x

4 Stadion di Indonesia yang Bisa Jadi Alternatif untuk Piala Dunia

Kamis, 27 Juni 2019 18:05 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni

INDOSPORT.COM - Niatan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 terus diusahakan, berikut 4 stadion yang bisa jadi alternatif.

Melihat pernyataan Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria bahwa penunjukkan stadion sebagai penyelenggara Piala Dunia ini memang tidak sembarang dan langsung ditunjuk oleh organisasi induk sepak bola dunia, FIFA.

"Kalau dibilang yang paling top yaitu stadion yang tidak punya running track, tapi kita tidak punya itu, sedangkan kita tidak ada," ucap Tisha.

Baca Juga

"Untuk di Piala AFF dan juga di mata FIFA, saat ini ada Stadion Gelora Bung Karno, Stadion Patriot, Stadion GBLA, Stadion Si Jalak Harupat dan Stadion Pakansari. Lima stadion ini kita ajukan untuk Piala Dunia U-20 2021," jelas Tisha.

Jika memperhatikan nama-nama stadion yang diajukan PSSI ke FIFA untuk menggelar Piala Dunia U-20, tentu kita langsung menyadari bahwa keenamnya merupakan yang dipakai saat penyelenggaraan Asian Games 2018 lalu.

Baca Juga

Enam stadion dinyatakan oleh Ratu Tisha sudah siap, dan PSSI dijelaskan terus mempersiapkan stadion lainnya, dengan total 10 stadion setidaknya bisa dipakai oleh Indonesia untuk Piala Dunia U-20 2021.

Berikut INDOSPORT tampilkan sebanyak empat stadion alternatif untuk PSSI ajukan kepada FIFA agar bisa lolos jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.


1. 4 Stadion Alternatif agar Indonesia jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Stadion Internasional Khalifa, Qatar, untuk Piala Dunia 2022.

Untuk menyelenggarakan sebuah kompetisi bergengsi sekelas Piala Dunia, meski pun untuk kategori U-20, jumlah stadion yang dipersiapkan sebuah negara biasanya berkisar 9-12 stadion.

Oleh karena itu, PSSI pun memang mengaku akan mempersiapkan setidaknya 10 stadion untuk melamar sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Baca Juga

"Jadi total kami akan mendaftarkan untuk Piala Dunia U-21 2021 itu 8 stadion, saat ini kita setidaknya memantau 10 stadion, salah satunya Stadion Papua Bangkit," ucap Ratu Tisha lagi.

Jika berbicara sebanyak 10 stadion, dan yang sudah siap dan dipakai saat Asian Games 2018 lalu berjumlah enam stadion, Indonesia memerlukan empat lagi. Berikut INDOSPORT rangkum di bawah ini.

Stadion Batakan

Stadion Batakan, markas klub Liga 2 2019, Persiba Balikpapan

Alternatif yang pertama adalah Stadion Batakan yang terletak di Kalimantan Timur. Stadion ini juga menjadi markas klub Liga 2 2019, Persiba Balikpapan.

Stadion ini memang memiliki daya tarik tersendiri, yakni tanpa adanya trek lari yang umum ada di stadion-stadion Indonesia. Sangat cocok dengan konsep stadion yang biasa menyelenggarakan Piala Dunia.

Baca Juga

Gelora Sriwijaya

Stadion Gelora Sriwijaya, usai dipakai di Asian Games juga dipakai oleh Sriwijaya FC di Liga 2 2019.

Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang Sumatera Selatan juga bisa menjadi alternatif untuk venue salah satu pertandingan di ajang Piala Dunia U-20 2021.

Markas dari Sriwijaya FC ini tercatat pernah menjadi tuan rumah ajang SEA Games 2011, Asian Games 2018, dan Islamic Solidarity Games 2013, sehingga kualitas rumput dan fasilitas lainnya di venue ini sudah sangat terjamin.

Bahkan menjelang Asian Games 2018, Stadion Gelora Sriwijaya juga makin modern setelah renovasi pemasangan single seat di seluruh tribun stadion.

3. Stadion Papua Bangkit

Kondisi Terkini Stadion Papua Bangkit yang siap dipakai pada PON 2020 Papua.

Stadion yang belum diresmikan ini, sudah memasuki tahap finishing dan bahkan dikonfirmasi akan langsung dipakai untuk pertama kalinya menggelar PON 2020 di Papua nanti.

Stadion dengna single seat berwarna merah ini diperkirakan dapat menampung sekitar 45 ribu penonton.

Menyelenggarakan Piala Dunia U-20 2021 mendatang mungkin akan menjadi ajang pemanasan yang tepat untuk Stadion Papua Bangkit. 

Pasalnya, stadion ini juga jadi kandidat kuat untuk didaftarkan Indonesia dalam pencalonan Piala Dunia 2034 mendatang.

Baca Juga

4. Stadion Kapten I Wayan Dipta

Stadion Kapten I Wayan Dipta, markas Bali United di Liga 1 2019 yang makin modern dan siap untuk Piala Dunia

Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali ini juga dirasa sangat cocok menjadi stadion tambahan untuk alternatif PSSI mencalonkan diri jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Sebelum kemunculan Bali United, Stadion Kapten I Wayan Dipta ini sangatlah tidak terawat. Lalu renovasi besar-besaran terjadi usai Bali United mengontrak stadion ini selama 20 tahun ke depan.

Setelah dikontrak Bali United pada tahun 2015 lalu, stadion yang baru dibangun pada tahun 2003 silam ini menjelma sebagai salah satu stadion modern di Indonesia dengan fasilitas mewah.

Baca Juga

Stadion yang kini mengalami peningkatan kapasitas hingga 22 ribu penonton, memiliki single seat di tribun VIP dan mengecat sekeliling stadion dan tribun sesuai dengan ciri khas Bali United.

Keempat stadion ini tentu sangat cocok diikutsertakan oleh PSSI dalam pencalonan mereka ke FIFA untuk menyelenggarakan Piala Dunia U-20 2021. Kita lihat saja nanti hasil finalnya jika Indonesia terpilih sebagai tuan rumah.

Piala DuniaPSSIPersipura JayapuraOlimpiadePiala Dunia U-20Sriwijaya FCPersiba BalikpapanStadionStadion Kapten I Wayan DiptaStadion Kapten I Wayan Dipta GianyarBali UnitedBola InternasionalStadion Gelora SriwijayaStadion BatakanRatu TishaPiala Dunia 2034Liga 1Liga 2Olimpiade 2032Stadion Papua BangkitSepak Bola

Berita Terkini