x

Keuntungan PSM, Kaya-Iloilo FC Simpan Rekor Tandang Jeblok di Piala AFC

Senin, 1 April 2019 14:27 WIB
Editor: Coro Mountana
PSM Makassar vs Kaya FC

INDOSPORT.COM – Usai tersingkir dari Piala Presiden 2019, PSM Makassar segera mematangkan persiapannya dalam menghadapi kompetisi di Piala AFC 2019. Di ajang sepak bola bergengsi Asia itu, PSM sudah ditunggu oleh klub Filipina, Kaya-Iloilo FC.

Pertandingan yang akan berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor itu akan menjadi pertandingan ketiga di babak grup Piala AFC. PSM dan Kaya-Iloilo FC saat ini sama-sama mengoleksi empat poin hasil dari sekali menang dan sekali imbang.

Baca Juga

Hanya saja Kaya-Iloilo FC untuk sementara berada di atas PSM karena unggul selisih gol. Menilik fakta tersebut, siapapun yang memenangkan pertandingan tersebut, dipastikan akan memimpin klasemen sementara di grup H.

Baca Juga

Meski Kaya-Iloilo FC berada di puncak klasemen sementara, PSM sejatinya memiliki keuntungan kali ini berupa bermain di hadapan publik sendiri. Terlebih Kaya-Iloilo FC juga menyimpan rekor di laga tandang yang buruk di Piala AFC.


1. Rekor Tandang Jelek Kaya-Iloilo FC

Pemain Kaya-Iloilo FC saat bertanding

Kaya-Iloilo FC selama bermain di Piala AFC ternyata memiliki rekor buruk bermain di laga tandang. Bagaimana tidak dalam 5 laga tandang yang telah dimainkan, mereka hanya memenangkan satu pertandingan saja.

Satu-satunya kemenangan Kaya-Iloilo FC didapatkan ketika mengalahkan klub Singapura, Balestier Khalsa dengan skor 3-0. Sedangkan sisanya terbagi dalam 2 hasil imbang dan dua kekalahan sepanjang keikutsertaan di Piala AFC 2016 dan 2019.

Baca Juga

Bahkan di Piala AFC 2016, mereka tersingkir di babak 16 besar dengan cara yang sangat mengenaskan. Tandang ke markas Johor Darul Ta’zim, Kaya-Iloilo dibantai dengan skor 2-7 yang menjadikan hasil itu sebagai kekalahan paling telak.

Melihat rekor tandang Kaya-Iloilo sangat buruk, jelas membuat PSM bisa merasa diuntungkan, tetapi wakil Indonesia perlu mewaspadai satu fakta tentang klub asal Filipina itu. Fakta apa itu?


2. Ranking PSM Kalah Jauh dari Kaya-Iloilo FC

Pemain PSM Makassar mengontrol bola dari pemain PSIS

Fakta tersebut adalah Kaya-Iloilo FC merupakan klub yang jauh lebih baik jika berbicara mengenai ranking klub AFC. Berdasarkan data dari footyrankings, PSM saat ini berada di peringkat ke-140 dengan perolehan 3,54 poin.

Sedangkan Kaja-Iloilo FC merupakan tim berperingkat ke-86 dengan perolehan poin mencapai 11,78. Perhitungan dari total poin tersebut diakumulasikan sejak tahun 2016 hingga 2019.

Baca Juga

Kaja Iloilo FC meski berada di 100 besar ranking Asia, ternyata mereka bukan yang terbaik di Asia. Pasalnya di atas mereka masih ada Ceres Negros (32) dan Global Cebu (66).

Sedangkan PSM juga di atasnya ada sejumlah klub Indonesia yang lebih baik dari mereka soal ranking. Berdasarkan data dari footyrangkings, di atas PSM, ada Persija Jakarta (83) dan Bali United (105).

Terus Ikuti Perkembangan Seputar PSM Makassar dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT

AFCPSM MakassarFilipinaLiga IndonesiaPiala AFC 2019Bola IndonesiaKaya-Iloilo FC

Berita Terkini