x

Menakar Peluang 4 Tim Terbaik Liga Champions, Siapa Berhak ke Final?

Selasa, 30 April 2019 06:43 WIB
Editor: Coro Mountana
Logo Liga Champions.

INDOSPORT.COM – Genderang perang Liga Champions segera ditabuhkan pada dini hari nanti dengan menyisakan 4 tim terbaik yang masih bertahan untuk memperebutkan tiket final di Madrid, Juni nanti.

Keempat tim yang akan bermain di semifinal Liga Champions adalah Ajax Amsterdam (Belanda), Barcelona (Spanyol), dan duo wakil Inggris (Liverpool dan Tottenham). Ajax akan bertemu Tottenham, sedangkan Liverpool akan baku hantam dengan Barcelona.

Baca Juga

Pemenang dari setiap laga semifinal itu, akan saling dipertemukan dalam final Liga Champions 2018/19 yang akan berlangsung di stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Juni nanti.

Sudah tentu keempat tim tersebut akan berebut tiket ke final yang hanya akan menyisakan 2 slot saja. Lantas klub mana yang lebih berpeluang untuk lolos ke final Liga Champions musim ini?


1. Tottenham Hotspur vs Ajax Amsterdam

Son Heung-Min mencetak dua gol ke gawang Manchester City.

Duel Tottenham vs Ajax sejatinya tidak diprediksi oleh pengamat sepak bola manapun karena mereka mayoritas menjagokan Juventus akan bertemu dengan Manchester City. Namun apa daya, justru Tottenham dan Ajax-lah yang berhasil lolos ke 4 besar.

Langkah Tottenham Hotspur di Liga Champions itu sejatinya dilalui dengan jalan yang sangat terjal di mana mereka sempat dua kali nyaris tersingkir. Pertama saat di babak grup dan yang kedua saat tertinggal 2-4 dari Manchester City di leg kedua babak 8 besar Liga Champions.

Sedangkan Ajax Amsterdam, secara ajaib sukses menyingkirkan dua raksasa Liga Champions yaitu Real Madrid dan Juventus. Lebih fantastis lagi, Ajax lolos setelah berhasil mengalahkan Juventus dan Real Madrid dengan cara menang di kandang lawannya.

Momen ketika Daley Sinkgraven Menghalau bola agar menjauh dari gawang Ajax.

Dari sisi kualitas skuat, Tottenham patut berhati-hati karena mereka tidak bisa diperkuat Son Heung-min dan Harry Kane, sedangkan Ajax sendiri dapat menurunkan Frenkie de Jong dan Dusan Tadic. Dengan fakta tersebut, Ajax sedikit lebih diunggulkan karena diperkuat pemain terbaiknya.

Bisa dikatakan leg pertama yang akan dimainkan di kandang Tottenham akan menjadi kunci karena Ajax terbukti sangat kuat di laga tandang di Liga Champions. Jika Tottenham sukses meredam Ajax di leg pertama, maka mereka ada peluang, tapi jika kalah maka itu akan sangat sulit.


2. Barcelona vs Liverpool

Ilustrasi pertandingan leg pertama antara Barcelona vs Liverpool di Camp Nou pada ajang Liga Champions 2018/2019.

Jika melihat bagan semifinal yang satunya mempertemukan duel antar tim kuda hitam, maka laga Barcelona vs Liverpool layak disebut sebagai final kepagian. Dua tim raksasa ini merupakan calon kuat untuk meraih gelar juara Liga Champions musim ini.

Perjalanan Barcelona di Liga Champions musim ini bisa dikatakan sangat mulus tanpa hambatan berarti. Sedangkan Liverpool sampai ke semifinal dengan perjuangan berdarah-darah dengan menyingkirkan Napoli dan Bayern Munchen.

Jika kita mengecilkan laga ini menjadi duel antar pemain kunci, maka akan tersebut Lionel Messi vs Virgil van Dijk. Seperti yang kita tahu, Lionel Messi adalah pemain ‘titipan alien’ yang luar biasa, tanyakan saja pada Fred yang dikolongi LM10 saat Man United dihajar 0-3.

Lionel Messi selebrasi usai cetak gol dalam laga Barcelona vs Manchester United di perempatfinal Liga Champions, Rabu (17/04/19).

Tapi di sisi lain, Van Dijk merupakan pemain bertahan yang tidak mampu dilewati pemain manapun di Liga Primer Inggris sejak Maret tahun lalu (45 laga). Itu artinya akan menjadi duel menarik antara Messi vs Van Dijk.

Kunci dari pertandingan maha dahsyat itu terletak pada siapa yang mampu mencetak gol lebih dulu. Barcelona besar kemungkinan akan lolos jika mampu cetak gol lebih dulu karena mereka akan bermain lebih bertahan yang membuat Liverpool akan frustasi.

Sebaliknya jika Liverpool yang cetak gol lebih dulu, itu akan membuat membuat Barcelona kesulitan karena pertahanan mereka akan lebih mudah dieksploitasi Sadio Mane dan Mohamed Salah. Berkaca dari kualitas Messi, rasanya Barcelona akan sedikit diunggulkan.

Selebrasi pemain Liverpool Mohamed Salah dan Sadio Mane usai gol ke gawang Watford tercipta, Kamis (28/02/19).

Tapi tentu seninya sepak bola itu adalah segala sesuatu bisa terjadi karena Liga Champions itu telah terbukti selalu menyimpan banyak kejutan. Jadi siapkan kacang rebus dan wedang jahe hangat untuk menemani anda menyaksikan drama semifinal Liga Champions.

Vlog Piala Indonesia, Hujan Gol Laga Bhayangkara vs PSM

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Liga Champions dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.

LiverpoolBarcelonaLiga ChampionsTottenham HotspurAjax AmsterdamSepak Bola

Berita Terkini