x

Jalan Panjang Oxford United Bersama Erick Thohir ke Kasta Tertinggi Liga Inggris

Senin, 29 April 2019 17:05 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Erick Thohir jadi petinggi Oxford United

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola Inggris, Oxford United saat ini sudah dimiliki oleh dua pengusaha asal Indonesia, Erick Thohir dan Anindya Bakrie. Berikut perjalanan panjang Oxford United bersama Erick Thohir ke Liga Inggris.

Anin dan Erick Thohir pun menyampaikan target mereka bersama Oxford United, yang pastinya akan bermuara dengan bermain di kasta sepak bola tertinggi Inggris, Premier League.

"Kami bertekad akan mengantar Oxford melangkah ke Divisi Championship. Klub ini punya potensi besar, bahkan bisa sampai bermain di Premier League seperti Leicester City," ujar Anindya Bakrie di situs resmi klub.

Baca Juga

Oxford United sendiri saat ini masih berlaga di Football League One (kasta ketiga sepak bola Inggris). Mereka saat ini berada di posisi ke-11 klasemen sementara musim 2018/19 ini.

Dari pernyataan Anin di situs resmi Oxford United, jelas bahwa nantinya klub ini bertujuan dibawa untuk berlaga di Liga Primer Inggris nantinya.

Namun, seperti yang sudah seharusnya disadari oleh Anin dan Erick Thohir saat mengakuisisi Oxford United, akan ada jalan yang begitu panjang nan terjal yang harus dihadapi untuk bisa berlaga di Liga Primer Inggris.

Berikut INDOSPORT berikan ulasan tentang jalan panjang Oxford United bersama Erick Thohir ke kasta tertinggi sepak bola Inggris, Liga Primer Inggris.

Football League One 2019/20

Oxford United saat melakukan selebrasi usai mencetak gol di pertandingan League One. Foto: oufc.co.uk

Untuk musim 2018/19, peluang Oxford United memang tidak punya peluang lagi untuk promosi ke Divisi Championship 2019/20. Mereka saat ini berada di urutan ke-11 klasemen sementara League One.

Ya, Oxford United berada di peringkat ke-11 dengan raihan poin sementara 60 poin. Terpaut 10 poin dari posisi keenam, slot terakhir untuk mengikuti babak play-off promosi ke Divisi Championship 2019/20.

Perjalanan panjang Anin dan Erick Thohir bersama Oxford United akan dimulai pada saat musim baru Football League One 2019/20, yang kemungkinan akan kembali dimulai pada 3 Agustus 2019 mendatang.

Di kompetisi League One sendiri, Oxford United harus mengatasi persaingan dari tim-tim yang bisa disebut sudah sangat senior di sepak bola Inggris. Seperti Portsmouth, Sunderland atau Blackpool FC, ketiganya pernah merasakan Liga Primer Inggris.

Nah, pada League One 2019/20 nanti, seperti musim-musim sebelumnya, dua peringkat teratas akan langsung promosi ke Divisi Championship. Jika ingin pasti, Oxford United setidaknya harus runner-up di musim depan.

Baca Juga

Sementara satu tim lagi yang promosi ke Divisi Championship, akan ditentukan melalui babak play-off promosi yang mempertemukan tim di peringkat ketiga sampai keenam.

Satu dari empat tim yang memenangkan babak play-off promosi itu akan melengkapi susunan tiga tim yang promosi ke Divisi Championship untuk musim 2020/21. Ini baru Divisi Championship, masih ada jalan panjang dan lebih terjal, simak di bawah ini.


1. Divisi Championship 2020/21

Logo EFL Championship

Jika berhasil masuk Divisi Championship 2020/21, perjalanan Oxford United belum berhenti di sini. Erick Thohir tentu masih ingin mengantarkan tim kebanggaan masyarakat Oxford itu ke Premier League (Liga Primer Inggris).

Di kasta kedua sepak bola Inggris ini, tentunya lawan-lawan yang akan dihadapi Oxford United akan semakin berat. Apalagi harus menghadapi tim-tim yang degradasi dari Liga Primer Inggris musim sebelumnya.

Kita ambil contoh Divisi Championship musim 2018/19 ini. Ada nama-nama klub yang familiar dan beberapa kali tampil di Liga Primer Inggris.

Baca Juga

Seperti Norwich City, West Bromwich Albion, Aston Villa, Middlesbrough, Stoke City, Hull City, Blackburn Rovers, Swansea City dan masih banyak lagi.

24 tim di Divisi Championship setiap musimnya, lebih dari setengah, pesertanya pernah tampil di Liga Primer Inggris. Jadi, perjalanan Oxford United tidak akan mudah jika sudah masuk kompetisi kasta kedua ini.

Liga Primer Inggris 2021/22

Logo Liga Primer Inggris

Untuk bisa memenuhi target yang lebih tinggi, yakni Liga Primer Inggris, Oxford United harus bisa setidaknya mengakhiri Divisi Championship di posisi keenam.

Jika ingin lolos langsung ke Liga Primer Inggris musim selanjutnya, Oxford United bisa menjadi juara atau runner-up Divisi Championship.

Satu tim lagi ditentukan lewat babak play-off promosi ke Liga Primer Inggris 2021/22. Yaitu peringkat ketiga hingga keenam Championship setiap musimnya dipertemukan untuk dicari satu pemenangnya.

Jika berhasil memenangi babak play-off promosi ke Liga Primer Inggris dari Divisi Championship, barulah Oxford United bisa bermain di kasta tertinggi sepak bola Britania Raya.

Jika mengikuti rentetan perjalanan sejak awal hingga promosi ke Liga Primer Inggris, tentu sangatlah panjang dan terjal. Belum lagi, jika Oxford United mengalami tren negatif di tengah jalan bersama Erick Thohir.

Baca Juga

Erick Thohir dan Anindya Bakrie harus benar-benar mengambil keputusan yang tepat dan tidak bentrok dengan apa yang diinginkan oleh para pendukung Oxford United. Suporter sepak bola Inggris terkenal dengan sikap kerasnya dalam mengkritik direksi klub kesayangannya.

Sekadar informasi tambahan, Erick Thohir sendiri bukanlah orang baru untuk mengelola sebuah klub profesional sepak bola di tanah Eropa. Sebelumnya, dia juga pernah memiliki saham di klub rasasa Serie A Italia, Inter Milan.

Vlog Piala Indonesia, Hujan Gol Laga Bhayangkara vs PSM

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT

Inter MilanErick ThohirDivisi ChampionshipLiga Primer InggrisLeague OneLiga InggrisOxford United

Berita Terkini