x

3 Alasan Jepang Bisa Sulitkan Chile dan Melangkah Jauh di Copa America 2019

Senin, 17 Juni 2019 20:15 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Jepang sepertinya akan bisa mengandaskan perlawanan Chile dalam laga fase grup Copa America 2019. Apa saja alasannya?

INDOSPORT. COM - Jepang sepertinya akan bisa mengandaskan perlawanan Chile dalam laga fase grup Copa America 2019. Apa saja alasannya?

Ya, Jepang akan memainkan laga perdananya dalam ajang Copa America 2019. Bertindak sebagai tim undangan di Grup C, Jepang harus siap menghadapi sang juara bertahan, Chile.

Secara data di atas kertas, Jepang nampak kalah superior dibandingkan calon lawannya. Jepang kini berada di urutan 28 rangking FIFA, sedangkan Chile menempati posisi 16.

Baca Juga

Meski begitu, bukan berarti Jepang akan dengan mudah ditaklukan. Bahkan, Jepang punya peluang untuk memenangkan pertandingan, sekaligus mempermalukan Chile.

Apa saja alasan yang membuat Jepang akan bisa memenangkan laga kontra Chile? INDOSPORT coba mengulasnya ke dalan rangkuman singkat berikut ini.

Label Underdog

Jepang bisa saja mengejutkan Chile dalam laga Grup C Copa America 2019 nanti. Maklum saja, walau berstatus tim undangan, Jepang punya label underdog yang cukup potensial.

Lihat saja kiprah Jepang pada Piala Dunia 2018 lalu. Jepang berhasil melangkah ke fase 16 besar, sedangkan Chile sama sekali tak ikut serta akibat gagal lolos kualifikasi.

Terlebih lagi, 16 dari 23 pemain yang dibawa Jepang, merupakan muka-muka baru. Faktor ini diyakini akan membuat 16 pemain debutan itu akan lebih beringas penampilannya, demi bisa buktikan kualitas diri.


1. Alasan Jepang Bisa Sulitkan Chile di Laga Copa America 2019

Pemain Timnas Jepang

Uji Coba Aneh

Pada umumnya, Timnas yang akan mengikuti sebuah ajang akan mempersiapkan tim dengan menggelar laga uji coba. Namun, kebiasaan itu tak lantas diikuti Jepang jelang keikutsertaannya di kompetisi Copa America 2019.

Ya, sebelum Copa America 2019, Jepang memang menggelar dua laga uji coba, yakni kontra Trinidad Tobago dan El Salvador. Namun, dalam pertandingan itu, Jepang menurunkan semua pemain yang justru tak dibawa ke ajang Copa America 2019.

Hal tersebut diyakini akan membuat permainan Jepang sulit ditebak. Apalagi, skuat Jepang bakal dihuni dengan muka-muka baru, sehingga lawan tidak punya informasi yang cukup tentang kekuatan skuat Samurai Biru.

Format Kompetisi

Apabila berhasil menyulitkan Chile, Timnas Jepang punya potensi untuk melangkah jauh di ajang Copa America 2019. Apalagi bila melihat format kompetisi yang ada, lolos dari fase grup bukanlah sebuah kemustahilan bagi Negera Matahari Terbit tersebut.

Ya, Copa America 2019 hanya terbagi ke dalam tiga grup saja. Sementara, yang berhak lolos dari fase grup adalah dua tim teratas, serta dua tim dengan status peringkat tiga terbaik.

Baca Juga

Munculnya peraturan dua slot peringkat tiga terbaik memungkinkan Jepang untuk bisa lolos dari Grup C. Namun, kembali lagi, peluang itu akan makin terbuka lebar bila Jepang bisa mengandaskan Chile dalam laga nanti.

ChileJepangBola InternasionalCopa America 2019

Berita Terkini