x

Deretan Klub Liga 1 yang 'Ogah' Pakai Jasa Pemain Asing Asal Brasil, Termasuk Persib?

Kamis, 30 Mei 2019 13:03 WIB
Editor: Juni Adi
Logo Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Bursa transfer di kompetisi sepak bola Indonesia Liga 1 2019 telah resmi ditutup beberapa waktu lalu, tepatnya pada 09 Mei 2019.

Itu artinya, 18 klub peserta Liga 1 2019 telah memenuhi jumlah total 30 pemain dalam satu tim, yang telah ditentukan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) termasuk slot untuk pemain asing.

Menariknya, hampir seluruh klub masih menjadikan Brasil sebagai primadona untuk merekrut pemain asing non Asia andalan mereka. Total ada 24 pemain asal Negeri Samba yang berkarier di Liga 1 2019.

Baca Juga

Bahkan sebagiannya menjadi pemain inti, yang kerap menghiasi starting XI beberapa tim hingga pekan ke-3 Liga 2019 ini. Namun tahu kah anda, ternyata ada dua klub yang ogah menggunakan jasa pemain asing asal Brasil. Berikut ulasannya:

Baca Juga

1. Semen Padang

Semen Padang sempat mendatangkan pemain asing asal Brasil tanpa melalui trial, alias langsung dikontrak berposisi gelandang yaitu Nildo Victor Juffo pada Januari 2019.

Pemain kelahiran 24 Februari 1993 itu sebelumnya berseragam FK Vardar Skopje. Dia memperkuat klub asal Makedonia yang main di First League sejak Juli 2018. 

Namun seiring berjalannya waktu jelang bergulirnya Liga 1, Juffo harus mengalami nasib sial. Dirinya mengalami cedera cukup lama untuk pulih, yang mengakibatkan kontraknya harus berakhir cepat di Semen Padang.

Itu karena di dalam kontrak terdapat klausul jika pemain mengalami cedera dengan waktu penyembuhan cukup lama, kontraknya bisa diputus. Sebagai gantinya, pemain diberi kompensasi untuk penyembuhan.

Praktis, kini Semen Padang tidak ada pemain asal Brasil dalam mengarungi Liga 1 2019. Sejauh pekan ke-3 ini, mereka tampil kurang memuaskan karena belum sekalipun meraih kemenangan. 

Dari tiga pertandingan yang sudah dilakoni, Semen Padang hanya mampu meraih 2 poin hasil dari dua kali imbang melawan PSS (1-1) dan Persib (0-0), serta satu kali menelah kekalahan dari PSM Makassar (0-1). Saat ini mereka berada di posisi ke-13 di klasemen.

2. PSM Makassar

Ini kali pertama PSM Makassar mengarungi kompeti Liga 1 tanpa diperkuat pemain asing asal Brasil sejak 2017 lalu. Sebelumnya, minal satu pemain Brasil menghiasi daftar 30 pemain skuat PSM.

Kini, tim berjuluk Juku Eja itu telah berganti kiblat dalam mencari 3 pemain asing non Asia dari Amerika Latin ke benua Eropa yang diisi oleh Wiljan Pluim (Belanda), Marc Klok (Belanda) dan Eero Markanen (Finlandia).

Meski tanpa pemain asing asal Brasil, PSM mampu tampil maksimal. Hingga pekan ke-3 Liga 1 2019, mereka berhasil nangkring di posisi kedua dengan koleksi 7 poin, hasil dari 2 kali menang dan 1 kali imbang.

3. Persib Bandung

Persib Bandung bisa jadi tim ketiga di Liga 1 yang akan mengarungi Liga 1 2019 tanpa pemain asing asal Brasil. Dengan catatan, proses naturalisasi bek Fabiano Beltrame menjadi WNI rampung dalam waktu dekat. 

Seperti diketahui, Fabiano sendiri saat ini masih berstatus sebagai warga negara Brasil karena proses naturalisasinya masih juga belum rampung.

Hal itu membuat ia sampai nyaris hengkang dari Persib ke Sriwijaya FC, karena slot pemain asing non Asia Persib sendiri telah penuh. 

Dari yang harusnya 3 kini menjadi 4 karena Fabiano masih tercatat pemain asing. Pemain-pemain tersebut adalah Bojan Malisic (Serbia), Rene Mihelic (Slovenia),  Ezechiel Ndouasel (Chad) dan Fabiano Beltrame sendiri.

Hal tersebut membuat Fabiano kini belum bisa dimainkan oleh Persib di Liga 1, hingga pekan ke-3. Persib saat ini berada di peringkat ke-6 dengan koleksi 4 poin, hasil dari 1 kali menang dan 1 kali imbang.

Persib BandungSemen PadangPSM MakassarLiga IndonesiaLiga 1TRIVIABola Indonesia

Berita Terkini