x

Termasuk Bruno Matos, Sejumlah Pemain Asing Debutan Liga 1 2019 Alami Kenaikan Harga Fantastis

Rabu, 15 Mei 2019 19:03 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Isman Fadil
Debut di Liga 1, sejumlah pemain asing langsung mengalami kenaikan harga

INDOSPORT.COM - Hijrah ke Liga 1 2019, sejumlah pemain asing debutan langsung mengalami kenaikan harga pasar yang fantastis.

Bergulirnya Liga 1 2019 disambut dengan keseriusan penuh 18 klub kontestan yang akan ambil bagian. Hal itu tercermin setidaknya lewat upaya mereka mendatangkan pemain-pemain bekualitas.

Baca Juga

Di antara pemain tersebut, tidak sedikit yang merupakan pemain dengan segudang pengalaman yang baru pertama kali menginjakan kaki di dunia sepak bola Indonesia

Buat klub-klub Liga 1 2019, kehadiran mereka tentu bisa menjanjikan capaian prestasi yang lebih baik. Namun buat si pemain sendiri, hengkangnya mereka ke Liga 1 nyatanya juga mampu menghadirkan keuntungan signifikan.

Salah satunya dalam hal harga pasar mereka saat ini, yang bahkan sudah mengalami kenaikan saat sebelum kompetisi Liga 1 2019 resmi menggelar kick off.

Baca Juga

Siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT.com merangkumkan empat di antaranya pemain asing debutan Liga 1 2019 yang mengalami kenaikan harga pasar.


1. Bruno Matos dan Amido Balde

Bruno Oliveira de Matos tengah mengeksekusi bola dari kotak putih penati penalti ke gawang Ceres Negros. Herry Ibrahim/INDOSPORT

Bruno Matos

Datang ke Persija Jakarta sejak awal Januari 2019, Bruno Matos langsung bisa tampil gemilang dalam beberapa ajang yang diikuti klub berjuluk Macan Kemayoran, seperti Piala Indonesia dan Piala AFC 2019. Buah penampilan gemilang tersebut, Matos pun langsung mengalami kenaikan harga pasar secara signifikan.

Mengacu pada data transfermarkt, Matos datang ke Persija dengan nilai harga pasar sebesar 250 ribu euro atau setara Rp4 miliar. Dan dalam waktu beberapa bulan saja di Persija jakarta, nilai pasar Matos hampir naik dua kali lipat ke angka 400 ribu euro atau setara Rp6,3 Miliar.

Amido Balde

Amido Balde bersama anaknya

Datang pada februari 2019, Amido Balde hanya berharga pasar senilai  200 ribu euro atau Rp3,1 miliar. Nilai yang jelas jauh di bawah nilai pasarnya kala masih berseragam Glasgow Celtic di musim 2014/15 yang mencapai 2 juta euro atau sekitar Rp31 miliar.

Namun setelah tampil bagus di Piala Indonesia dan Piala Presiden, nilai harga pasar Amido Balde perlahan mulai merangkak naik. Kini pemain asal Guinea-Bissau itu sudah mengalami kenaikan harga ke angka 350 ribu euro atau Rp5,5 Miliar.


2. Eero Markkanen dan Damian Lizio

Eero Markkanen berusaha mengambil bola

Eero Markkanen

Eks pemain Real Madrid Eero Markkanen juga mendapatkan untuk setibanya bermain di klub Liga 1 2019, PSM Makassar.

Pemain berpaspor Finlandia yang datang dengan bandrol 200 ribu euro atau Rp3,1 Miliar itu langsung mengalami kenaikan harga kini mencapai 300 ribu euro atau Rp4,7 Miliar.

Kenaikan harga Markkanen itu tak lepas dari penampilan bagusnya di Piala Indonesia, di mana dirinya sudah mencetak empat gol dari tiga laga. Dan juga di Piala AFC, lima gol dari empat laga.

Damian Lizio

Damian Lizio sudah terlihat bergabung latihan di Stadion GBT, Minggu (21/4/19). Fitra Herdian//INDOSPORT

Jika nama-nama di atas menglami kenaikan harga pasar cukup signifikan, pemain asing baru Persebaya Surabaya Damian Lizio jug amengalami kenaikan harga meski relatif sedikit. Lizio mengalami kenaikan harga hanya 25 ribu euro dari sebelumnya 250 ribu euro.

Kenaikan itu didapatnya buah tampil delapan kali di Piala Presiden 2019 dan sekali di Piala Indonesia. Nilai harga pasar Lizio kini mencapai 275 ribu euro atau setara Rp4,3 Miliar.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persebaya SurabayaPersija JakartaPSM MakassarLiga IndonesiaLiga 1TRIVIABruno MatosEero MarkkanenAmido BaldeDamian LizioBola Indonesia

Berita Terkini