x

3 Fakta Menarik Jelang Duel Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam

Minggu, 24 Maret 2019 08:04 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Kisah Sedih Vietnam di Masa Lalu dan Kini Menjelma Jadi Penggangu Timnas Indonesia

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 bakal menghadapi laga hidup mati menghadapi Vietnam di Grup K babak kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Stadion Nasional My Dinh, Minggu (24/03/19). 

Pada pertandingan pertama, Timnas Indonesia U-23 menderita kekalahan telak atas Thailand dengan skor 0-4. Kekalahan tersebut membuat peluang anak asuh Indra Sjafri untuk lolos ke putaran final kian tipis.

Timnas Indonesia U-23 wajib merebut kemenangan di dua laga sisa melawan Vietnam dan Brunei Darussalam sambil berharap hasil pertandingan yang diraih oleh Thailand.

Baca Juga

Jelang laga Indonesia vs Vietnam, terdapat sejumlah fakta menarik yang wajib untuk diketahui. Apa saja itu? Berikut ulasannya.


1. 1. Modal Timpang

Tiga pemain Timnas Vietnam yang harus diwaspadai Indonesia.

Hasil berkebalikkan didapatkan kedua tim jelang duel malam nanti. Pada pertandingan pertama Timnas Indonesia dikalahkan Thailand dengan skor telak 4-0. 

Sementara Vietnam mampu menggilas Brunei Darussalam sengan skor telak 6-0 pada laga pertamanya. 

Vietnam pun memimpin klasemen sementara dengan tiga poin sementara Indonesia tercecer di posisi tiga dengan poin nol. 


2. 2. Komposisi Pemain yang Berbeda

Penyerang tim nasional U-23 Indonesia Ezra Walian

Kedua tim bakal menggunakan komposisi dan formasi pemain yang berbeda dari Piala AFF U-22 lalu. Saat itu Timnas Indonesia U-23 bertemu Vietnam di semifinal dan sukses mengalahkan Vietnam dengan skor tipis 1-0. 

Vietnam menurunkan kekuatan penuh pada kulifikasi Piala Asia U-23 2020. Pelatih Vietnam, Park Hang-seo akan mengombinasikan skuat Timnas U-22 di Piala AFF U-22 dengan pemain di skuat utama U-23.. 

Bahkan, tujuh pemain yang ada saat ini merupakan bagian dari skuat yang menjuarai Piala AFF 2018. 

Sementara Indonesia diketahui menambah tigqa amunisi baru jelang kualifikasi. Mereka adalah Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, dan Ezra Walian. Namun, Ezra Walian akhirnya harus batal membela timnas lantaran terbenur regulasi FIFA. 


3. 3. Hanya ada 1 yang Lolos

Selebrasi para pemain Thailand U-23 usai mencukur habis Timnas Indonesia U-23 di laga perdana Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, Jumat (22/03/19).

Sebagai tuan rumah, Thailand telah dipastikan lolos ke putaran final Piala ASia U-23. Oleh karena itu, usaha Indonesia untuk lolos dari grup pun semakin sulit. 

Berdasarkan aturan yang ada, hanya akan ada juara grup dan beberapa runner up terbaik yang lolos ke putaran final.

Thailand bisa dibilang hampir pasti mengoleksi enam poin. Thailand diprediksi tidak akan menemukan kesulitan untuk mengalahkan Brunei. 

Baca Juga

Itu artinya tinggal satu tim dari grup K yang bakal lolos ke putaran final Piala Asia. Peluang itu pun jatuh pada Indonesia atau Vietnam. 

Maka dari itu, kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam di laga malam nanti menjadi hal yang sangat krusial. Skuat asuhan Indra Sjafri pun mesti mencetak banyak gol demi posisi runner rup terbaik. 

Terus Ikuti Perkembangan Timnas Indonesia U-23 dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM 

VietnamTimnas Indonesia U-23Bola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini