x

Pernah Gangguan Mental, Ini 3 Fakta Dane Milovanovic yang Dihubungkan ke Persib

Jumat, 26 April 2019 18:22 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

INDOSPORT.COM - Nama pemain sepak bola asal Australia, Dane Milovanovic menjadi sorotan belakangan ini selepas namanya terdepak dari klub sepak bola Indonesia, Madura United.

Hengkangnya Dane dari Madura United juga menimbulkan isu bahwa dirinya akan hengkang ke Persib Bandung, meskipun hal tersebut baru sebatas rumor belaka.

Terdepaknya Dane Milovanovic dari skuat Madura United saat ini menjadi sorotan, karena hal tersebut bukanlah pertama kali dirasakan pemain 29 tahun tersebut dari tim Laskar Sappeh Kerrab, melainkan kedua kalinya selepas di tahun 2017 lalu.

Baca Juga

Semakin ironis, karena terdepaknya Milovanovic dari Madura United memang bukan karena kualitas. Pasalnya, dalam hal kualitas Milovanovic jelas memiliki sesuatu yang bisa diandalkan.

Hal tersebut bisa dilihat dari latar belakang kariernya yang pernah menghiasi skuat Timnas Australia di level junior.

Namun pada akhirnya, karier gemilang Milovanovic di usia mudanya harus terkendala oleh hal-hal lain di luar masalah teknis saat hijrah ke sepak bola Indonesia.

Baca Juga

Berkaitan dengan itu, berikut INDOSPORT coba rangkumkan tiga fakta mengenai Dane Milovanovic, yang beberapa di antaranya terkait dengan masalah kariernya di Liga  Indonesia.


1. Gangguan Mental

Dane Milovanovic di Liga 1 2017.

Tampil bagus di Liga 1 2017, secara mengejutkan Milovanovic justru didepak Madura United pada bulan Juni 2017. 

Kejadian itu bermula usai dirinya mengalami cedera kepala di laga kontra Semen Padang (12/06/17) dengan kemenangan 6-0. Saat melakukan pengobatan di Australia, Milovanovic dinyatakan dokter telah mengalami gangguan kejiwaan atau mental.

Baca Juga

Masalah gangguan mental Milovanovic berkaitan dengan adanya keinginan bunuh diri, mood rendah, serangan panik, dan kecemasan umum. Hal itu yang akhirnya membuat Milovanovic  dilepas Madura United di pertengahan Liga 1 2017.


2. Timnas Australia

Eks Gelandang Madura United, Dane Milovanovic saat melawan Pusamania Borneo FC.

Seperti disinggung di awal, Dane Milovanovic merupakan pemain sepak bola yang memiliki karier gemilang di masa mudanya. Terbukti dirinya selalu mampu menjadi bagian skuat Timnas Australia sejak di level U-17, U-20 hingga U-23.

Dalam kiprahnya itu, Dane memang hanya mampu mencatatkan lima kali caps bermain. Namun dengan catatan tersebut, cukup menjadi bukti bahwa Milovanovic sebenarnya merupakan pemain yang memiliki kualitas bagus.

Baca Juga

Kualitas bagusnnya itu juga terbukti ketika dirinya berhasil merambah karier di berbagai negara di Asia, termasuk ketika menjadi juara di Piala Liga Hong Kong bersama Sun Hei SC di musim 2011/12.


3. Liga 2 Australia

Dane Milovanovic, eks pemain Madura United.

Dengan kualits yang dimilikinya, Dane Milovanovic memang belakangan sulit untuk bisa mengembangkan kariernya ke arah yang lebih baik.

Malang melintang di sepak bola Asia, mulai dari Liga Hong Kong, Liga Maladewa hingga Liga 1 Indonesia, di kompetisi lokal Australia, karier Milovanovic bisa dikatakan jauh dari kata bagus.

Dirinya beberapa kali terpaksa harus bermain dengan tim semi-profesional. Bahkan di musim lalu, dirinya hanya memperkuat Preston Lions FC, klub yang bermain di kompetisi regional wilayah Victoria Australia, atau kompetisi yang setara Liga 2 di Indonesia.

Statusnya sebagai pemain yang bermain di kompetisi kasta tersebut pula yang akhirnya membuat Milovanovic harus kembali rela terdepak dari skuat Madura United musim ini. 

Mengingat dalam regulasi Liga 1 2019, hanya pemain dari kompetisi kasta tertinggi di Asutralia-lah yang bisa direkrut oleh klub Indonesia sebagai bagian skuatnya di Liga 1 2019.

Euforia Arema FC Juara Piala Presiden 2019

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

AustraliaMadura United FCDane MilovanovicLiga IndonesiaAustralia u-19Liga 1TRIVIABola Indonesia

Berita Terkini