x

Fakta Miswar Saputra, Kiper Persebaya Surabaya yang 'Dibenci' Bonek

Rabu, 10 April 2019 16:13 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

INDOSPORT. COM - Pemain sepak bola Indonesia, Miswar Saputra, namanya mendadak jadi sorotan publik setelah beraksi dalam laga leg pertama final Piala Presiden 2019 antara Persebaya Surabaya vs Arema FC pada Selasa (9/4/19) lalu.

Ya, pertandingan final leg pertama Piala Presiden 2019 antara Persebaya Surabaya vs Arema FC telah berakhir dengan skor imbang 2-2.

Hasil ini nampak mengecewakan bagi Persebaya Surabaya, lantaran gagal memaksimalkan laga yang dihelat di kandangnya sendiri, Stadion Gelora Bung Tomo.

Sosok Miswar Saputra sendiri kemarin bertindak sebagai kiper yang mengawal gawang Persebaya Surabaya. Sorotan publik kepada Miswar Saputra lebih kepada blunder-nya yang menyebabkan kerugian bagi Bajul Ijo.

Baca Juga

Ia nampak melakukan sebuah kesalahan fatal ketika pemain Arema FC, Makan Konate, melepaskan eksekusi tendangan bebas pada menit ke-78.

Posisi Miswar Saputra terlalu maju, sehingga bola lambung Makan Konate berhasil menjebol gawang Persebaya Surabaya.

Padahal, kondisi sebelum blunder terjadi, Persebaya Surabaya sedang unggul dengan skor 2-1. Alhasil, gol Makan Konate yang dihiasi blunder Miswar Saputra membuat skor menjadi imbang 2-2.

Kejadian tersebut lantas mendapat sorotan lebih dari pihak pendukung Persebaya Surabaya, yakni Bonek. Bahkan, dari tribun penonton, sempat terdengar para Bonek menyoraki sosok Miswar Saputra.

Lalu, siapakah sebenarnya Miswar Saputra? Bagaimana kiprahnya selama ini hingga dalam laga kemarin mendapat sorotan dan terkesan 'dibenci' Bonek?


1. Fakta Miswar Saputra

Miswar Saputra berjabat tangan dengan pelatih Arema FC Milomir Seslija. Fitra Herdian/INDOSPORT

Masih Muda

Miswar Saputra tergolong sebagai penjaga gawang yang masih berusia sangat muda. Menurut situs Transfermarkt, usia Miswar Saputra kini menginjak 22 tahun.

Melihat usianya, Miswar Saputra tentu berpeluang untuk bisa berkembang lebih baik ke depannya. Pengalaman dan jam terbang yang lebih banyak, akan makin mengasah mental serta kemampuan Miswar Saputra dalam mengawal gawang Persebaya Surabaya.

Pernah Dipanggil Timnas Indonesia

Miswar Saputra pada laga kemarin memang melakukan sebuah kesalahan fatal. Tak heran bila publik, khususnya para Bonek, memberikan kritik keras kepada Miswar Saputra.

Namun, Miswar Saputra sejatinya punya potensi untuk jadi penjaga gawang berkualitas. Buktinya pada 2018 lalu, kiper berusia 22 tahun tersebut sempat dipanggil Luis Milla untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 jelang Anniversary Cup 2018.

Putra Asli Aceh

Sebagai kiper Persebaya, Miswar Saputra ternyata bukan berasal dari Surabaya. Miswar Saputra diketahui merupakan putra asli Aceh dan sempat membela klub lokal sana.

Hal itu diketahui dari catatan situs Transfermarkt. Dituliskan oleh situs Transfermarkt kalau Miswar Saputra lahir di Lueng Putu, salah satu daerah di Aceh.

Baca Juga

Pada akun Instagram pribadinya, Miswar Saputra juga sempat membagikan momen dirinya ketika membela klub Persiraja Banda Aceh. Ia bahkan menyebut momen membela Persiraja sebagai mimpi yang jadi kenyataan.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 dan Piala Presiden 2019 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persebaya SurabayaLiga IndonesiaArema FCPiala Presiden 2019Bola IndonesiaMiswar Saputra

Berita Terkini