x

5 Negara 'Kurcaci' Pencuri Perhatian di Jeda Internasional Terkini

Jumat, 29 Maret 2019 11:24 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Skuat Timnas Kosovo pada laga persahabatan melawan Turki di Mitrovica, Serbia, (21/05/14)

INDOSPORT.COM - Sebanyak lima negara kecil mencuri perhatian di jeda internasional atau FIFA matchday Maret ini, antara lain Kosovo, Burundi, Bermuda, Guyana, dan Catalunya. Nama yang disebut barangkali terakhir terbilang unik lantaran statusnya tidak diakui FIFA maupun PBB. 

Jeda internasional atau FIFA matchday di Maret 2019 telah usai. Setelah dimulai pada 21 Maret lalu, jeda internasional berakhir per Rabu (27/3/19) kemarin. 

Sejumlah pertandingan pun berlangsung di berbagai penjuru Bumi, mulai dari Kualifikasi Euro 2020, Kualifikasi Piala Afrika, Kualifikasi Piala Emas CONCACAF, hingga laga uji coba. 

Perhatian pencinta sepak bola tentu tertuju kepada kualifikasi Euro 2020, terutama pertandingan klasik seperti Belanda versus Jerman. Tak melulu negara besar, 'kurcaci-kurcaci' juga ikut mencuri perhatian di jeda internasional bulan Maret ini. 

Baca Juga

Berikut INDOSPORT merangkum lima negara kecil yang mencuri perhatian di jeda internasional. 


1. Kosovo

Jersey Kosovo.

Kosovo memang lebih terkenal dalam buku sejarah sebagai negara konflik, tapi belakangan sepak bola mereka cukup mencuri perhatian penikmat sepak bola. 

Laga versus Denmark dan Bulgaria di jeda internasional lalu menandai catatan tidak terkalahkan tim nasional Kosovo dalam 12 laga internasional terakhir mereka. 

Hasil itu bisa diraih tak lepas dari sejumlah pemainnya yang bermain di klub-klub Eropa, mulai dari Arijanet Muric (Manchester City), Amir Rrahmani (Dinamo Zagreb), Milot Rashica (Werder Bremen), hingga Bersant Celina (Swansea City). 

Burundi

Burundi juga mencuri perhatian dunia sepak bola karena berhasil lolos ke Piala Afrika untuk pertama kalinya. Negara yang identik dengan perang saudara ini bahkan tampil cukup apik sepanjang babak kualifikasi. 

Menahan imbang Gabon dengan skor 1-1 pada 23 Maret lalu menandai lolosnya Burundi ke Piala Afrika 2019. Pemain paling mentereng dalam skuat Burundi adalah Saido Berahino yang bermain untuk Stoke City. 

Bermuda

Negara kecil di Samudera Atlantik ini untuk pertama kalinya lolos ke Piala Emas CONCACAF tahun ini. Kelolosan Bermuda ditandai dengan kemenangan 3-1 atas Republik Dominika pada Kamis (24/3/19) lalu. 


2. Guyana

Tim Nasional Guyana.

Seperti Bermuda, Guyana juga untuk pertama kalinya lolos ke Piala Emas CONCACAF. Negara yang pernah melawan timnas Indonesia dalam laga uji coba ini memastikan lolos pada 23 Maret lalu. 

Di laga melawan Belize, Rabu (23/3/19), Guyana memenangi pertandingan dengan skor 2-1 dan membuat mereka berhak mengklaim satu tiket Piala Emas 2019. 

Baca Juga

Catalunya 

Di saat Spanyol sedang mengikuti kualifikasi Euro 2020, Catalunya juga menggelar pertandingan uji coba menghadapi Venezuela pada 25 Maret 2019 lalu. Laga ini terbilang ilegal karena sesungguhnya Catalunya bukanlah negara berdaulat yang diakui PBB maupun FIFA.

Catalunya adalah salah satu daerah otonomi di Spanyol yang belakangan mengemukakan keinginan merdeka sekaligus melepaskan diri dari pemerintahan Negeri Matador.

Dalam pertandingan ilegal tersebut, Catalunya menang dengan skor 2-1 berkat gol Bojan Krkic dan Javi Puado. Timyang identik dengan warna kuning-merah ini diperkuat nama-nama terkenal seperti Gerard Pique, Marc Bartra, Bojan Krkic, hingga Oriol Remeu. 

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Internasional dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

KosovoGold CupCatalunyaBola InternasionalGuyanaTRIVIA

Berita Terkini