x

Analisis Hasil Pertandingan Uruguay vs Jepang: Efektifitas Samurai Biru

Jumat, 21 Juni 2019 09:23 WIB
Editor: Juni Adi
Edinson Cavani dan Takehiro Tomiyasu di laga Uruguay vs Jepang pada turnamen Copa America 2019, Jumat (21/06/19)

INDOSPORT.COM - Copa America 2019 baru saja rampung menggelar laga kedua dari Grup C, antara Uruguay vs Qatar pada Jumat (21/06/19) pagi WIB. Dalam laga itu, penampilan Jepang cukup mengagumkan karena mampu mengimbangi permainan Uruguay hingga unggul dua kali.

Bermain di Stadion Arena do Gremio, Uruguay dibuat kerepotan untuk meredam permainan Jepang. Bahkan, mantan juara dunia itu, sempat tertinggal sebanyak dua kali sebelum akhirnya menyudahi laga dengan skor imbang 2-2.

Padahal sepanjang 90 menit, Uruguay terus menekan pertahan Jepang dengan penguasaan bola sebanyak 59 persen, dan menciptakan tendangan ke arah gawang 29 kali, 10 diantaranya tepat sasaran.

Baca Juga

Sementara Jepang yang tampil dengan mayoritas pemain mudanya, hanya kebagian penguasaan bola sebanyak 41 persen dan hanya bisa menciptakan tendangan ke gawang 12 tendangan, 3 diantaranya tepat sasaran.

Kendati demikian, Jepang justru tampil jauh lebih efektif daripada Uruguay. Berikut analisis hasil pertandingan selengkapnya antara Uruguay vs Jepang:

Uruguay Tampil Superior

Jepang tampil percaya diri dengan mengambil inisiatif serangan sejak menit awal. Namun upaya serangan yang dibangun oleh mereka masih mampu dipatahkan barisan belakang Uruguay.

Namun perlahan tapi pasti, 20 menit kemudian Uruguay mulai bisa mengendalikan laga dan mendikte permainan Jepang, sehingga anak asuh Hajime Moriyasu lebih bermain bertahan.

Hanya mengandalkan serangan balik, bukan berarti para pemain Jepang tidak bisa membuat Uruguay merana. Pada menit ke-24, Jepang mampu unggul lebih dahulu melalui gol Koji Miyoshi.

Gol tersebut tercipta dari efektifitas serangan balik cepat yang dibangun oleh Jepang. Bola dari lini pertahanan langsung dikirim ke tengah, ditambah kualitas individu Koji Miyoshi membuat porak-poranda benteng pertahanan Uruguay.  Jepang pun unggul 1-0. 

Tertinggal satu gol, membuat Uruguay coba meningkatkan serangan. Butuh waktu sekitar tujuh menit untuk Uruguay bisa menyamakan skor, melalui titik putih di menit ke-32.

Penalti itu diberikan setelah bek tengah Naomichi Ueda melanggar Edinson Cavani di dalam kotak terlarang. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Baca Juga

Buruknya Penyelesaian Akhir

Di babak kedua, Uruguay jauh lebih superior daripada babak pertama. Mereka banyak menciptakan peluang emas, dan mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol cukup banyak.

Namun karena buruknya penyelesaian akhir dari Cavani dan Suarez, membuat Uruguay kesulitan menggetarkan jala gawang Eiji Kawashima.

Sementara Jepang, lagi-lagi tampil jauh lebih baik dalam visi bermain yang terstruktur, sistematis dan masif. Hal tersebut membuahkan hasil dengan lahirnya gol kedua, dan membuat mereka kembali unggul menjadi 2-1.

Gol tersebut dicetak oleh Koji Miyoshi menit ke-59 setelah memanfaatkan blunder kiper Fernando Muslera. Unggul 2-1 membuat Jepang sedikit bermain bertahan.

Perhanan disiplin yang dibangun oleh mereka, membuat para pemain Uruguay frustasi dan selalu mencoba memecah kebuntuan lewat tendangan dari luar kotak penalti.

Namun pada akhirnya konsentrasi para pemain Jepang terpecah. Uruguay sukses kembali menyamakan skor menjadi 2-2, setelah Jose Maria Gimenez mencetak gol melalui sundulan. Skor 2-2 pun bertahan hingga laga berakhir.

Hasil imbang ini membuat Jepang tak terkalahkan oleh Uruguay, dalam dua laga terakhir. Sebelumnya, kedua tim sempat bertemu di laga uji coba internasional, pada Oktober 2018 lalu. Kal itu Jepang meraih kemenangan dengan skor 4-3.

JepangUruguayCopa AmericaBola InternasionalSepak BolaCopa America 2019

Berita Terkini