x

Selain Lonjakan Malaysia Salip Indonesia, Berikut 4 Fakta Raking Terbaru FIFA

Jumat, 14 Juni 2019 18:38 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
FIFA merilis ranking terbaru.

INDOSPORT.COM - Dalam rilis terbaru ranking FIFA, ada setidaknya 4 fakta yang terjadi, yang salah satunya terkait tim sepak bola Malaysia yang menyalip posisi Indonesia.

Federasi sepak bola dunia, FIFA, baru saja merilis ranking terbaru dari seluruh timnas anggota mereka, Jumat (14/06/19).

Meski tak banyak perubahan di daftar urutan teratas, rilis ranking terbaru FIFA itu mampu menghadirkan beberapa fakta. Sebagian besar, fakta tersebut tercipta dari pergeseran raanking tim-tim yang ada di urutan tengah hingga ke bawah.

Baca Juga

Apa saja faktanya, berikut INDOSPORT merangkumkan dalam 4 fakta ranking terbaru FIFA.

Belgia Masih Perkasa

Selalu menang dalam dua pertandingannya selepas bulan April 2019, Belgia hingga kini masih perkasa di puncak teratas daftar ranking terbaru FIFA per Juni 2019. Sepak bola Belgia kini memiliki total 1746 poin, unggul dari Prancis di ranking kedua dengan poin 1718.

Setelah Belgia dan Prancis, berturutan Brasil, Inggris dan Portugal kukuh di urutan lima besar ranking terbaru FIFA.

Malawi Klub Paling Sering Bertanding

Jika Belgia mampu mempertahankan posisinya hanya lewat dua kemenangan di dua pertandingan, negara Afrika Tengah Malawi justru hanya naik dua peringkat meski main dalam enam pertandingan sejak April 2019.

Namun jumlah enam pertandingan tersebut memunculkan Malawi sebagai negara dengan jumlah pertandingan paling banyak dalam rentan waktu April hingga pertengahan Juni 2019.

Malawi memainkan enam pertandingan dari total 139 laga resmi FIFA yang berlangsung di rentang waktu tersebut.

Malaysia Negara Paling Dratis Naik Peringkat

Fakta berikutnya adlah terkait negara-negara yang mampu mencapai lonjakan peringkat yang cukup dratis.

Salah satunya negara tetangga Indonesia, Malaysia. Tim berjuluk Harimau Malaya itu mampu mencapai lonjakan peringkat hingga sembilan strip. Sehingga akhirnya menggeser Indonesia di ranking ke-159.

Baca Juga

Namun Malaysia tak sendiri, ada dua negara lainnya yang juga mengalami lonjakan peringkat hingga sembilan strip. Yakni dua negara Eropa, Armenia dan Hungaria.

Negara Paling Dratis Turun Peringkat

Berbalik dari capaian malaysia, fakta berikutnya menghadirkan Yunani sebagai negara dengan penurunan peringkat paling dratis.

Kalah dalam satu laga persahabatan kontra Turki di akhir Mei 2019 dan dua kali kalah di kualifikasi Euro kontra Italia dan Armenia, Yunani harus rela mengalami penurunan peringkat hingga sembilan strip ke bawah.

Dengan poin total 1403, Yunani kini menghuni peringkat ke-52 dari 211 anggota FIFA.

YunaniBelgiaFIFAMalaysiaTimnas IndonesiaBola InternasionalTRIVIASepak Bola

Berita Terkini