x

Tanggapan Berkelas Arema FC Soal Ramainya Permintaan VAR untuk Liga 1

Selasa, 16 April 2019 15:15 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
General Manager Arema FC, Ruddy Widodo.

INDOSPORT.COM - Arema FC ikut menanggapi soal ramainya permintaan untuk menggunakan Video Assistant Referee (VAR) untuk memperbaiki kualitas pertandingan sekaligus meningkatkan sportivitas kompetisi Liga 1 2019.

Opini itu muncul akibat masih adanya sejumlah perdebatan terhadap keputusan wasit, termasuk di Piala Presiden 2019, yang beberapa di antaranya mengundang kontroversi. Kepemimpinan korps baju hitam di atas lapangan pun dipertanyakan.

Baca Juga

"Ada sejumlah faktor yang tentunya harus dikaji lagi untuk dapat memastikan bawha keputusan wasit itu benar atau salah," ucap General Manager Arema, Ruddy Widodo, Selasa (16/4/19).

Menurut Ruddy, penggunaan VAR juga belum tentu bisa langsung menyelesaikan fenomena perdebatan atas cara memimpin wasit. Ada syarat minimal yang mesti diupayakan oleh PSSI melalui komite wasit tanpa harus melibatkan VAR.

"Minimal bisa memperbaiki alat komunikasi kepada perangkat wasit di lapangan berikut Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada. Dalam sejumlah kasus, komunikasi antara wasit dan asistennya kurang maksimal karena cuma mengandalkan teriakan suara," tuturnya.

Baca Juga

"Lagipula, pengunaan VAR juga masih harus diteliti lagi soal plus minusnya, terutama pengadaan perangkatnya jyang elas tidak murah," sambung pengusaha transportasi itu.

Publik sepak bola nasional kini menantikan kebijakan strategis yang diambil PSSI di Liga 1 2019 nanti, utamanya dalam upaya membendung beragam perdebatan perihal keputusan wasit saat menentukan hasil pertandingan.

Ikuti Terus Perkembangan Sepak bola Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

Ruddy WidodoLiga IndonesiaVideo Assistant Referees (VAR)Arema FCLiga 1Piala Presiden 2019Bola Indonesia

Berita Terkini