x

Bukan Cuma Andritany, Ini 4 Kiper Legendaris yang Berjaya di Klub dan Timnas Indonesia

Selasa, 26 Maret 2019 17:02 WIB
Editor: Lanjar Wiratri

INDOSPORT.COM – Andritany tampil gemilang dalam laga uji coba Timnas Indonesia yang sukses menumbangkan Myanmar dengan skor 2-0. Andritany sempat menepis penalti dan kini kiper Persija itu disebut sebagai salah satu kiper terbaik Indonesia saat ini, baik saat bermain untuk Timnas maupun klubnya.

Peran seorang kiper memang sangat penting dalam dunia Sepak bola. Selain bertugas untuk menjaga gawang agar tidak kemasukan gol, penjaga gawang juga berperan sebagai pemain pertama yang membangun serangan dari belakang.

Baca Juga

Di Indonesia sendiri banyak kiper yang mempunyai kemampuan yang luar biasa. Saat ini ada nama Andritany Ardhiyasa, kiper milik klub Persija Jakarta itu bisa dibilang sebagai kiper terbaik yang dimiliki oleh Timnas Indonesia.

Namun, tahukah kamu kalau sebelumnya ada beberapa kiper legendaris Indonesia yang juga pernah berjaya dimasanya ? Berikut INDOSPORT merangkum empat kiper legendaris yang berjaya di klub dan Timnas Indonesia.


1. 1. Maulwi Saelan

Maulwi Saelan

Kiper kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan pada 8 Agustus 1928 ini merupakan seorang kiper legendaris Indonesia pertama yang mencatatkan tinta emas. Ia pernah membela Timnas Indonesia saat berlaga di Olimpiade 1956 Melbourne, Australia.

Karena mampu melakukan sejumlah penyelamatan yang memukau, Maulwi sampai mendapat apresiasi dari Presiden Soekarno dan  diundang ke Istana Negara.

Pemain yang pernah mengawali karier di dunia sepak bola sebagai seorang bek tengah itu pernah mengantar timnas Indonesia menembus empat besar Asian  Games 1954 dan meraih medali perunggu di ajang Asian Games 1958 yang berlangsung di Jepang. Hal itu merupakan raihan terbaik skuat Merah-Putih hingga saat ini.

Maulwi Saelan meninggal pada 2016 silam. Seusai gantung sepatu, Maulwi sempat menjadi Ketua Umum PSSI periode 1964-1967. Selain menjadi atlet sepak bola almarhum juga pernah merintis karier di dunia militer.


2. 2. Ronny Pasla

Ronny Pasla.

Ronny Pasla seorang mantan kiper yang lahir di Medan pada tanggal 15 April 1947, ia sempat berkarier menjadi kiper tanah air pada tahun 1960-an sampai awal 1970.

Dulu ia mendapat julukan sebagai macan tutul karena dikenal tangguh dalam menghalau bola-bola atas. Pada saat Timnas Brasil menjalani tur ke Asia ditahun 1972, tim Samba yang saat itu diperkuat pesepak bola legendaris dunia Pele sempat mengunjungi Indonesia.

Dalam laga yang bertajuk laga persahabatan itu Indonesia harus tunduk 1-2, tetapi yang menjadi momen terindah bagi Ronny adalah saat ia berhasil menahan eksekusi pinalti Pele.


3. 3. Yudo Hadianto

Yudo Hadianto.

Mantan kiper legendaris Timnas Indonesia era 1960-1970an ini sempat menahan serangan dari klub-klub luar seperti Leeds United dari Inggris, Benfica dari Portugal, serta Dynamo Moskwa dari Rusia.

Baca Juga

Kiper legendaris tanah air ini sudah beberapa kali membantu timnas Indonesia dalam mempersembahkan gelar juara. Beberapa diantaranya yaitu gelar juara Merdeka Games (1962, 1969, 1974), King’s Cup Thailand (1978) dan Aga Khan Cup Bangladesh (1978).


4. 4. Eddy Harto

Eddy Harto

Penjaga gawang ini mampu membantu Timnas Indonesia hingga sukses meraih medali emas untuk cabang sepak bola pada SEA Games tahun 1991. Kala itu, Eddy bahkan hanya kebobolan satu kali dalam enam pertandingan, apabila laga dihitung secara normal (90 menit).

Baca Juga

Eddy juga pernah menjadi pelatih timnas Indonesia U-23, dia mampu menghantarkan Indonesia menjadi runner up di SEA Games pada tahun 2011 dan 2013.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT

Penulis: Risto Risanto.

Persija JakartaMyanmarTimnas IndonesiaAndritany ArdhiyasaLiga Indonesia

Berita Terkini