x

Mengejutkan! 7 Tim Tak Terkenal Ini Pernah Main di Final Liga Champions

Sabtu, 1 Juni 2019 18:15 WIB
Editor: Coro Mountana
Logo Liga Champions.

INDOSPORT.COM – Liverpool akan bertemu dengan Tottenham Hotspur dalam babak final Liga Champions 2018/19 di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid pada Minggu (02/06/29) dini hari nanti.

Duel antar sesama tim Inggris itu diyakini akan berjalan dengan menarik mengingat baik itu Liverpool maupun Tottenham sama-sama merupakan tim tangguh yang sudah teruji kualitasnya. Baik itu Liverpool maupun Tottenham sama-sama telah menyingkirkan lawan tangguh.

Baca Juga

Liverpool misalnya yang dalam perjalanannya menuju babak final harus mengalahkan Napoli, Bayern Munchen, hingga Barcelona. Sedangkan Tottenham Hotspur harus melewati hadangan Inter Milan, Manchester City, hingga Ajax Amsterdam untuk mencapai final.

Melihat rintangan yang dilalui Liverpool dan Tottenham Hotspur untuk tampil di final Liga Champions, rasanya sangat wajar jika tim yang berhasil sampai di babak ini merupakan tim tangguh.

Baca Juga

Namun rupanya dalam sejarah Liga Champions, ternyata ada beberapa tim tak terkenal yang pernah main di final, siapa saja mereka?

Berikut INDOSPORT merangkumnya dalam 7 tim tak terkenal yang pernah main di final Liga Champions.


1. Nottingham Forest

Nottingham Forest.

Pertama ada Nottingham Forest yang pernah mengejutkan Eropa saat mereka berhasil menjadi juara Liga Champions. Bukan hanya sekali, mereka berhasil menjadi juara dengan status back to back pada edisi 1978/79 dan 1979/80.

Otak di balik kejutan yang dilakukan oleh Nottingham Forest adalah pelatih Brian Clough. Pria Inggris bertangan dingin itu sukses mengangkat Nottingham Forest yang awalnya hanya tim kecil di divisi bawah Inggris menjadi juara Liga Champions dua kali berturut-turut.

Kini nama Nottingham Forest menjadi asing bagi pecinta sepak bola masa kini karena mereka sudah lama tidak pernah main lagi di Liga Primer Inggris.

Brian Clough saat memenangi Liga Champions bersama Nottingham Forest.

Stade de Reims

Sebelum Paris Saint-Germain menjadi raksasa Prancis saat ini, ada tim lain yang tak kalah hebat yaitu Stade de Reims. Klub kecil dari Prancis ini masuk ke final Liga Champions di edisi 1956 dan 1959.

Namun di dua kesempatan itu, Reims rupanya selalu menelan kekalahan dari tim yang sama yaitu Real Madrid. Reims saat itu menjadi tim yang cukup terpandang berkat kehadiran sejumlah pemain berbakat seperti Raymond Kopa, Jean Vincent dan Just Fontaine.

FK Partizan

35 tahun sebelum Red Star Belgrade mengharumkan nama negara Yugoslavia dengan menjadi juara Liga Champions, rival terberat mereka di kompetisi domestic sudah pernah bermain di final. Tim itu adalah FK Partizan.

Klub Yugoslavia itu berhasil mencapai babak final Liga Champions edisi 1966 dengan menatang Real Madrid.

Baca Juga

Partizan pun sejatinya sudah menjadi juara Liga Champions hingga menit ke-70 sebelum akhirnya Real Madrid mencetak gol yang membuat Yugoslavia butuh 35 tahun lagi untuk melihat timnya menjadi juara.

Panathinaikos

Di tahun 1971, ada satu tim Yunani yang begitu mengejutkan dan sanggup bertahan hingga di final Liga Champions yaitu Panathinaikos. Sayangnya di edisi itu, Panathinaikos harus bertemu Ajax Amsterdam yang saat itu begitu diunggulkan untuk menjadi juara.

Ajax Amsterdam yang diperkuat oleh Johan Cruyff pun akhirnya sukses mengalahkan Panathinaikos dengan skor 2-0. Meski gagal tetap saja, Panathinaikos sempat menorehkan sejarah dengan bermain di final Liga Champions berkat tangan dingin pelatih Ferenc Puskas.


2. Steaua Bucharest

Steaua Bucharest

Steaua Bucharest pasti sangat jarang terdengar bagi anda selama ini. Karena memang tim ini hanya berjaya pada masa lampu dan mendadak menjadi medioker pada era saat ini.

Steaua Bucharest tercatat sebagai satu-satunya klub Rumania yang sanggup memenangi Liga Champions yaitu pada edisi 1986 saat mengalahkan Barcelona. Tiga tahun berselang, rupanya Steau Bucharest bermain lagi di final tapi kali ini ia kalah dari AC Milan dengan skor 0-4.

Club Brugge

Coba sebutkan tim Belgia yang anda tahu, mungkin menjadi sulit karena memang sangat jarang ada klub dari negara itu yang mampu bertahan hingga final Liga Champions. Tapi di musim 1978, ternyata ada satu tim Belgia yang sanggup bermain di final Liga Champions yaitu Club Brugge.

Baca Juga

Tim asuhan Ernst Happel itu sukses lolos ke final Liga Champions setelah menyingkirkan Panathinaikos, Atletico Madrid, dan Juventus untuk bertemu dengan Liverpool di partai puncak. Sayang Club Brugge hanya menjadi tim yang gagal di final usai menyerah dari Liverpool.

Malmo

Swedia begitu beruntung memiliki sosok legenda hidup seperti Zlatan Ibrahimovic yang termasuk dalam salah satu pemain paling berbakat yang pernah ada. Tapi Zlatan Ibrahimovic tentu tidak akan menjadi legenda tanpa pernah menimba ilmu di klub bernama Malmo.

Memang wajar bila anda tidak pernah mendengar nama Malmo, tapi percayalah bahwa tim itu pernah bermain di Final Liga Champions. Tepatnya edisi 1979 tapi mereka kalah dari Nottingham Forest asuhan Brian Clough di final.

LiverpoolLiga ChampionsTottenham HotspurMalmo FFPartizanSteaua BucharestPanathinaikosClub BruggeNottingham ForestStade de ReimsTRIVIA

Berita Terkini