x

3 Pemain Asing Liga 1 yang Rayakan Lebaran di Indonesia

Rabu, 5 Juni 2019 07:31 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
Javlon Guseynov dan Renan Silva resmi diperkenalkan Borneo FC

INDOSPORT.COM - Umat muslim dunia tengah menyambut hari raya Idul Fitri. Tak terkecuali para pemain asing yang berlaga di Liga 1 2019, mereka memutuskan untuk merayakan Lebaran di Indonesia.

Hal ini pun juga dirasakan oleh penggawa asing sepak bola di Liga Indonesia. Bahkan perayaan hari raya lebaran di Indonesia menjadi pengalaman baru bagi penggawa asing beragama muslim yang baru merumput di ranah sepak bola Indonesia.

Baca Juga

Ya mereka pemain asing yang beragama muslim tentu juga merayakan hari raya idul fitri di Indonesia. Berbagai tradisi di Indonesia menjadi pengalaman baru mereka kala harus merayakan hari raya Idul Fitri di Indonesia.

INDOSPORT mencoba merangkum deretan pemain asing baru berkarier di kompetisi Indonesia dan merayakan LEbaran di Tanah Air. Berikut ulasannya.


1. Javlon Guseynov (Borneo FC)

Javlon Guseynov, mantan kapten Uzbekistan U-23 resmi ke Borneo FC.

Javlon menjadi pemain baru yang merasakan atmosfer sepak bola Indonesia. Pemain asal Uzbekistan ini membela Borneo FC untuk Shoppe Liga 1 2019.

Kancah sepak bola Indonesia menjadi pelabuhan baru Javlon sebagai pesepak bola profesional. Pemain yang berposisi sebagai pemain belakang ini memang banyak berkutat di Liga Super Uzbekistan, tapi sempat bermain di Thailand membela Chainat Hornbill.

Baca Juga

Javlon memang diketahui sebagai pesepakbola muslim. Dia kerap mengucapkan rasa syukur kepasa sang ilahi atas pencapaian kariernya. 

Terbukti saat dirinya resmi diikat Boreno dia hanya meengucap syukur Alhamdulillah. Kini sudah tentu perayaan hari raya idul fitri di Indonesia juga tentu menjadi pengalaman baru bagi pemain 27 tahun ini. 

Shukurali Pulatov (Semen Padang)

Shukurali Pulatov sedang latihan bersama Semen Padang

Shukurali Pulatov menjadi pemain asing lain yang baru pertama kali mencicipi atmosfer sepak bola Indonesia. Pemain asal Uzbekistan ini menjadi palang pintu andalan Semen Padang.

Dia bahkan menjadi pemain asing perdana yang datang di roda kompetisi Liga 1 2019. Dengan tinggi badan 1,83 meter Pulatov menjadi tembok kokoh pertahanan pasukan Kabau Sirah.

Pemain kelahiran 23 Februari 1990 ini diketahui sebagai seorang muslim yang taat. Bahkan di bulan puasa kemarin, dia tetap menjalankan ibadah puasa bersama skuat Semen Padang yang lain.

Pulatov mengaku senang dapat merasakan puasa dan merayakan hari raya lebarab di negeri mayoritas muslim seperti di Indonesia.

"Saya senang di sini karena banyak muslim. Semuanya orang baik tentu itu sangat mengesankan untuk saya," ucap ia.

Khursed Beknazarov (Tira Persikabo)

Riko Simanjuntak (tengah) saat mencoba melewati hadangan bek PS Tira, Khursed Beknazarov (kanan)

Khursed Beknazarov menjadi pemain lainnya yang menjadi debutan di kancah Liga 1 2019. Pemain asal Tajikistan ini membela panji Tira Persikabo.

Khurshed Beknazarov adalah pemain anyar Tira Persikabo yang didatangkan pada Januari lalu untuk memperkuat tim di Liga 1 2019. Bulan Ramadan dan hari raya Lebaran kali ini akan menjadi yang pertama bagi pemain Timnas Tajikistan tersebut.

Bahkan Khursed mengaku senang menjalani hari-hari selama bulan ramadhan di Indonesia. Perbedaan waktu puasa di Indonesia dan negara asalnya membuat ia tidak merasa selama menjalani ibadah ramadan di Tanah Air. 

"Di Indonesia puasanya enak karena harinya pendek cuma 13 jam. Saya tidak merasa terlalu haus dan lapar. Cukup mudah," ucap Khursed.

Baca Juga

"Kalau di negara saya puasanya 17 jam, dan sekarang di sana cuaca panas sekitar 35 derajat. Berarti cuaca di Bogor lebih enak dan puasa menjadi lebih mudah," tutupnya

Semen PadangBorneo FCLiga IndonesiaLiga 1Tira-PersikaboBola Indonesia

Berita Terkini