douassel kini menjadi nama terbaru yang masuk dalam daftar pemain asing Persib Bandung yang sangat disukai oleh Bobotoh. Pemain yang baru gabung pada 2017 lalu itu, bahkan mendapat julukan.

Ezechiel mendapatkan julukan 'Aliando' dari Bobotoh, yang sang pemain sendiri tidak begitu paham dengan sebutan terbarunya itu. Aliando sendiri merupakan aktor asal Indonesia yang sempat digilai oleh banyak remaja.

Ezechiel sendiri saat ini tidak tergeser sama sekali sebagai striker andalan Persib Bandung. Di Liga 1 2018 lalu, dia berhasil cetak sebanyak 17 gol dari 22 penampilannya bersama Maung Bandung.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persib BandungDjajang NurdjamanMichael EssienBobotohRobby DarwisLiga GalatamaLiga IndonesiaSinthaweechai HathairattanakoolLiga 1Ezechiel N'DouasselTRIVIA

Berita Terkini