x

Adu Pemain Asing Arema FC vs Kalteng Putra, Siapa Lebih Tajam?

Minggu, 31 Maret 2019 11:32 WIB
Penulis: Martini | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Pavel Smolyachenko saat memeluk Gladiator usai cetak gol.

INDOSPORT.COM – Babak semifinal kompetisi sepak bola Indonesia, Piala Presiden 2019 mempertemukan dua tim kuat Arema FC vs Kalteng Putra. Kedua tim akan beradu strategi di semifinal leg pertama pada Selasa (02/04/19) di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Arema FC memang telah diprediksi menjadi calon kuat juara, mengingat sebelumnya tim berjuluk Singo Edan tersebut juga meraih trofi Piala Presiden 2017.

Namun Kalteng Putra yang baru promosi ke Liga 1 2019 justru menjadi kuda hitam di ajang pramusim tersebut dan menumbangkan juara bertahan Persija Jakarta di babak perempatfinal.

Baca Juga

Salah satu faktor yang membuat Kalteng Putra bermain penuh kejutan tentu adalah amunisi baru yang didapatnya usai promosi ke Liga 1, yakni deretan pemain asing berkualitas.

Hanya saja pemain asing Arema FC juga tak patut untuk diremehkan, mengingat musim ini beberapa nama pemain asing mentereng sudah berlabuh ke Arema FC.

Baca Juga

Menarik untuk menyaksikan adu kualitas pemain asing Arema FC dan Kalteng Putra di babak semifinal nanti. Namun sebelumnya, INDOSPORT mencoba merangkum ulasan mengenai kualitas pemain asing yang dimiliki kedua klub.


1. Arema FC

Arthur Cunha punya peran penting dalam Brasil Connection

Arema FC telah merampungkan pemain asing sesuai regulasi PT Liga Indonesia Baru, yakni 3+1 atau 3 pemain asing non-Asia dan satu pemain asing Asia.

Singo Edan mempertahankan dua pemain asing musim lalu, yakni bek Arthur Cunha dan gelandang Makan Konate. Kualitas keduanya tentu sudah tak diragukan lagi, terlebih Konate yang membawa Arema FC melaju ke babak semifinal Piala Presiden usai mengandaskan perlawanan dari Bhayangkara FC di babak sebelumnya.

Gelandang asal Mali tersebut mencetak dua gol dari empat gol Arema, yakni di menit ke-10 dan 78.

Baca Juga

Selain itu Arema juga mendatangkan dua pemain anyar, yakni striker asal Brasil, Robert Lima Guimaraes alias Gladiator dan gelandang asal Uzbekistan, Pavel Smolyachenko.

Gladiator memang sempat diragukan penggemar karena tak kunjung mencetak gol di laga debutnya, namun ia berkontribusi dalam membawa Arema FC ke semifinal Piala Presiden 2019, sehingga manajemen kemudian mempertahankannya.

Baca Juga

Berbeda dengan Pavel Smolyachenko yang hingga kini belum mencicipi kompetisi sepak bola Tanah Air, sehingga kemampuannya masih abu-abu. Namun justru hal tersebut yang membuat Pavel Smolyachenko akan bermain dengan kejutan.


2. Kalteng Putra

Diogo Campos

Kalteng Putra dengan cepat mengamankan tanda tangan pemain asing Asia berpengalaman di Indonesia, Yoo Hyun-koo. Ia merupakan gelandang asal Korea Selatan yang telah bermain di Indonesia sejak tahun 2010 lalu.

Selanjutnya, pelatih Gomes de Oliviera mendatangkan dua amunisi asal Brasil, yakni striker Diogo Campos dan bek Rafael Bonfim. Pada babak perempatfinal Piala Presiden, keduanya diturunkan pada laga kontra Persija Jakarta.

Baca Juga

Meski tak turut mencetak gol, namun Diogo Campos berjasa membawa Kalteng Putra menjadi semifinalis dengan gol dari babak adu penalti. Eks pemain Ligue 1 Prancis tersebut menjadi eksekutor terakhir dan tendangannya tak dapat ditepis kiper Persija, Shahar Ginanjar.

Kalteng Putra memang belum memenuhi satu slot pemain asing lainnya. Adapun rumor yang menyatakan jika tempat ini adalah milik Kevin Gomes de Oliviera, anak dari pelatih Gomes de Oliviera, nyatanya Kevin terdaftar sebagai epmain Indonesia, karena memang ia merupakan pemain keturunan Indonesia-Brasil.

Ikuti Terus Update Informasi Seputar Piala Presiden 2019 Hanya di INDOSPORT.COM.

Makan KonatePiala PresidenYoo Hyun-KooArthur Cunha Da RochaLiga IndonesiaArema FCKalteng Putra FCPavel SmolyachenkoRobert Lima GuimaraesPiala Presiden 2019

Berita Terkini