x

Menerawang Kiprah Striker Afrika di Liga 1 2019, Bisa Samai Trio Top Skor Liga Primer Inggris?

Senin, 13 Mei 2019 16:07 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Lanjar Wiratri
Striker Persebaya, Amido Balde (kiri putih) mendapat pengawalan dari pemain Arema FC, Makan Konate (Fitra Herdian/INDOSPORT).

INDOSPORT.COMLiga Primer Inggris 2018/19 telah berakhir. Untuk pertama kalinya, puncak daftar top skor sepanjang musim diraih oleh 3 pemain asal Afrika. Bakal segera belangsung setelah Liga Inggris berakhir, mampukah striker Afrika juga berprestasi di kompetisi sepak bola Indonesia, yakni Liga 1 2019?

Ketiga sosok ‘Black Panther’ tersebut ialah Pierre-Emerick Aubameyang, Sadio Mane, dan Mohamed Salah. Ketiganya masing-masing berhasil mencetak 22 gol.

Prestasi yang diukir Aubameyang, Mane, dan Salah mengalahkan Sergio Aguero, Jamie Vardy, dan Harry Kane sebagai predator ganas di daratan Eropa.

Baca Juga

Gaya bermain klub Liga Primer Inggris yang mengandalkan intensitas kecepatan dan fisik yang tinggi sangat cocok dengan tipikal pemain Afrika.

Sama seperti di Indonesia, Liga 1 juga mengutamakan kekuatan lari dan ketahanan tubuh. Cuaca yang terik juga menutut pemain punya stamina yang kuat.

Ada banyak striker asal Afrika yang berkiprah di Liga 1. Pada kompetisi Shopee Liga 1 2019 nanti, ada 4 striker Benua Hitam yang siap unjuk gigi, yakni Ezechiel N’Douassel, Amido Balde, Mamadou Samassa, dan Karl Max Barthelemy.

Ezechiel dan Samassa sudah pernah merasakan atmosfer sepak bola Indonesia, sementara Balde dan Barthelemy baru akan menjalani debut di Liga 1. Bagaimana kiprah striker-striker asal Afrika ini di Liga 1 nanti?


1. Striker Afrika di Liga 1 2019

Peter Odemwingie menendang bola ke gawang Madura United.

Sejak era Liga 1, peraih gelar top skor selalu didominasi oleh pemain asal Eropa. Dua top skor di era Liga 1 ialah Sylvano Comvalius (2017) dan Aleksandar Rakic (2018).

Pada musim 2018, Ezechiel N’Douassel keluar sebagai top skor pemain Afrika dengan torehan 17 gol atau top skor ke-4, sementara pada musim 2017 Peter Odemwingie mengemas 15 gol dan menjadi top skor pemain Afrika.

Tidak banyak striker asal Afrika yang berkiprah di Indonesia saat ini. Juru gedor asal Eropa dan Amerika Latin, khususnya Brasil dan Argentina lebih banyak dilirik klub-klub Liga 1.

Hal itu tidak lepas dari sepak terjang striker asal Eropa di Indonesia dan pamor serta kualitas liga negara Benua Biru yang telah teruji.

Meski begitu, mencuatnya kembali kekuatan Afrika di kompetisi sepak bola terbaik dunia, Liga Primer Inggris, dapat meningkatkan kebangkitan striker Afrika di Liga 1.

Baca Juga
Perbandingan Statistik Ezechiel vs Amido Balde di Liga Eropa

Spirit itu telah terasa di ajang Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19. Amido Balde saat ini memuncaki daftar top skor dengan torehan 10 gol, sementara Ezechiel menyusul sebagai striker asing tersubur ke-2 dengan raihan 6 gol.

Pada turnamen pramusim Piala Presiden 2019 lalu, Makan Konate menjadi pemain kunci Arema FC hingga berhasil meraih gelar juara.

Pelatih Persebaya Surabaya, Djajang Nurjaman bahkan menyebut pemain Afrika memiliki keunggulan dari segi fisik dan tenaga.

"Pemain Afrika kalau menurut saya masih cukup kuat dan rekam jejaknya bagus," ujar Djajang kepada awak media berita sport, Rabu (16/01/19) silam.

Di tengah surutnya minat klub Indonesia terhadap striker asal Afrika, para ‘Black Panther’ Liga 1 2019 siap berburu gelar juara bersama klubnya hingga top skor.

Riyad Mahrez Undang Anak Korban Tsunami Indonesia

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga 1 dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

Liga IndonesiaLiga 1Ezechiel N'DouasselAmido BaldeBola IndonesiaMamadou SamassaShopee Liga 1

Berita Terkini