x

Termasuk Laga Liverpool, Berikut 4 Drama Adu Penalti Terpanjang dalam Sejarah

Selasa, 4 Juni 2019 14:46 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak

INDOSPORT.COM - Liverpool pernah menjadi salah bagian dalam drama pertandingan sepak bola yang harus diakhiri dengan adu penalti yang sangat panjang.

Dalam pertandingan sepak bola, kerap kali muncul drama yang tak bisa terelakan. Salah satunya ketika pertandingan berjalan sangat sengit dan harus diakhiri dalam adu penalti.

Baca Juga

Namun diantara banyaknya pertandingan yang harus dilalui lewat adu penalti, muncul beberapa diantaranya yang seakan tak mau kunjung berakhir dengan kemenangan salah satu 

Seperti beberapa laga berikut ini yang coba INDOSPORT rangkumkan. Pertandingan baru bisa berakhir, setelah semua pemain menjadi eksekutor penalti dan beberapa diantara sudah dua kali melakukan tendangan.

Pertandingan apa saja, berikut 4 drama adu penalti terpanjang dalam sejarah.


1. Liverpool vs Middlesbrough dan Dagenham and Redbridge Leyton Orient

Kiper Liverpool Simon Mignolet dalam drama penalti kontra Middlesbrough di tahun 2015.

Liverpool (14-13) Middlesbrough, Capital One Cup 2014

Juara Liga Champions 2018/19 Liverpool pernah terlibat dalam drama panjang adu penalti kala bertanding melawan Middlesbrough di babak ketiga Piala Liga Inggris 2014/15.

Saat itu, Liverpool hanya mampu bermain imbang 1-1 atas Middlesbrough di waktu normal. Satu laga dilanjutkan ke tambahan waktu, kedua tim pun sama-sama mampu mencetak satu gol dan membuat skor 2-2 dan harus dilalui dalam adu penalti.

Saat penalti tersebutlah puncak drama terjadi. Ketika hampir smeua pemain Liverpool dan Middlesbrough mampu melesatkan gol. Di laga itu hanya Raheem Sterling dari Liverpool, Patrich Bamford dari Middlesbrough yang gagal melesatkan tendangan di lima penendang pertama.

Sisanya semua mencetak gol dan baru terjadi lagi kegagalan di eksekutor ke-15 Middlesbrough, Adam Reach, hingga membuat adu penalti berakhir 14-13.

Dagenham and Redbridge (14-13) Leyton Orient, Football League Trophy 2011

Sama seperti Liverpool, pertandingan dua tim Inggris Dagenham and Redbridge vs Leyton Orient juga menghadirkan hasil adu penalti dengan skor 14-13 atau sampai penendang ke-27.

Itu terjadi dalam pertandingan Football League Trophy tahun 2011. Pertandingan baru bisa berakhir dengan kemenangan Dagenham and Redbridge, ketika penjaga gawang James Shea mampu mementahkan eksekusi pemain Leyton Orient Ben Chorley.


2. Brockenhurst vs Andover

Adu penalti Brockenhurst (15-14) Andover yang menjadi salah satu rekor dunia.

Brockenhurst (15-14) Andover, Hampshire Senior Cup 2013

Di Inggris sendiri, rekor penalti hingga kini masih dipegang laga Brockenhurst vs Andover, Hampshire Senior Cup 2013.

Pertandingan tersebut baru berakhir saat eksekutor penalti ke-30 Caldio Herbet gagal melesatkan gol untuk Andover. Hasilnya Brockenhurst pun keluar sebagai pemenang dengan skor penalti 15-14 atas Andover.

Claudio Herbert yang menjadi penyebab kekalahan timnya itu, usai laga mengaku dirinya memang tak siap karena tak menyangka bahwa dirinya harus mengambil tendnagan penalti ke-30, sehingga dirinya saat itu cukup grogi.

KK Palace (17-16) Civics, Namibian Cup Final 2005

Sementara itu untuk rekor adu penalti terlama di dunia masih dipegang laga KK Palacevs Civics di Namibian Cup Final 2005.

Berakhir imbang 2-2 dalam 120 waktu pertandingan, adu penalti pun harus dilakukan. Rupannya, kedua tim benar-benar memiliki kekuatan seimbang saat itu. Sehingga adu penalti harus dilakukan hingga total 48 kali tendangan. 

Pertandingan sendiri akhirnya berakhir dengan kemenangan KK Palace 17-16 Civics. Atau dalam rata-rata, satu pemain sampai harus melakukan tiga kali tendangan penalti dalam drama panjang tersebut.

LiverpoolInggrisAdu PenaltiBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini